EVALUASI PASCA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI PAPUA

Authors

  • Stevanus Thane Sekolah Tnggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • Melmambessy Moses Sekolah Tnggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • John Agustinus Sekolah Tnggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura
  • Wa Ariadi Sekolah Tnggi Ilmu Ekonomi Port Numbay Jayapura

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.740

Keywords:

Pelatihan Kepemimpinan Administrasi

Abstract

Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator bertujuan untuk mengembangkan Kompetensi Peserta dalam rangka memenuhi standar Kompetensi manajerial Jabatan Administrator. Dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan kompetensi kepemimpinan dalam manajemen kinerja di pemerintahan maka kompetensi pegawai Negeri Sipil tersebut sangat perlu dikembangkan salah satunya adalah melalui Pelatihan Kepemimpinan Administrator dimana pengembangan kompetensi ini wajib dilakukan untuk peningkatan pengetahuan, skill dan Kompetensi khusus yang diharapkan dari setiap indivudu untuk melaksanakan fungsi, posisi dan peranannya di dunia kerja. Evaluasi pasca Pelatihan Kepemimpinan Administrasi ini diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Papua yang bekerjasama dengan Program Studi Magister Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Port Numbay, dimana sebagian tenaga pengajarnya (sebanyak 5 orang) adalah dosen tetap Program Pascasarjana Magister Manajemen dan sisanya adalah tenaga pengajar dari BPSD Papua sebanyak 3 orang dan dari LAN sebanyak 2 Orang. Hasil pelaksanaan kegiatan evaluasi pasca pelatihan kepemimpinan administrator ini menunjukkan bahwa 90,2% peserta dapat melaksanakan implementasi proyek perubahan dengan baik yang bermanfaat bagi peserta dan unit kerja, sedangkan 9,8% tidak dapat melaksanakan aksi perubahan karena tugas rutin mutasi ke OPD lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arisman. (2019). Manajemen Perubahan. Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum Dan HAM

Lembagan Administrasi Negara,(2021), Peraturan LAN No.10 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil

Grimshaw, J. and Baron, G. (2010) Leadership without Excuses: How to Create Accountability and High Performance (Instead of Just Talking about It). McGraw-Hill, New York.

Kusworo, Kusworo. (2019) Manajemen Konflik dan Perubahan dalam Organisasi. In: Manajemen konflik dan perubahan dalam organisasi. Alqaprint Jatinangor.

Kirkpatrick, James D. and Kirkpatrick, Wendy K. 2016. Kirkpatrick’s Four Levels of Training Evaluation. Association of Talent Development.

Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Pelatihan Kepemimpinan Administrator.

Sa’ud, Udin Syaefudin dan Makmun, Abin Syamsudin.(2005), Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Koprehensif

Sudjana, Anas(2008), Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Raja Gravindo Persada, 2008

Wa Ariadi, Mugiati dan Jatmika,Windy (2023). Peningkatan Kompetensi Bagi Tenaga Pendidik Institut Pemerintahan Dalam Negeri Kampus Papua.

Downloads

Published

2023-07-27

How to Cite

Thane, S., Moses, M., Agustinus, J., & Ariadi, W. (2023). EVALUASI PASCA PELATIHAN KEPEMIMPINAN ADMINISTRATOR BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL DI LINGKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI PAPUA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 748–753. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.740