PENDAMPINGAN KADER SANTRI DALAM MITIGASI BENCANA DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO

Authors

  • Aditya Bhayusakti Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dayu Satriya Wibawa Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Dwimantoro Iman Prilistyo Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Friska Ayu Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Aufar Zimamuz Zaman Al Hajiri Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya
  • Rifky Dwi Aditya Iryawan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.207

Keywords:

Mitigasi Bencana, Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo

Abstract

Pengetahuan dan kewaspadaan mengenai bencana bersifat sangat penting, karena kerugian yang disebabkan oleh bencana dapat menyebabkan kerugian materi maupun korban jiwa. Mitigasi bencana terdiri dari regulasi, pendidikan, perubahan perilaku masyarakat, dan pengendalian lingkungan. Berdasarkan letak geografis, Kabupaten Probolinggo berpotensi mengalami bencana alam. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang mitigasi bencana kepada peserta di lingkungan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo. Metode: Sebelum diberikan materi mengenai mitigasi bencana, peserta melakukan pengerjaan soal pre-test. Materi mengenai mitigasi bencana disampaikan selama 30 menit, dilanjutkan dengan sesi diskusi selama 20 menit. Kemudian peserta melakukan pengerjaan soal post-test. Pemberian soal pre-test dan post-test bertujuan untuk mengevaluasi pengetahuan peserta sebelum dan sesudah diberikan materi mengenai mitigasi bencana. Hasil dan pembahasan: Kegiatan ini dilaksanakan pada 21 Mei 2022 di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo yang dihadiri oleh 20 peserta. Nilai rata-rata pre-test peserta adalah 61,5 dan nilai rata-rata post-test meningkat menjadi 74. Terdapat peningkatan pengetahuan peserta sebesar 12,5% dan menunjukkan perbedaan nilai rata-rata yang signifikan (p<0,05). Kesimpulan: Kegiatan pengabdian masyarakat pendampingan kader santri dalam mitigasi bencana di Lingkungan Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Probolinggo ini terlaksana dengan baik dan tercapai sesuai target. Terdapat adanya peningkatan pengetahuan peserta setelah diberikan materi mengenai mitigasi bencana.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nursyabani N, Putera RE, Kusdarini K. Mitigasi Bencana Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Gempa Bumi Di Universitas Andalas. J Ilmu Adm Negara ASIAN (Asosiasi Ilmuwan Adm Negara). 2020;8(2):81–90.

Munir Z, Hasyim F. Pencegahan Dampak Bencana dengan Mitigasi Melalui Pemetaan Kebencanaan Berbasis GIS ( Geographic Information System ) di Kabupaten Probolinggo. J Ilm STIKES Citra Delima Bangka Belitung. 2021;4(2):70–5.

Budiman AS, Supriadi IH. Potensi Kejadian Rob di Pesisir Probolinggo serta Perbandingan Kondisinya antara Musim Barat dan Musim Timur berdasarkan Data Oseanografi dan Meteorologi. J Ilmu dan Teknol Kelaut Trop. 2019;11(3):667–81.

Finali Z, Zulfatul MA, Adi Yunanto R. Pelatihan Mitigasi Bencana pada Santri Usia Sekolah di Yayasan Subulus Salam Kabupaten Jember. J Pengabdi Masy IKM. 2022 Sep 2;3(2):97–103.

Samion M. Pendidikan Mitigasi Dalam Mengurangi Dampak Bencana Di Kota Padang. BEST J (Journal Biol Educ Sci Technol. 2021;4(1):142–8.

Labudasari E, Rochmah E. Literasi Bencana di Sekolah: Sebagai Edukasi untuk Meningkatkan Pemahaman Kebencanaan. J Pendidik Ke-SD-an. 2020;16(1):41–8.

Suhardjo D. Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana dalam Mengurangi Resiko Bencana. J Cakrawala Pendidik. 2015;0(2).

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Bhayusakti, A., Wibawa, D. S., Prilistyo, D. I., Ayu, F., Hajiri, A. Z. Z. A., & Iryawan, R. D. A. (2022). PENDAMPINGAN KADER SANTRI DALAM MITIGASI BENCANA DI LINGKUNGAN PONDOK PESANTREN ZAINUL HASAN GENGGONG PROBOLINGGO. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 526–529. https://doi.org/10.55681/swarna.v1i4.207