PELATIHAN PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY DENGAN METODE TOTAL PHYSICAL RESPONSE BAGI ANAK ANAK DI PANTI ASUHAN INSAN BERSERI MAOSPATI
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i3.432Keywords:
Total Physical Response Strategy, VocabularyAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan vocabulary pada materi Things Around pada anak anak di panti asuhan Insan Berseri Maospati Magetan. Total Physical Response adalah metode yang digunakan untuk belajar vocabulary dengan tujuan mengajarkan keterampilan bahasa lisan bagi anak anak. Dengan demikian anak anak mengerti bahasa lisan sebelum mengembangkan ketrampilan berbicara dalam komunikasi. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua siklus, yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah anak anak panti asuhan Insan Berseri Maospati Magetan dengan jumlah anak sebanyak 22 orang, dengan rincian 18 putri dan 4 putra. Dari hasil analisis data rata rata dari penelitian ini adalah, penguasaan vocabulary pada materi Things Around pada siklus 1 sebesar 65.75 dan rata rata nilai penguasaan vocabulary pada materi things around pada siklus 2 sebesar 78.78. Dari data hasil belajar dapat dikatakan bahwa hasil pembelajaran penguasaan vocabulary pada materi things around school pada siklus 1 dan siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 13%. Dan berdasarkan hasil analisi data pada materi things around anak anak di panti asuhan Insan Berseri Maospati meningkat melalui penerapan pembelajaran total physical response.
Downloads
References
Fahrurrozi. (2017). Improving Students ’ Vocabulary Mastery by Using Total Physical Response, 10(3), 118–127. https://doi.org/10.5539/elt.v10n3p118
Fauziati, Endang. 2010. Teaching English As a Foreign Language. Surakarta: Era Pustaka Utama.
Indihadi, D., Zaenuddin, E., & Gusrayani, D. 2012. Pembinaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Kedua. Diperoleh 14 November 2015, dari upi.file.ac.id Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan. Semarang : Rasail Media Group
Larsen-Freeman, Diane.2000. Techniques and Principles in Language Teaching. New York: Oxford University Press
Nur Indria Ningsih. 2013. Pengaruh Metode Tpr (Total Physical Response) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Materi Pokok Activity Siswa Kelas III MI Badrussalam Surabaya. Paper
Stakanova E., & Tolstikhina, E. (2014). Different Approaches to Teaching English As A Foreign Language to Young Learner.Procedia Social and Behaviour Science Vol. 146. pp. 456-460. Diakses dari: www. sciencedirect.com
Styoningsih S. 2016. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode TPR pada Anak Usia Dini. Vol 4 no 1 2016. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/thufula/article/view/4274
Suyadi. 2010. Psikologi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PT Pustaka Insan Madani.
Aryani, Dessy, Made Yudana, Nyoman Natajaya. 2014. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Arcs Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas V Di Sd N 1 Sumerta Tahun Ajaran 2013 / 2014. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan Volume 5.
Basri, Hasan, M. Rasyid Ridla & Abd. Wahed.2014. Strategi Belajar Kosakata Bahasa Inggris (English Vocabulary) Mahasiswa Tbi Stain Pamekasan. OKARA, Vol. 2, Tahun IX.
Rediasih, Luh, I Wayan Suwatra, Dewi Arum Widhiyanti Metra Putri. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Debate Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.
Setiawati, Yuli, I Wayan Lasmawan, A.A.I. N.Marhaeni. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Thogeter ( Nht ) Terhadap Hasil Belajar Pkn Ditinjau Dari Sikap Sosial Pada Siswa Kelas V Di Gugus Iv Manggis. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar Volume 5.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.