MENINGKATKAN KUALITAS PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK DI MIM DIGDAYA BOLON MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER BAHASA INDONESIA

Authors

  • Aisyah Jayanti Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Kurnia Kusumaningrum Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Arum Diyah Ayu Istiqomah Univeristas Sebelas Maret Surakarta
  • Chusna Lutfia Khorida Univeristas Sebelas Maret Surakarta
  • Pipin Indriana Univeristas Sebelas Maret Surakarta
  • Chafit Ulya Univeristas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.452

Keywords:

Bahasa, Peserta Didik, Public Speaking

Abstract

Kegiatan berupa proyek pengabdian pada sekolah mitra sebagai upaya dari mahasiswa dalam menstranfer ilmu dalam keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking. Tujuan dari kegiatan ini agar peserta didik termotivasi dalam terampil berbicara di depan kelas maupun saat mengikuti perlombaan. Kegiatan ini dimulai dari perencanaan proyek, pelaksanaan kegiatan-kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan ini bekerja sama dengan sekolah mitra, yakni MIM Digdaya Bolon. Hasil dari kegiatan ini adalah bahwa peserta didik semakin berkembang dan terampil dalam berbicara serta adanya kerja sama dengan sekolah mitra dalam pembuatan kanal youtube khusus untuk ekstrakurikuler bahasa Indonesia sebagai bagian dari promosi ke khalayak umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pateda, M. (2007). Aspek-aspek Psikolinguistik. Ende Flores: Nusa Indah.

Dewi, M.P; Neviyarni; & Irdamurni. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” 7 (1), 1-11.

Nurcandrani, P.S; Asriandhini, B; & Turistiati, A.D. (2020). Pelatihan Public Speaking untuk Membangun Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berbicara pada Anak-anak di Sanggar Ar-Rosyid Purwokerto. Jurnal Abdi MOESTOPO, 3 (1), 27-31.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Jayanti, A., Kusumaningrum, K., Istiqomah, A. D. A., Khorida, C. L., Indriana, P., & Ulya, C. (2023). MENINGKATKAN KUALITAS PUBLIC SPEAKING PESERTA DIDIK DI MIM DIGDAYA BOLON MELALUI PROGRAM EKSTRAKURIKULER BAHASA INDONESIA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 389–394. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.452