PENINGKATAN DAYA SAING UMKM DI KOTA DENPASAR DENGAN KEGIATAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING

Authors

  • A.A. Sagung Istri Pramanaswari Universitas Mahasaraswati
  • Nyoman Yudha Astriayu Widyari Universitas Mahasaraswati

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.634

Keywords:

Kewirausahaan, Digital Marketing, Strategi Pemasaran

Abstract

Setiap UMKM dalam pengelolaannya untuk mencapai keberhasilan usaha memerlukan penerapan prinsip-prinsip manajemen dan peranan pelaku usaha untuk menjalankan fungsi-fungsi utama manajemen. Dengan memiliki orientasi kewirausahaan dan kemampuan manajemen yang baik diharapkan dapat membuat dan menjalankan strategi yang tepat bagi usahanya. Salah satu fungsi manajemen yang sangat penting adalah fungsi pemasaran. Strategi pemasaran perlu dilakukan untuk menghadapi persaingan dan memenuhi keinginan konsumen Para pelaku UMKM dituntut dapat menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat. Strategi digital marketing dapat membantu menciptakan koneksi dan membangun hubungan dengan konsumen, serta meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas konsumen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa para UMKM di Kota Denpasar memiliki potensi yang besar dalam pengembangan usaha dengan strategi digital marketing dan meningkatkan perekonomian di Kota Denpasar. Faktor pendukung dalam pengembangan masyarakat ini meliputi sumber daya alam, nilai kearifan lokal dan sumber daya manusia serta partisipasi para pelaku usaha yang cukup tinggi. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan modal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Setyawan, Anton Agus et al. 2015. “An Assessment of SME Competitiveness in Indonesia.” Journal of Competitiveness 7(2): 60–74.

Slamet, Franky, Hetty Karunia T., and Mei Ie. 2014. Dasar-Dasar Kewirausahaan: Teori Dan Praktik. Jakarta: Indeks

Sutrischastini, A., Gusti, Y. K., Sofiati, S., Linawati, L., & Priyastiwi, P. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TENTANG PEMBELANJAAN ONLINE. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 662–670. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.588

Downloads

Published

2023-06-25

How to Cite

Pramanaswari, A. S. I., & Widyari, N. Y. A. (2023). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM DI KOTA DENPASAR DENGAN KEGIATAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 677–680. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.634