MODEL TRANSFER PESAN CSR (CORPARATE SOCIAL RESPONSIBILITY) PERTAMINA KEPADA MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v1i1.8Keywords:
Model Transfer Pesan, CSR, Masyarakat MuslimAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan model transfer pesan CSR (Corparate Social Responsibility) Pertamina pada masyarakat. Tujuan penelitian ini sebagai edukasi kepada pembaca bahwa CSR memiliki hubungan harmonis dengan masyarakat sekitar. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi dan wawancara lalu kemudian data yang telah diperoleh dilakukan analisis mendalam secara ilmiah Hasil penelitian ini adalah: Pertama, komunikasi CSR Pertamina kepada tokoh agama guna mengidentifikasi ritual kegiatan keagamaan masyarakat. Kedua, Komunikasi CSR Pertamina kepada Lembaga Pendidikan formal guna turut aktif dalam pengembangan sumber daya manusia yang mumpuni. Ketiga, komunikasi kemitraan CSR Pertamina kepada pengusaha kecil menengah guna memperkuat kualitas ekonomi masyarakat. Keempat, komunikasi kemitraan CSR Pertamina kepada peternak budidaya ikan lele terkait distribusi hasil panen perairan, semua rangkaian kegiatan dilakukan secara persuasif dan humanis
Downloads
References
A.D.A, M. S. (2016). CSR PT Pertamina (Persero) MOR V Surabaya (Proses Public Relation Pertamina MOR V Surabaya dengan Stakeholders dalam Pengelolaan CSR Pertamina Hijau di Kawasan Ekowisata Hutan Mangrove Wonorejo Surabaya 2016) Oleh. Perpustakaan UNS, 1–18.
Fitrah, M. (2015). PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DI PT. PERTAMINA (PERSRO) CABANG BIMA IMPLEMENTATION OF CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BY PT PERTAMINA (PERSERO) BRANCH OF BIMA Muhammad. 264–281.
Kurnianto, E. A., & Fakultas. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kinerja. 02(02), 87–108.
Linda. (2020). Penerapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Bank Danamon Indonesia,Tbk). Invoice : Jurnal Ilmu Akuntansi, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.26618/inv.v2i1.3184
Luthfi, M. (2017). Peran Komunikasi dalam Organisasi Perusahaan. Jurnal Warta, 54(9), 1689–1699.
Oktina, D. A., Sari, E. S., Sunardi, I. A., Hanifah, L. N., & Sanjaya, V. F. (2020). Pengaruh Penerapan Strategi Csr (Corporate Social Responsibility) Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Pada Pt. Pertamina (Persero) Tahun 2018. Competence : Journal of Management Studies, 14(2), 184–202. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8962