Pelatihan Peer Counseling Bagi Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kualitas Pro-Social di Universitas Muria Kudus

Authors

  • Adnan Fadkhurosi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Edris Zamroni Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Muria Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i8.1448

Keywords:

Peer Counseling, Universitas Muria Kudus, Pro Sosial, Mahasiswa

Abstract

Tujuan pelatihan peer counseling bagi mahasiswa guna meningkatkan kualitas pro-social pada teman sebaya di Universitas Muria Kudus. Pelatihan tersebut didasari atas kasus-kasus atau permasalahan yang terjadi pada mahasiswa. Sikap pro -social bertujuan untuk lebih peka terhadap keadaan lingkungan, sehingga mahasiswa mampu merumuskan apa yang harus dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. Peserta dari pelatihan berjumlah 60 mahasiswa yang merupakan delegasi dari 6 Fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Psikologi, Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum di Universitas Muria Kudus. Metode pelatihan yang dilakukan melalui workshop serta simulasi terbimbing. Materi peer counseling disusun berdasarkan teoritik state of the art, serta disesuaikan dengan keadaan lapangan secara empiris. Evaluasi kegiatan dilaksanakan menggunakan tiga jenis evaluasi. Pertama, guna mengukur tingkat keberhasilan pelatihan maka digunakan pretest dan posttest, sehingga terlihat perkembangnnya. Pengukuran tersebut menunjukan pretest 0,675 dan posttest 0,85. Selain itu dilakukan evaluasi formatif dan sumatif guna memonitoring proses pelatihan sampai dengan akhir pada pengukuran tersebut menghasilkan penilaian formatif 0,413 dan sumatif 0,89. Terakhir menggunakan penilaian kepuasan mahasiswa selaku peserta pelatihan, dimana dapat dipaparkan sebanyak 85% mahasiswa puas akan pelatihan yang diikuti, sisanya puas bersyarat dan abstain. Sehingga pelatihan dapat menjadi sarana peningkatan keterampilan mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidarda, Y., & Ridhani, A. R. (2024). Workshop Keterampilan Dasar Konseling bagi Guru Sekolah Dasar. Journal of Community Service in Education and Instructional Learning, 1(1), 1-6.

Anugrahadi, S. (2019). Mengenal remaja generasi z (Dalam rangka memperingati hari remaja internasional). Dari https://ntb. bkkbn. go. id.

Fadkhurosi, A., & Kusmaryani, R. E. (2022, April). Counseling Based on Andragogy Via WhatsApp to Reduce Students’ Anxiety During COVID-19 Pandemic. In International Seminar on Innovative and Creative Guidance and Counseling Service (ICGCS 2021) (pp. 5-12). Atlantis Press.

FHAVIAN, J. A. G. O. (2021). PERILAKU SOSIAL MAHASISWA SUMBA DI YOGYAKARTA.

Hurlock, E. B. (1997). Psikologi perkembangan: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan.

Nur, A., & Abidin, M. Z. (2023). Pelatihan Konselor Sebaya Di Panti Asuhan Al-Ikhlas Banjarmasin. PUSAKO: Jurnal Pengabdian Psikologi, 2(1), 37-42.

Salmiati, S., Hasbahuddin, H., & Bakhtiar, M. I. (2018). Pelatihan Konselor sebaya sebagai strategi pemecahan masalah siswa. Matappa, 1(1), 36-41.

Sitanggang, A., Tumiwa, J., & Kandowangko, N. (2023). Perilaku Sosial Mahasiswa Anak Kost Terhadap Masyarakat Warga Bahu Kecamatan Malalayang. JURNAL ILMIAH SOCIETY, 3(3).

Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Kencana.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Fadkhurosi, A., & Zamroni, E. (2024). Pelatihan Peer Counseling Bagi Mahasiswa Untuk Meningkatkan Kualitas Pro-Social di Universitas Muria Kudus. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(8), 628–635. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i8.1448