SOSIALISASI DAN PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOPI LIBERIKA DESA KEDABURAPAT KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

Authors

  • Detri Karya Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Sri Indrastuti Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Raja Ria Yunita Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Abidzar Al Ghifari Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Dian Putri Kriswayuni Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru
  • Asdelina Ritonga Program Studi Magister Manajemen Universitas Islam Riau Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.475

Keywords:

Kopi, Pemasaran, Inovasi, Media Sosial

Abstract

Potensi Produk Kopi Liberika Meranti yang sangat bagus prospek ke depan menimbul tim pengabdian pada masyarakat Magister Manajemen Universitas Islam Riau melakukan kegiatan pengabdian dengan topik Sosialisasi dan Pelatihan Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Kopi Liberika Desa Kedaburapat Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam penyampaian materi penyuluhan dan pelatihan ini, digunakan beberapa metode antara lain: a. Metode Ceramah, yaitu metode yang digunakan untuk memaparkan materi yang telah disusun oleh penulis b. Metode Tanya Jawab, yaitu metode yang digunakan untuk merespons sejauh mana tingkat pemahaman peserta penyuluhan tentang bahan/materi yang telah disampaikan oleh penulis c. Metode Diskusi, yaitu metode yang digunakan untuk memecahkan setiap permasalahan yang dikemukakan peserta. Hasil dari pengabdian masyarakat adalah membuat inovasi kemasan berupa cara pengemasan (Packing) yang sesuai dengan standar SNI dan penerapan pemasaran. Para peserta mampu mengikuti kegiatan secara baik, hal ini dapat dilihat dari keseriusan peserta dalam memahami materi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dharmmesta, B., S. (2014). Manajemen pemasaran.Jakarta: Grafindo

Julita, J., & Sari, E., N. (2015). Strategi Generik Porter Bagi UMKM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)(Studi Kasus: Pada UMKM di Kabupaten Deli Serdang). Jurnal Akuntansi dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(2).10-20

Khulud, H., & Arifin, Z. (2016). Analisa Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Ekspor (Studi Dengan Pendekatan Biaya Pada Komoditi Kopi Di PT. Asal Jaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 32(2), 53-58.

Nurcahyo, F., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh bauran pemasaran terhadap volume penjualan pada restoran McDonald’s Delta Plaza Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(4), 20-30

Nasution, M. I., Prayogi, M. A., & Nasution, S. M., A. (2017). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 1(1), 1-12.

Pash, W., R. (2015). Analisis Strategi Bersaing pada Industri Fotografi Studi pada Seepic Photoworks (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Sari, K,. M., P., & Kusumadewi, N. M. W. (2016). Analisis Pengaruh Bauran pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Hatten Bali di Kota Denpasar. EJurnal Manajemen, 5(5), 5-15

Winantara, I., M., Y., Bakar, A. B. U., & Puspitaningsih, R. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Kopi Luwak di Bali. Reka Integra, 2(3), 40-50

Downloads

Published

2023-04-23

How to Cite

Karya, D., Indrastuti, S., Yunita, R. R., Ghifari, A. A., Kriswayuni, D. P., & Ritonga, A. (2023). SOSIALISASI DAN PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK KOPI LIBERIKA DESA KEDABURAPAT KECAMATAN RANGSANG PESISIR KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 421–425. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.475