PELATIHAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI BERBASIS ELEKTRONIK (SISPENA) DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2022

Authors

  • Fatkhuri Prodi Ilmu Politik FISIP UPN Veteran Jakarta
  • Nurdin Prodi Ilmu Politik FISIP UPN Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i5.518

Keywords:

Elektronik, Pelatihan, Penilaian, Sekolah, Sispena

Abstract

Akreditasi sebagai bagian dari penjaminan mutu satuan pendidikan merupakan bentuk pelayanan publik pemerintah untuk masyarakat yang sangat penting. Selama ini, hasil akreditasi sekolah/madrasah belum memperlihatkan kualitas yang sesungguhnya diakibatkan oleh salah satunya faktor kompetensi dan kredibilitas asesor yang tidak memadai. Untuk meningkatkan pelayanan akreditasi yang lebih efektif dan efisien, dan menjamin hasil akreditasi dapat dipertanggungjawabkan, Tim Pengabdi melaksanakan kegiatan pelatihan penilaian akreditasi sekolah/madrasah berbasis elektronik atau yang dikenal dengan istilah Sispena, yang difasilitasi oleh BAN-S/M Provinsi Kepulauan Riau. Pelatihan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi asesor sehingga memenuhi standar kelayakan untuk ditugaskan melaksanakan visitasi ke sekolah/madrasah melalui penggunaan aplikasi Sispena. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa tingkat pemahaman dan keterampilan asesor mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi pelatihan yang dilakukan di mana sebagian besar asesor merasakan lebih memahami dan terampil dalam menggunakan aplikasi Sispena.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BAN-S/M. (2022a). Pedoman Akreditasi Tahun 2022.

BAN-S/M. (2022b). Sistem Penilaian Akreditasi (Sispena). Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Fatkhuri. (2022, November 14). Jalan Terjal Mewujudkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Media Indonesia.

Hendarman. (2013). Pemanfaatan Hasil Akreditasi dan Kredibilitas Asesor Sekolah/Madrasah (The Use of Accreditation Results and The Credibility of Assesors of School/ Madrasah). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(4), 532–542.

Suryana, A. (2005). Akreditasi, Sertifikasi Dan Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 3(2), 1–14.

Suryawati, D. (2010). Pentingnya Akreditasi dalam Proses Pembinaan Manajemen Sekolah Madrasah di Sumatra Utara. Widyariset, 13(1), 113–122.

Toharudin, T. & Fatkhuri. (2022). Reformasi Pendidikan: Akreditasi, Pendataan, dan Alternatif Kebijakan Pendidikan Nasional (Fatkhuri (ed.); 1st ed.). KBM Indonesia.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2023). PELATIHAN SISTEM PENILAIAN AKREDITASI BERBASIS ELEKTRONIK (SISPENA) DI PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2022. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(5), 504–509. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i5.518