PELATIHAN MENJADI PEMANDU WISATA DI DESA WRINGINSONGO, KECAMATAN TUMPANG, KABUPATEN MALANG

Authors

  • Ririn Pratiwi Suharto Politeknik Negeri Malang
  • Zubaidi Politeknik Negeri Malang
  • Ane Fany Novitasari Politeknik Negeri Malang
  • Bambang Suryanto Politeknik Negeri Malang
  • Ardian Wahyu Setiawan Politeknik Negeri Malang
  • Aulia Nourma Putri Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.732

Keywords:

BUMDES, Desa Wisata, IPTEK, Kegiatan Pelatihan, Pengelolaan Tempat Wisata, Pemandu Wisata

Abstract

Kegiatan pengabdian yang diusulkan ini akan dilaksanakan di Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Bumdes Tirta Jaya Kreasi yang berperan sebagai mitra kegiatan pengabdian ini menghadapi permasalahan yaitu belum memiliki pemandu wisata di Desa Wringinsongo. Hal tersebut menjadi hambatan bagi mitra untuk mengembangkan Desa Wisata Wringinsongo. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk mempersiapkan mitra menjadi pemandu wisata di Desa Wringinsongo, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Dengan adanya pemandu wisata akan membantu masyarakat luar yang berkunjung ke Desa Wringinsongo untuk lebih mamahami obyek-obyek wisata yang ada di daerah tersebut. Rencana kegiatan yang akan diusulkan melalui kegiatan pengabdian ini yaitu Pelatihan menjadi Pemandu Wisata. Metode yang akan dipakai untuk mewujudkan tujuan khusus tersebut adalah memberikan pelatihan menjadi pemandu wisata di Desa Wisata Wringinsongo. Langkah-langkah kegiatan yang akan dilakukan terdiri dari 5 tahapan, meliputi: (1) analisis kebutuhan tentang pemandu wisata di Desa Wringinsongo, (2) pelatihan menjadi pemandu wisata, (3) pemanfaatan teknologi sebagai sarana pendukung menjadi pemandu wisata, (4) bimbingan teknis menjadi pemandu wisata, dan (5) evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mitra menjadi pemandu wisata Desa Wringinsongo yang profesional dengan memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi (IPTEK).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Damanik, Januantin dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata dari Teori ke Aplikasi. Yogykarta: PUSPAR UGM dan Andi.

Egar, et al. (2017). “Pemberdayaan Remaja Desa Wisata Bendosari Kecamatan Plantungan Kabupaten Kendal Melalui Pelatihan Kepemanduwisataan.” Journal of Dedicators Community, Vol. 1, No.2, Juli 2017, hlm. 150- 157.

Fitriana, R., Tarunajaya, W. B., & Akbar, K. (2021). “Pelatihan Protokol Kesehatan Bagi Pemandu Wisata Pedesaan di Kabupaten Belitung.” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 5, No. 3, hlm 608-616.

Marpaung, Happy. (2000). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta

Naatonis, Remerta N. & Bisilisin, Franki Y. (2020). “Aplikasi Pemandu Pariwisata Di Kota Kupang Berbasis Mobile Website.” Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1, No.7, Desember 2020, hlm. 1319-1324.

Pemayun, C.I.A. (2010). “Format Kerjasama Pengelolaan Daya Tarik Wisata antara Pemerintah Kabupaten Gianyar dengan Desa Pakraman”. Jurnal Analisis Pariwisata, Vol.10, No.1, 2010, hlm 9-13.

Pendit Nyoman S. (2002). Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar. Jakarta: Pradnya Paramita.

Pitana, I Gededan Putu G. Gayatri. (2005). Sosiologi Pariwisata. Jakarta: Paramita Pradnya

Purwaningsih, Ratih Melatisiwi. (2013). “Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemandu Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Candi Prambanan: Tinjauan Khusus pada Kemampuan Berbahasa Verbal.” Jurnal Nasional Pariwisata, Vol. 5, No. 3, Desember 2013, hlm. 146-153.

Soraya, M., Soetarto, H., & Alfiyah, N. I. (2021). “Optimalisasi Pramuwisata Dalam Pelayanan Kepariwisataan Di Kabupaten Sumenep.” Jurnal Public Corner Fisip Universitas Wiraraja, Vol. 16, No. 2, Desember 2021, hlm 42-63.

Spillane, J James. (1991). Ekonomi Pariwisata Sejarah dan Prospeknya. Yogyakarta: Kanisius

Suranny, Lilyk Eka. (2021). “Pengembangan Potensi Desa Wisata Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Perdesaan Di Kabupaten Wonogiri.” Jurnal Litbang Sukowati, Vol. 5, No. 1, November 2021, hlm. 49-62.

Downloads

Published

2023-07-19

How to Cite

Suharto, R. P., Zubaidi, Z., Novitasari, A. F., Suryanto, B., Setiawan, A. W., & Putri, A. N. (2023). PELATIHAN MENJADI PEMANDU WISATA DI DESA WRINGINSONGO, KECAMATAN TUMPANG, KABUPATEN MALANG. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(7), 723–729. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i7.732