Pemberdayaan Masyarakat Desa Cisadane Melalui Desain Packing Beras 3 kg dan 5 Kg Untuk Meningkatkan Nilai Jual Beras

Authors

  • Mohamad Rifal Program Studi Teknik Mesin,Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Mifidyah Putri Palilati Program Studi Arsitektur, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Dodi Prasetya Djahidi Program Studi Manajemen, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Nurul Lamasika Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Fingki Abadi Program Studi Manajemen, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Maryam Hemuto Program Studi Hukum, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Siti Fitriani Djabu Program Studi Gizi, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Thessy Fransiska Papuani Iwou Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Kirana Dewi Hamid Program Studi Kesehatan Masyarakat, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Rantika Ibrahim Program Studi Hukum, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Isra Yaser Attamimi Program Studi Hukum, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Sakina Kantu Program Studi Gizi, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Sriwahyuni AR Jampa Program Akuntansi, Universitas Gorontalo, Indonesia
  • Moh Yasin Zees Program Kehutanan, Universitas Gorontalo, Indonesia

Keywords:

Desain Kemasan, beras 5 kg, daya saing, Desa Cisadane, pengabdian masyarakat, pemasaran

Abstract

Pengemasan merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi daya saing produk di pasar, terutama bagi komoditas pertanian seperti beras. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan desain kemasan beras 5 kg bagi petani di Desa Cisadane, guna meningkatkan nilai jual produk serta daya saing di pasar lokal dan regional. Kegiatan ini diawali dengan identifikasi permasalahan petani terkait kemasan yang digunakan saat ini, diikuti dengan perancangan desain kemasan baru yang mempertimbangkan aspek visual, fungsionalitas, dan keberlanjutan lingkungan. Desain yang dihasilkan mengusung warna dan logo yang mencerminkan identitas lokal, serta menggunakan material ramah lingkungan yang tahan lama dan dapat menjaga kualitas beras. Prototipe kemasan diuji melalui uji fungsionalitas dan uji pasar, dengan hasil yang menunjukkan bahwa kemasan baru ini lebih menarik dan meningkatkan minat konsumen dibandingkan kemasan tradisional. Pelatihan dan sosialisasi kepada petani dilakukan untuk memastikan pemahaman tentang pentingnya kemasan dalam pemasaran dan teknik pengemasan yang benar. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa desain kemasan yang inovatif dapat memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan nilai tambah produk beras di Desa Cisadane serta memperkuat posisi produk di pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anandia, R. (2015). Analisa Pengaruh Desain Produk, Presepsi Harga, Dan Kualitas Produk terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas Original. Jurnal Manajemen, 1(1), 1–7.

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk Perusahaan. Sosio EKons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2223

Christine Suharto Cenadi. (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Nirmana, 2(2), 92–103. http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16056

Drs. Syamsudin, M., Drs. M. Farid Wajdi, MM., P., & Aflit Nuryulia Praswati, SE., M. (2015). Desain Kemasan Makanan KUB Sukarasa di Desa Wisata Organik Sukorejo Sragen. BENEFIT Jurnal Management Dan Bisnis, 19(2), 181–188

Kotler, & Armstrong., P. G. (2008). Principles of Marketing (12th ed.). Pearson Education Limited.

Lieven, T., Grohmann, B., Herrmann, A., Landwehr, J. R., & van Tilburg, M. (2015). The effect of brand design on brand gender perceptions and brand preference. European Journal of Marketing, 49, 146–169. https://doi.org/10.1108/EJM-08-2012-0456

Mukhtar, S., & Nurif, M. (2015). Peranan Packaging Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Terhadap Konsumen. Jurnal Sosial Humaniora, 8(2), 181. https://doi.org/10.12962/j24433527.v8i2.1251

Nf Mufreni, A. (2016). Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan Dan Bahan Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Teh Hijau Serbuk Tocha). Jurnal Ekonomi Manajemen, 2(2), 48–54. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jem

Njoto, T. K. (2016). Cita Rasa Dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bumi Anugerah. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(4), 455–463.

Prameswari, N. S. (2018). Strategi Branding Melalui Inovasi Desain Kemasan Bagi Home Industry Sabun Cair. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 3(02), 179. https://doi.org/10.25124/demandia.v3i02.1547

Rahmat, B. Z., Nurhasanah, E., & Zahra, Q. S. A. (2021). Pelatihan Pengembangan Komunikasi Pemasaran pada Produk Usaha Kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Desa Cukangkawung, Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(2), 445– 451.

Susetyasari T. (2012). Kemasan Produk Ditinjau Dari Bahan Kemasan, Bentuk Kemasan Dan Pelabelan Pada Kemasan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Mizone Di Kota Semarang. Jurnal STIE Semarang, 4(3), 19–28. https://media.neliti.com/media/publications/132997-ID-kemasan-produk-ditinjau-daribahan-kemas.pdf

Utami, E. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Olahan Coklat “Cokadol” Dengan Metode Quality Function Deployment. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 5(2), 91–100. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/3280

Downloads

Published

2024-11-06

How to Cite

Rifal, M., Palilati, M. P., Djahidi, D. P., Lamasika, N., Abadi, F., Hemuto, M., Djabu, S. F., Iwou, T. F. P., Hamid, K. D., Ibrahim, R., Attamimi, I. Y., Kantu, S., Jampa, S. A., & Zees, M. Y. (2024). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cisadane Melalui Desain Packing Beras 3 kg dan 5 Kg Untuk Meningkatkan Nilai Jual Beras. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(11), 762–769. Retrieved from https://ejournal.45mataram.or.id/index.php/swarna/article/view/1536