PENGENALAN TANAMAN OBAT MELALUI METODE “CINTOLUNI” (CINTA TANAMAN OBAT KELUAGRA SEJAK DINI ) DI SDN 4 JEPANG

Authors

  • Dwi Susiloningrum ITEKES Cendekia Utama Kudus
  • Dessy Erliani Mugita Sari ITEKES Cendekia Utama Kudus
  • Ricka Islamiyati ITEKES Cendekia Utama Kudus
  • Wildayanti ITEKES Cendekia Utama Kudus
  • Mera Putri Partitis ITEKES Cendekia Utama Kudus

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.656

Keywords:

Tanaman Obat, CINTOLUNI, Anak

Abstract

Tanaman obat keluarga (disingkat TOGA) adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Taman obat keluarga pada hakekatnya adalah sebidang tanah, baik di halaman rumah, kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Program tanaman obat ini perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini terutama diusia emas atau golden age. Pada masa tersebut merupakan periode awal anak, dimana pendidikan karakter bisa terbentuk sejak dini. Target sasaran dari program CINTOLUNI (Cinta Tanaman Obat Keluarga Sejak Dini) adalah siswa sekolah dasar di SDN 4 Jepang. Sekolah tersebut terletak di Desa Jepang Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Target sasaran dari program CINTOLUNI (Cinta Tanaman Obat Keluarga Sejak Dini) adalah siswa sekolah dasar di SDN 4 Jepang. Sekolah tersebut terletak di Desa Jepang Kecamatan Mejobo, Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dilakukan beberapa tahap mulai dari persiapan sampai pelaksanaan kegiatan pelaksanaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah CINTOLUNI meliputi pemberian materi, Penanam dan menghias wadah tanaman. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat kepada siswa kelas V SD N 4 Jepang dalam hal tanaman obat keluarga melalui program CINTOLUNI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariani,L., dan Miftahurohmah N. 2020. Peningkatan Pengetahuan Tentang Tanaman Obat Keluarga Kepada Siswa Sekolah Dasar Melalui Konseling, Flash Card dan Berkebun. Indonesia Journal of Community Engagement. Vol.6. No.1. Hal 63-67.

Agoes.A., (2010). Tanaman Obat Indonesia. Jakarta : Salemba Medika

Bangun, A. (20212). Ensiklopedia Tanaman Obat Indonesia. Bandung : Indonesia Publishing House.

Julianti.T.B, dan Ressandy,S.S. 2020. Program Edukasi”TOLUNI” (Tanaman Obat Keluarga Sejak Dini) di SD N 015 Kota Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. Vol.2. hal 37-42.

Ulina. (2010). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga di Kelurahan Tanah 600. Medan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional. 14(5).

Yamin.M., Gou, A.D.T.Yunus.Y.E. 2022. Pengenalan Manfaat TOGA di TK Aisyah Bustanul Athfal cabang Jampue Kab. Pinrang. Journal of Community Service. Vol.3 hal 19-27.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Susiloningrum, D., Sari, D. E. M., Islamiyati, R., Wildayanti, W., & Partitis, M. P. (2023). PENGENALAN TANAMAN OBAT MELALUI METODE “CINTOLUNI” (CINTA TANAMAN OBAT KELUAGRA SEJAK DINI ) DI SDN 4 JEPANG. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 701–703. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.656