Pemberdayaan Masyarakat Desa Cisadane Melalui Desain Packing Beras 3 kg dan 5 Kg Untuk Meningkatkan Nilai Jual Beras
Keywords:
Desain Kemasan, beras 5 kg, daya saing, Desa Cisadane, pengabdian masyarakat, pemasaranAbstract
Pengemasan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi daya saing produk di pasar, terutama bagi komoditas pertanian seperti beras. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan beras 5 kg bagi petani di Desa Cisadane, guna meningkatkan nilai jual produk serta daya saing di pasar lokal dan regional. Kegiatan ini diawali dengan identifikasi permasalahan petani terkait kemasan yang digunakan saat ini, diikuti dengan perancangan desain kemasan baru yang mempertimbangkan aspek visual, fungsionalitas, dan keberlanjutan lingkungan. Desain yang dihasilkan mengusung warna dan logo yang mencerminkan identitas lokal, serta menggunakan material ramah lingkungan yang tahan lama dan dapat menjaga kualitas beras. Prototipe kemasan diuji melalui uji fungsionalitas dan uji pasar, dengan hasil yang menunjukkan bahwa kemasan baru ini lebih menarik dan meningkatkan minat konsumen dibandingkan kemasan tradisional. Pelatihan dan sosialisasi kepada petani dilakukan untuk memastikan pemahaman tentang pentingnya kemasan dalam pemasaran dan teknik pengemasan yang benar. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa desain kemasan yang inovatif dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan nilai tambah produk beras di Desa Cisadane serta memperkuat posisi produk di pasar.
Downloads
References
Anandia, R. (2015). Analisa Pengaruh Desain Produk, Presepsi Harga, Dan Kualitas Produk terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas Original. Jurnal Manajemen, 1(1), 1–7.
Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio EKons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223
Christine Suharto Cenadi. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2), 92–103. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16056
Drs. Syamsudin, M., Drs. M. Farid Wajdi, MM., P., & Aflit Nuryulia Praswati, SE., M. (2015). Desain Kemasan Makanan KUB Sukarasa di Desa Wisata Organik Sukorejo Sragen. BENEFIT Jurnal Management Dan Bisnis, 19(2), 181–188
Kotler, & Armstrong., P. G. (2008). Principles of Marketing (12th ed.). Pearson Education Limited.
Lieven, T., Grohmann, B., Herrmann, A., Landwehr, J. R., & van Tilburg, M. (2015). The effect of brand design on brand gender perceptions and brand preference. European Journal of Marketing, 49, 146–169. https://doi.org/10.1108/EJM-08-2012-0456
Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251
Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem
Njoto, T. K. (2016). Cita Rasa Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(4), 455–463.
Prameswari, N. S. (2018). Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 179. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1547
Rahmat, B. Z., Nurhasanah, E., & Zahra, Q. S. A. (2021). Pelatihan Pengembangan Komunikasi Pemasaran pada Produk Usaha Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Cukangkawung, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 445– 451.
Susetyasari T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28. https://media.neliti.com/media/publications/132997-ID-kemasan-produk-ditinjau-daribahan-kemas.pdf
Utami, E. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Olahan Coklat “Cokadol” Dengan Metode Quality Function Deployment. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), 91–100. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/3280
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohamad Rifal, Mifidyah Putri Palilati, Dodi Prasetya Djahidi, Nurul Lamasika, Fingki Abadi, Maryam Hemuto, Siti Fitriani Djabu, Thessy Fransiska Papuani Iwou, Kirana Dewi Hamid, Rantika Ibrahim, Isra Yaser Attamimi, Sakina Kantu, Sriwahyuni AR Jampa, Moh Yasin Zees
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.