BIMBINGAN TEKNIS PEMBENTUKAN BADAN ADHOC MELALUI APLIKASI SIAKBA OLEH KPU DALAM MENYELENGGARAKAN PEMILU

Authors

  • Muhammad Amin Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Reza Noor Ihsan Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Mahmudah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Leilannuur Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Fachrul Ramadhan Alamsyah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Raudhatul Utrajjah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.784

Keywords:

SIAKBA, Badan Adhoc, Bimtek KPU

Abstract

Penggunaan SIAKBA merupakan pengalaman pertama bagi KPU dalam seleksi pembentukan badan adhoc. Bimbingan teknis yang dilaksanakan ini akan mempermudah proses administrasi dan verifikasi administrasi perekrutan anggota KPU dan badan adhoc. Mengingat banyaknya masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam gelaran pemilihan umum yang akan dilaksanakan tahun 2024, ditambah lagi guna mendukung inovasi KPU dalam meningkatkan sistem digitalisasi. Metode dalam pengabdian kepada masyarakat ini berupa bimbingan terkait teknis dalam penggunaan aplikasi SIAKBA kepada para peserta bimtek. Hasil penelitian mengarah kepada pemahaman dari pembentukan dan tata cara kerja SIAKBA dalam memfasilitasi pendaftaran badan Adhoc. Kemudahan yang tersaji mulai dari pendaftaran yang dapat dilakukan dengan metode online yang dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja sehingga menghadirkan efektifitas dan efisiensi. Adapun kendala yang terjadi dimulai dari rendahnya animo masyarakat, dan terbatasnya SDM, sehingga perlu adanya pemahaman teknologi dalam memahami tata cara kerja SIAKBA. Ditambah lagi dari sistem administrasi dan pengelolaan data KPU dianggap masih belum memfasilitasi secara komprehensif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Admin Pemkab Sukabumi “KPU Kab. Sukabumi Rakor Pembentukan Badan Adhoc Dan Sosialisasikan SIAKBA” https://sukabumikab.go.id/web/b/4937.asp.

JDIH KPU, “Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2022 tentang Pembentukan dan Tata Kerja Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota”, https://jdih.kpu.go.id/detailpkpu-424d546b5241253344253344.

Redaksi NN “Mengenal SIAKBA, Aplikasi Baru KPU Optimalisasi Rekrutmen Penyelenggaraan Pemilu” https://newsnesia.id/mengenal-siakba-aplikasi-baru-kpu-optimalisasi-rekruitmen-penyelenggara-pemilu/.

Satria, Haris. Dwi Mutia Sari, Budiwirman, Workshop branding & Marketing Strategy dalam Rangka Peningkatan Kapasitas Pemudadi Sumatera Barat, SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 2 No. 5 Mei 2023.

Suliswan “Saat pendaftaran Dimulai, Adakah kemungkinan server SIAKBA Down? ulasannya..“, https://www.inibengkulu.com/lapsus/pr-5165527336/saat-pendaftaran-dimulai-adakah-kemungkinan-server-siakba-down-ini-ulasannya

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Amin, M., Ihsan, R. N., Mahmudah, M., Leilannuur, L., Alamsyah, F. R., & Utrajjah, R. (2023). BIMBINGAN TEKNIS PEMBENTUKAN BADAN ADHOC MELALUI APLIKASI SIAKBA OLEH KPU DALAM MENYELENGGARAKAN PEMILU. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(8), 832–839. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i8.784