EDUKASI FINTECH DAN PELATIHAN SIAPIK BAGI PEMUDA
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.81Keywords:
Fintech, UMKM, SIAPIKAbstract
RPJMN mendeskripsikan bahwa pemerintah menginginkan 1000 technopreneur dan peningkatan inklusi keuangan digital termasuk bagi kaum muda dan UMKM. Melalui industri kreatif maka perkenomian bangsa dan negara bisa berkembang. Adanya discruptive technology dan perubahan skala perusahaan menyebabkan UMKM sulit untuk berkembang, oleh karena itu pendamping mencoba mengedukasi UMKM melalui fintech dan pelatihan aplikasi SIAPIK guna mendukung perkembangan usaha dan akses permodalan yang mumpuni bagi UMKM
Downloads
References
Adhitya, I., & Chrismastianto, W. (2017). Analisis Swot Implementasi Teknolohi Finansial Terhadap Kualitas Layanan Perbankan di Indonesia. ejournal.uksw.edu, 20(1).
Bisnis.com. (2022). Retrieved from ekonomi bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20180717/12/817559/industri-kreatif-sumbang-ekspor-umkm-terbanyak
Joewono, D. (2022). Digitalisasi Tingkatkan Produktivitas Ekonomi. Retrieved from Berita Terkini (Siaran Pers) Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_243422.aspx
KEMENKOPUKM. (2022). smesta.kemenkopukm.go.id/. Retrieved from https://smesta.kemenkopukm.go.id/: https://smesta.kemenkopukm.go.id/si-apik-aplikasi-pencatatan-keuangan-ukm-lengkap-dan-gratis-dari-bank-indonesia/
Ministry Of Investment, B. (2022). Upaya Pemerintah Untuk Memajukan UMKM Indonesia. Retrieved from BKPM.go.id : https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/detail/berita/upaya-pemerintah-untuk-memajukan-umkm-indonesia
Nasution, D. (2022). Paket Kebijakan Ekonomi XIV: Peta Jalan E-Commerce. Retrieved from kominfo.go.id: https://www.kominfo.go.id/content/detail/8353/paket-kebijakan-ekonomi-xiv-peta-jalan-e-commerce/0/berita
Yulianto, E., & Setiawan, A. (2021). Financial Literacy Digitalization Training at The Indonesian Association Of Book Traders, Typing and Grafing Services (Papebutindo). Journal Of Empowerment, 2(1), 1-15. Retrieved 2022, from https://jurnal.unsur.ac.id/index.php/JE