BRANDING DAN PEMASARAN OLINE PADA USAHA TELUR ASIN DI DESA DONOHARJO, KECAMATAN NGANGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA

Authors

  • Aulia Hapsari Juwita Universitas Sebelas Maret
  • Selfia Bintariningtyas Universitas Sebelas Maret
  • An Nurrahmawati Universitas Sebelas Maret
  • Dian Perwitasari Universitas Sebelas Maret
  • Miftachul Ma'Arif Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.846

Keywords:

Telur Asin, Yogyakarta, Produktivitas, Ekonomi, Swasembada Pangan

Abstract

Telur asin adalah olahan telur bebek yang diasinkan. Makanan telur yang memiliki kandungan nutrisi dibandingkan telur ayam. Telur asin banyak digemari oleh masyarakat sebagai salah satu penambah lauk untuk makan. Usaha telur asin dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk memperoleh pendapatan tambahan. Usaha ini berawal dari keterbatasan masyarakat dalam berkegiatan pada saat awal pandemi Covid 19. Inisiatif menjual produk telur asin tersebut di prakarsai oleh ketua RT setempat dan bersifat home industry. Selama 2 tahun ini cara penjualan mitra dengan sistem preorder atau akan disiapkan jika ada permintaan konsumen. Usaha ini terbilang kurang berkembang karena belum memiliki brand dan hanya dipasarkan dilingkungan sekitar sedangkan usaha ini memiliki potensi lebih. Selain itu, Mitra mengaku belum mengetahui bagaimana cara memasarkan produk telur asinnya ini melalui media sosial. Oleh sebab itu, pengabdian ini bertujuan memberikan sosialisasi branding dan pemasaran online usaha telur asin di Desa donoharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta sehingga dapat meningkatkan jumlah penjualan produk di kemudian hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM UNS) Edisi VII tahun 2020.

Pratika, Y., & Praharjo, A. (2021). Pendampingan Inovasi Produk Olahan Telur Asin di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(1).

Santosa, I. D. M. C., Abdi, N. L. P. N. D., Suprapto, P. A., & Sarja, N. L. A. K. Y. (2020). Pemanfaatan Media Pemasaran Online dan Diversifikasi Produk Untuk Keberlangsungan Usaha Telur Asin. Madaniya, 1(4), 156-164.

Budiman, A., Hintono, A., & Kusrahayu, K. (2012). Pengaruh lama penyangraian telur asin setelah perebusan terhadap kadar NaCl, tingkat keasinan dan tingkat kekenyalan. Animal Agriculture Journal, 1(2), 219-227.

Rahkadima, Y. T., Fitri, M. A., & Wulandari, R. S. (2019). Penggunaan Pemasaran Online Pada UMKM Telur Asin Di Desa Kebonsari Kabupaten Sidoarjo. e-Prosiding SNasTekS, 1(1), 391-396.

Rania, A. Z., Ahyani, K. S., & Utami, E. P. (2021). Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Promosi UMKM pada Kampung Setu Desa Bojonggede melalui Pembuatan Telur Asin. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(26).

Fakhriyyah, D. D., Sari, A. F. K., Damayanti, L. A., & Susilawati, M. (2021). Perluasan Pangsa Pasar Produk UMKM Selama Pandemi Covid-19 melalui Pemanfaatan Marketplace. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 2(3), 180-187.

Khoirudin, K., Murtalim, M., Sukarman, S., Anwar, R. H., Rahman, M. A., & Rahdiana, N. (2021, November). Penerapan Lemari Asap untuk Meningkatkan Hasil Produksi Telur Asin pada Kelompok Usaha Telur Bebek. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).

Mirnasari, T., Yamin, Y., & Ma’arif, S. (2021). Umkm Olahan Telur Bebek Untuk Memenuhi Kebutuhan Gizi Dan Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desawonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (pp. 23-28).

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Juwita, A. H., Bintariningtyas, S., Nurrahmawati, A., Perwitasari , D., & Ma’Arif, M. (2023). BRANDING DAN PEMASARAN OLINE PADA USAHA TELUR ASIN DI DESA DONOHARJO, KECAMATAN NGANGLIK, KABUPATEN SLEMAN, DI YOGYAKARTA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 918–924. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i9.846