PROGRAM DHAMAR POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT DI DUKUH SEPOKOH, DESA PERENG, KECAMATAN MOJOGEDANG, KABUPATEN KARANGANYAR

Authors

  • Antoni Agus Nugroho Universitas Sebelas Maret
  • Annisa Maftukatul Faizah Universitas Sebelas Maret
  • Dewi Puspita Sari Universitas Sebelas Maret
  • Amalia Farhani Universitas Sebelas Maret
  • Amandasari Mardiana Universitas Sebelas Maret
  • Natanael Feby Raenaldi Universitas Sebelas Maret
  • Chafit Ulya Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Rohmadi Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.450

Keywords:

Pojok Baca, Literasi, Karanganyar

Abstract

Komunitas Dhamar adalah kelompok mahasiswa PPG Prajabatan angkatan 2022 gelombang 1 yang menginisiasi tempat literasi berupa pojok baca di Dukuh Sepokoh, Desa Pereng, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Fokus dari Komunitas Dhamar ialah memberikan wadah untuk berliterasi dengan akses yang terjangkau bagi anak-anak serta masyarakat umum desa tersebut. Lokasi Dukuh Sepokoh yang jauh dari pusat kota membuat pelajar kesulitan menemukan buku bacaan baik fiksi maupun nonfiksi. Komunitas Dhamar menghimpun buku dari berbagai sumber baik lembaga maupun membuka donasi untuk didistribusikan di pojok baca tersebut. Lokasi pojok baca berada di salah satu rumah warga yang mengizinkan komunitas ini untuk menggelar kegiatan. Dhamar juga akan bekerja sama dengan karang taruna untuk mengelola pojok baca dan mengembangkan Pojok Baca Komunitas Dhamar di Dukuh Sepokoh agar lebih layak dan bermanfaat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anugrah, W. D., Saufa, A. F., & Irnadianis, H. (2022). Peran Pojok Baca Dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat Dusun Ngrancah. Jurnal Pustaka Budaya, 9(2), 93-98.

Astuti, E. (2022). Gerakan Literasi Sekolah untuk Menumbuhkan Nilai Budi Pekerti Anak. Jurnal Ilmia Pendidikan, Sejarah, dan Humaniora, 6(2), 17-24.

Darmadi, D., Primiani, C. N., Sudarmiani, S., Pujiati, P., & Sanusi, S. (2022). Program Pojok Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar di Desa. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 605-614.

Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka: Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Lindan Bestari.

Literasi. 2016. Pada KBBI Daring. Diambil 1 April 2023, dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

Padmadewi, N. N., & Artini, L. P. (2018). Literasi di Sekolah, dari Teori ke Praktik. Bali: Nilacakra.

Rahmat, E. S., Parani, S. B. D., & Sastrawan, E. (2023). Upaya Meningkatkan Literasi Membaca Melalui Pojok Baca Untuk Mengantisipasi Buta Huruf Bagi Anak-Anak Di Desa Doda. Jurnal Mutiara Ilmu Akuntansi, 1(2), 155-164.

Zulianto, Sugit., dkk. 2021. Pelatihan Pelatihan Keaktoran Berbasis Naskah Seni Tradisional Bagi Komunitas Seni Teater Uduri Di Desa Jaten, Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar.SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (3). P-199.

Downloads

Published

2023-04-09

How to Cite

Nugroho, A. A., Faizah, A. M., Sari, D. P., Farhani, A., Mardiana, A., Raenaldi, N. F., Ulya, C., & Rohmadi, M. (2023). PROGRAM DHAMAR POJOK BACA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN LITERASI MASYARAKAT DI DUKUH SEPOKOH, DESA PERENG, KECAMATAN MOJOGEDANG, KABUPATEN KARANGANYAR. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 376–381. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i4.450