PELATIHAN DASAR JURNALISTIK DI LPM PANDAWA (INTERTIF: INFORMASI TERPERCAYA TINGKAT FAKULTAS)

Authors

  • Nasirudin Al Mustofa Nasir Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Amaylia Galuh Metaviana Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Ardha Maulana Akbar Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Muhammad Rais Almajid Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Pipit Ernawati Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Yuliana Muktiyasning Bekti Saputri Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.565

Keywords:

Pelatihan, Jurnalistik, Organisasi, Layouting

Abstract

Keberadaan lembaga pers mahasiswa di universitas merupakan hal yang penting, sebab di situlah mahasiswa dapat berkreasi dan menjadikannya sebagai laboratorium atau tempat belajar mereka terutama yang berkaitan dengan jurnalistik. UIN Raden Mas Said Surakarta memiliki lembaga pers mahasiswa tingkat fakultas yang bernama LPM Pandawa yang membawahi berbagai bidang jurnalistik, diantaranya adalah majalah, tabloid, koran, dan website online. Akan tetapi, hingga sekarang peran LPM tersebut masih kurang maksimal karena berbagai permasalahan yang ada. Oleh karena itu, kami berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan mengadakan beberapa pelatihan, seperti pelatihan dasar jurnalistik, pelatihan berorganisasi, dan pelatihan layouting (pengembangan website). Kegiatan ini terdiri atas beberapa tahapan atau siklus, dimulai dari tahap observasi, wawancara terkait kendala LPM Pandawa, perencanaan kegiatan, pelaksanaan, dan rencana tindak lanjut. Sasaran kegiatan ini adalah mahasiswa LPM Pandawa UIN Raden Mas Said Surakarta. Setelah dilaksanakan pelatihan ini maka diperoleh beragam manfaat yang dirasakan oleh LPM Pandawa. Diantaranya 1) peningkatan pemahaman terkait peran jurnalistik dan kode etik jurnalistik, 2) peningkatan solidaritas antara anggota LPM Pandawa, 3) peningkatan kualitas berita online yang diterbitkan oleh LPM Pandawa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arwen, D., & Zalzulifa. (2020). Studi Kelayakan Pembentukan Lembaga Penerbit (UMT PRESS) Universitas Muhammadiyah Tangerang. Jurnal Manajemen, 6(1), 25–32.

Emeraldien, F. Z., Nurhayati, A., Rotuzzakia, C., & Rofi, M. I. (2022). Jurnalisme Kampus: Sisstem Penugasan dan Pola Komunikasi Pers Mahasiswa UINSA Surabaya. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(2).

Gama, B., & Kusumawati, H. S. (2020). Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri Gondangrejo Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Warta LPM, 24(1), 28–37.

Lumentut, G. F., Pantow, J. T., & Waleleng, G. J. (2017). Pola Komunikasi Pemimpin Organisasi dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Anggota di LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Inovasi UNSRAT. E-Journal “Acta Diurna,” 6(1), 1–15.

Rosita, F. Y. (2021). Pelatihan Jurnalistik pada Redaktur Majalah Sekolah Serambi Al-Muayyad. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–40.

Salniwati, S., Rustiani, K. W., Burhan, F., Nurtikawati, N., Heli, W. O., & Alimin, L. (2022). Pelatihan Jurnalistik dalam Menulis Buletin dengan Konten Budaya. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 1258–1264.

Susantiningrum, Triharyanto, E., & Hantari, D. (2020). Analisis Swot Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pusat Pengembangan Kewirausahaan. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 25(2), 96.

Downloads

Published

2023-06-12

How to Cite

Nasir, N. A. M., Metaviana, A. G., Akbar, A. M., Almajid, M. R., Ernawati, P., & Saputri, Y. M. B. (2023). PELATIHAN DASAR JURNALISTIK DI LPM PANDAWA (INTERTIF: INFORMASI TERPERCAYA TINGKAT FAKULTAS). SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 634–639. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.565