PEMBERDAYAAN REMAJA DESA DALAM PEMANFAATAN DAUN KOPI MENJADI OLAHAN TEH

Authors

  • Okta Ayu Lestari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Rini Puji Astuti UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nur Eka Surani UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ainun Rahmah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Ach Alfin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Nonik Rifkiyah Damayanti UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Safitri UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Moch Royhanul Jinani UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.794

Keywords:

Manfaat, Daun Kopi, Teh

Abstract

Salah satu tanah subur di Indonesia yang menjadi tempat tumbuhnya beberapa tanaman yaitu dataran tinggi. Salah satu tanaman yang dapat tumbuh yaitu kopi. Ada beberapa jenis kopi yang ditanam di dataran tinggi yaitu kopi robusta dan arabika, terlebih wilayah desa Sukogidri kecamatan Ledokombo kabupaten Jember yang kawasannya terletak di dataran tinggi. Namun masyarakat hanya mengolah biji kopinya saja. Padahal daun dari tanaman kopi juga dapat dimanfaatkan menjadi teh yang dikenal sebagai kawa daun. Dari hal tersebut peneliti mengadakan kegiatan sosialisasi dan penyuluhan terkait dengan pembuatan teh daun kopi. Adapun beberapa prosedurnya antara lain: Pertama, mensosialisasikan kandungan dan kegunaan daun kopi sebagai teh olahan. Kedua, pelatihan-pelatihan pembuatan teh daun kopi. Harapannya masyarakat di sana memiliki wawasan lebih terkait dengan nilai guna dari daun kopi dan juga untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat di sana serta untuk membuka peluang usaha. Daun kopi mengandung banyak senyawa yang tidak kalah dengan senyawa lainnya dalam biji kopi, seperti flavonoid, alkaloid, saponin dan polifenol. Namun minum teh daun kopi tidak menyebabkan stress, karena kandungan kafein yang rendah pada daun kopi hasil dari penyuluhan ini dapat dikatakan berhasil dan memiliki dampak yang positif. Sikap masyarakat yang menghargai hasil karya orang lain dan keinginan-keinginan untuk maju menjadi salah satu indikator keberhasilan program penelitian pengabdian masyarakat yang peneliti lakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alamsyah, Ahmad, Lalu M. H. Algifari, Asha A. Zahara, Dini Auliya Auliya, Frederick B. Situmorang, Kezia N. Todingan, Lola J. Rahmah Rahmah, et al. 2021. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGOLAHAN DAUN KOPI MENJADI ”TEH GEDENG KUPI” DESA PUSUK LESTARI, KECAMATAN BATU LAYAR, KABUPATEN LOMBOK BARAT.” Jurnal Bakti Nusa 2 (1): 32–38.

Fibrianto, Kiki, and Nur Afifah. 2020. “Manfaat Teh Daun Kopi : Nur Afifah Septiana Jayanti,” 1–23.

Pristiani, Ristiana Devi, Siti Susanti, and Nurwanto. 2017. “Aktivitas Antioksidan Dan Kadar Fenol Berbagai Ekstrak Daun Kopi (Coffea Sp.): Potensi Aplikasi Bahan Alami Untuk Fortifikasi Pangan.” Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan 6 (2): 89–92. https://doi.org/10.17728/jatp.205.

Setiawan, Edy Agus, Dimas Rahardian, and Siswanti. 2015. “Pengaruh Penyaringan Daun Kopi Robusta (Coffea Robusta) Terdahap Karakteristik Kimia Dan Sensory Minuman Penyegar.” Jurnal Teknosains Pangan 4 (2): 1–9. https://jurnal.uns.ac.id/teknosains-pangan/article/view/4678/4062.

Suluh, S. 2019. “Studi Eksperimen Pemanfaatan Limbah Daun Bambu, Daun Kopi Dan Daun Pinus Sebagai Bahan Bakar Alternatif.” Mechanical Engineering Science (MES) 2 (1): 18–23. http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/mes/article/view/577%0Ahttps://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/mes/article/download/577/460.

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Lestari, O. A., Astuti, R. P., Surani, N. E., Rahmah, A., Alfin, A., Damayanti, N. R., Safitri, S., & Jinani, M. R. (2023). PEMBERDAYAAN REMAJA DESA DALAM PEMANFAATAN DAUN KOPI MENJADI OLAHAN TEH. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 867–872. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.794