Peningkatan Kompetensi Guru TK dan SD Melalui Workshop Game Edukasi Wordwall dan Quizizz

Authors

  • Syerlie Annisa Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Maltha Kharisma Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Padang, Indonesia
  • Arif Budiman Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Negeri Padang, Indonesia

Keywords:

Game Edukasi, Quizizz, Wordwall, Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar menuntut guru untuk menguasai pengelolaan pembelajaran peserta didik yang salah satunya adalah pemanfaatan teknologi pembelajaran. Pemanfaatan teknologi sangat penting dilakukan sejalan dengan tingginya kemajuan teknologi dan banyak platform yang disediakan secara gratis maupun berbayar untuk meningkatkan inovasi pembelajaran. Sasaran kegiatan ini yaitu agar guru Taman Kanak-Kanak Adzkia II Padang dan Sekolah Dasar Negeri 13 Bathin Solapan Riau dapat mengimplementasikan pemanfaatan teknologi untuk membuat media pembelajaran interaktif bagi siswa, dimana karakteristik siswa saat ini sudah lekat dengan penggunaan teknologi khususnya ponsel pintar dan dukungan internet pada kehidupan sehari-hari. Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka dengan metode ceramah, demonstrasi, dan praktik langsung. Metode pelatihan dimulai dengan tahap perencanaan untuk mengobservasi permasalahan dan analisis kebutuhan guru dan siswa, tahap pelaksanaan kegiatan melalui pemaparan materi pemanfaatan Wordwall dan Quizizz untuk membuat game edukasi, kemudian praktik langsung oleh masing-masing peserta, terakhir tahap evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan ini terlihat dari mayoritas peserta menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan dalam menggunakan platform Wordwall dan Quizizz sebagai media pembelajaran interaktif. Kegiatan praktikum juga menunjukkan bahwa sebagian besar guru mampu membuat dan menggunakan permainan edukatif dengan baik. Pelatihan ini memberikan dampak positif dengan meningkatkan kemampuan guru dalam membuat permainan edukasi yang dapat diaplikasikan langsung dalam proses belajar mengajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustinasari, Susilawati, E., & Fitriati, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru SMAN 2 Woha Dalam Melakukan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan CBT. JMM : Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 273–280.

Ghufron, S., Nafiah, N., Kasiyun, S., Rulyansah, A., & Susanto, R. U. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan Soal Bahasa Indonesia dengan Aplikasi Wordwall bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. Indonesia Berdaya, 5(1), 65–74. https://doi.org/10.47679/ib.2024657

Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862

Latifah, U., & Damayanti, M. I. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall.Net Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Pgsd, 10(6), 1415–1424.

Mutia Annur, C. (2021). BPS: 88,99% Anak 5 Tahun ke Atas Mengakses Internet untuk Media Sosial. Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/24/bps-8899-anak-5-tahun-ke-atas-mengakses-internet-untuk-media-sosial

Nissa, Siti Faizatun dan Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://jurnal.arkainstitute.co.id/index.php/educenter/index

Peraturan Pemerintah No 74 Tahun 2008, Pub. L. No. 74, https://peraturan.bpk.go.id/Details/4892/pp (2008).

Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616

Ritonga, A. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Praktikum Mata Kuliah Korosi Dan Teknik Pelapisan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(1).

Terttiaavini, T., Fitriani, A., & Saputra, T. S. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan Media Pembelajaran Smart Learning Di Kabupaten Sembawa Sumatera Selatan. Jurnal Abdimas Mandiri, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.36982/jam.v1i1.289

Yuliza, E., Bahtera Jaya Bangun, P., Sitepu, R., & dkk. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Aplikasi Wordwall Sebagai Game Based Learning Pada Guru-Guru Sd. Jurnal Pepadu, 4(1), 103–108. https://doi.org/10.29303/pepadu.v4i1.2231

Downloads

Published

2024-11-28

How to Cite

Annisa, S., Kharisma, M., & Budiman, A. (2024). Peningkatan Kompetensi Guru TK dan SD Melalui Workshop Game Edukasi Wordwall dan Quizizz. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(11), 858–864. Retrieved from https://ejournal.45mataram.or.id/index.php/swarna/article/view/1574