Pembuatan Modul dan Workbook Printable Bertema Kreativitas Untuk Orang Tua dan Anak Usia 2 -9 Tahun Sebagai Media Belajar di Rumah Desa Reuleut Barat

Authors

  • Muliana Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh, Indonesia
  • Hayatun Nufus Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh, Indonesia
  • Nuraina Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1432

Keywords:

Literasi Digital, Space Geometri Flipbook, Lesson Study

Abstract

Pada era revolusi industri 4.0 Indonesia mengalami peningkatan teknologi dan keterampilan sumber daya manusia melalui pendidikan dengan melahirkan analis muda untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Sumber daya manusia saat ini selalu dituntut untuk menggunakan media digital, kebutuhan media digital sudah menjadi kebutuhan utama. Pada saat ini pembelajaran matematika sudah menggunakan model media digital. Namun, sering kali matematika dianggap pelajaran yang membosankan sehingga siswa sukar dalam memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Kesulitan yang dialami siswa tersebut dapat diatasi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis digital yang dikembangkan dengan menggunakan Flipbook Maker Pro. Sehingga solusi yang ditawarkan berupa pelatihan dan pendampingan Literasi Digital Siswa dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometri Flipbook melalui Kegiatan Lesson Study. Metode yang digunakan dengan Langkah: Tim pelaksana mempresentasikan, survey baseline, pendampingan lanjutan, menentukan research lesson, Plan, Do, See: Redesain, Mengumpulkan bukti-bukti dan dokumentasi, Pendampingan dan monitoring selama kegiatan berlangsung. Berdasarkan hasil kegiatan PKM bahwasanya dengan melaksanakan pelatihan, pendampingan dan penerapan pada saat pembelajaran menggunakan media Space Geometri Flipbook melalui Kegiatan Lesson Study maka kemampuan kompetensi guru mengalami peningkatan dan kemampuan literasi digital siswa semakin menjadi lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, S., Fitriana, L., & Budiyono, B. (2018). Geometry in flipbook multimedia, a role of technology to improve mathematics learning quality: the case in madiun, east java. Journal of Physics: Conference Series, 1008(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1008/1/012077

Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (2019). Penguatan Blended Learning Berbasis Literasi Digital dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 190–203.

Cholily, Y. M., Hasanah, S. N., Effendi, M. M., & Putri, O. R. U. (2021). Literasi Digital Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Space Geometry Flipbook (Sgf). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1736. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3898

Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, 5(6), 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609

Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik di Era Revolusi 4.0. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(2), 70. https://doi.org/10.24036/scs.v6i2.157

Hardiansyah, D., & Sumbawati, M. S. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook dalam Pembelajaran Perakitan Komputer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal IT-Edu, 1(2), 5–11.

Iryana Muhammad, H. N. (2021). PEMBINAAN MASYARAKAT MELALUI GERAKAN LITERASI PEDESAAN DI DESA MEURIA PALOH KEC.MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE. Krida Cendikia.

Intaniasari, Y & Utami, R. D (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. JURNAL BASICEDU. 4987-4998.

Muliana, H. N. (2021). PEMBINAAN PADA ORANG TUA UNTUK MENGATASI KECANDUAN ANAK TERHADAP GADGET MELALUI LITERASI MEDIA DI DESA PADANG SAKTI KECAMATAN MUARA SATU KOTA LHOKSEUMAWE. Krida Cendikia.

Muliana, dkk. (2021). Pentingnya Peran Literasi Digital bagi Mahasiswa di Era Revolusi Industri 4.0 untuk Kemajuan Indonesia. Journal of Education and Technology. 87-92.

OECD. (2015). Programme for International Student Assessment Result for PISA 2015.

Putra, A. E., Rohman, M. T., Linawati & Hidayat, N. M. (2023) Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 201-211.

Sari, S. S. (2019). Kemampuan Literasi Digital Kalangan Siswa SMP dan SMA di Daerah Pedesaan Kabupaten Blitar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Selvia, S., Suratman, D., & Hartoyo, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Flipbook Dikaitkan Dengan Kemampuan Komunikasimatematis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–13. Retrieved from http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/8269

Supriatna, A. (2018). Kegiatan Lesson Study sebagai Upaya Guru untuk Menemukan Pembelajaran yang Memenuhi Keperluan Anak Hidup pada Zamannya (Era Revolusi Industri 4.0). Seminar Nasional Edusainstek FMIPA UNIMUS, 1(1), 1–5.

Syamsuar, S., & Reflianto, R. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.

Utami, F. M. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM LITERASI DIGITAL MATEMATIKA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, (20).

Downloads

Published

2024-07-29

How to Cite

Muliana, M., Nufus, H., & Nuraina, N. (2024). Pembuatan Modul dan Workbook Printable Bertema Kreativitas Untuk Orang Tua dan Anak Usia 2 -9 Tahun Sebagai Media Belajar di Rumah Desa Reuleut Barat. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 587–595. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1432