SOSIALISASI KONSEP PARIWISATA HALAL MELALUI RADIO KOMUNITAS

Authors

  • Susie Perbawasari Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Dian Wardiana Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Yanti Setianti Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Renata Anisa Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran
  • Aat Ruchiat Nugraha Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.32

Keywords:

Sosialisasi, Pariwisata, Komunitas

Abstract

Perkembangan pariwisata di Indonesia mendorong wilayah destinasi wisata lainnya untuk meningkatkan akses dan fasilitas publik. Indonesia kini sedang mengembangkan potensi wisata halal di sepuluh daerah yang dijadikan percontohan bagi wilayah lainnya yang dipersiapkan menuju destinasi wisata halal. Salah satu visi pemerintah pusat adalah pengembangan wisata halal bagi provinsi Jawa Barat yang dinilai memenuhi kriteria sebagai destinasi halal yang variatif dan kreatif. Jawa Barat memiliki potensi untuk pengembangan konsep pariwisata halal. Untuk mewujudkan Jawa Barat sebagai destinasi wisata halal maka masyarakat perlu mengetahui dan memahami konsep pariwisata halal melalui sosialisasi dengan memanfaatkan radio komunitas. Metode pendekatan yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah ceramah, diskusi, dan tanya jawab. Sasaran utama dari sosialisasi ini adalah pengelola radio komunitas. Setelah dilaksanakan sosialisasi, peserta pelatihan mendapatkan pengetahuan mengenai konsep wisata halal dan peran radio komunitas dalam memberikan edukasi kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awalia, H. (2017). Komodifikasi Pariwisata Halal NTB dalam Promosi Destinasi Wisata Islami di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi, 1(1), 19–30. https://doi.org/10.25139/jsk.v1i1.64

Hardini, I., & Puspitasari, D. (2012). Strategi pembelajaran terpadu: teori, konsep, dan implementasi. Familia.

Jaelani, A., Setyawan, E., & . N. (2017). Religi, Budaya dan Ekonomi Kreatif: Prospek dan Pengembangan Pariwisata Halal di Cirebon. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 101. https://doi.org/10.24235/jm.v2i2.2152

Kemenpar. (2017). Pedoman Pengembangan Pariwisata Halal.

Nugraha, A. R., & Prastowo, A. A. (2017). Komunikasi Pariwisata Melalui Branding Tematik Taman Kota di Bandung. Communication, Culture & Tourism Conference, 183–192.

Subarkah, A. R., Junita Budi Rachman, & Akim. (2020). Destination Branding Indonesia Sebagai Destinasi Wisata Halal. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas dan Perjalanan, 4(2), 84–97. https://doi.org/10.34013/jk.v4i2.53

Downloads

Published

2022-10-18

How to Cite

Susie Perbawasari, Dian Wardiana, Yanti Setianti, Renata Anisa, & Aat Ruchiat Nugraha. (2022). SOSIALISASI KONSEP PARIWISATA HALAL MELALUI RADIO KOMUNITAS. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i2.32