Implementasi Sistem Informasi Rukun Warga 013 Kelurahan Cipinang Melayu Untuk Meningkatkan Pelayanan Secara Real Time

Authors

  • Nurmalasari Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Risca Lusiana Pratiwi Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Siti Masturoh Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia
  • Faruq Aziz Program Studi Sistem Informasi, Universitas Nusa Mandiri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i8.1441

Keywords:

Implementasi, Sistem Informasi, Website, Rukun Warga

Abstract

Pelayanan rukun warga yang masih mengandalkan sistem konvensional cenderung lambat dalam mengatasi kebutuhan masyarakat. Proses manual dalam pencatatan, pelaporan dan koordinasi sering kali memperlambat respon terhadap permasalahan yang mendesak. Implementasi sistem informasi rukun warga 013 Cipinang Melayu dibangun untuk meningkatkan aksebilitas informasi bagi warga dan pihak terkait. Implementasi sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dalam pelaporan masalah lingkungan, manajemen data kependudukan, dan koordinasi dalam mengadakan kegiatan sosial dilingkungan. Dengan menggunakan teknologi yang tepat, informasi yang akurat dan terkini dapat diakses secara cepat oleh semua pihak terkait. Model sistem informasi berbasis website atau aplikasi mobile yang respontif dan user-friendly, diharapkan dapat memudahkan akses dan penggunanya oleh masyarakat luas. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas dan efisiensi pelayanan publik ditingkat rukun warga 013 Cipinang melayu. Selain itu, implementasi ini juga diharapkan dapat menjadi contoh bagi rukun warga lain dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan transparansi dan responsivitas dalam pelayanan kepada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asshafa, Zaima Syarifa, and Apriade Voutama. (2024). Penerapan Konsep UML Dalam Perancangan Sistem Manajemen Kependudukan RW 022, Kelurahan Kebalen. INFORMAL: Informatics Journal, 9(1). doi: 10.19184/isj.v9i1.46489.

Dewi, Evi, Sri Mulyani, Restu Adi Wiyono, and Jurusan Teknik Informatika. (2019). Sistem Informasi Warga (Simwarga) Tingkat Rt/Rw Berbasis Web. Seminar Nasional Pengabdian Pada Masyarakat (SNPMas) 447–54.

Duskarnaen, Muchammad Ficky, and Diat Nurhidayat. (2022). Pelatihan Pemeliharaan Website Di Lingkungan Sekolah Di Wilayah Desa Muara Gembong Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi Propinsi Jawa Barat. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2022.

Kurniadi, Dede, Yosep Septiana, Asri Rahayu Ningsih, and Heri Suhendar. (2022). Perancangan Sistem Informasi Kependudukan Di Lingkungan Rukun Tetangga Atau Rukun Warga Berbasis Web. Jurnal Algoritma, 18(2), 385–395. doi: 10.33364/algoritma/v.18-2.986.

Ritnawati, Ritnawati, Rinto Suppa, and Muhlis Muhallim. (2020). Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Berbasis Android Pada Kantor Desa Kaliba Mamase. SPEKTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi, 1(2). doi: 10.12928/spekta.v1i2.2860.

Rusdianto, Hengki, Rachmat Destriana, and Bayu Enggar Prastyawan. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Kegiatan Dan Transparansi Keuangan Rukun Warga 04 Graha Mitra Citra Panongan. JIKA: Jurnal Informatika, 5(1). doi: 10.31000/jika.v5i1.4342.

Setiani, Putri, Ifan Junaedi, Anton Zulkarnain Sianipar, and Verdi Yasin. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Penduduk Berbasis Website Di Rw 010 Kelurahan Keagungan Kecamatan Tamansari - Jakarta Barat. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, 1(1). doi: 10.52362/jmijayakarta.v1i1.414.

Subari, Arkhan, Heru Winarno, and Saiful Manan. (2021). Implementasi Sistem Informasi Warga Berbasis Web Menggunakan Opensid Di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Vokasi, 2(1), 34–37.

Downloads

Published

2024-08-06

How to Cite

Nurmalasari, N., Pratiwi, R. L., Masturoh, S., & Aziz, F. (2024). Implementasi Sistem Informasi Rukun Warga 013 Kelurahan Cipinang Melayu Untuk Meningkatkan Pelayanan Secara Real Time. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(8), 622–627. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i8.1441