Workshop Strategi Komunikasi Bisnis (Kombis) Produk UMKM Melalui Pemasaran Online pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo

Authors

  • Hardman Budiardjo Program Studi S1 Desain Produk, Universitas Dinamika, Indonesia
  • Darwin Yuwono Riyanto Program Studi S1 Desain Produk, Universitas Dinamika, Indonesia
  • Henry Bambang Setyawan Program Studi S1 Sistem Informasi, Universitas Dinamika, Indonesia
  • Martinus Sony Erstiawan Program Studi S1 Manajemen, Universitas Dinamika, Indonesia
  • A. B. Tjandrarini Program Studi D3 Sistem Informasi, Universitas Dinamika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1430

Keywords:

Pertumbuhan Ekonomi, UMKM, Workshop

Abstract

Perekonomian Indonesia dihadapkan dengan berbagai perubahan yang cepat dan fundamental, sehingga memaksa kondisi perekonomian yang lebih stabil di tengah isu resesi global saat ini. Kestabilan perekonomian dapat terwujud melalui perekonomian rakyat. Data pertumbuhan ekonomi di provinsi Jawa Timur pada akhir tahun 2022 sebesar 1,35% dari 92.366 pelaku usaha (UMKM) dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 210,64 triliun. Kesadaran pentingnya pertumbuhan perekonomian yang dikelola rakyat sebagai basis perekonomian negara yang berkontribusi pada PDB, perlu dikelola dan selalu ditingkatkan. Untuk itu perlunya menstabilkan perekonomian rakyat melalui berbagai program kegiatan. Salah satunya kegiatan Workshop “Strategi Komunikasi Bisnis”. Metode untuk mencapai program kegiatan workshop tersebut, yaitu paparan materi, diskusi, dan tanya jawab. Hasil Pengabdian kepada Masyarakat telah berjalan dengan baik, sesuai rencana, dan berdampak positif yang ditunjukkan antusiasme para pelaku usaha mikro

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Jurnal Psikologi Industri, 23(4). https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/FORUMEKONOMI/article/download/10155/1575

BPS Jatim. (2023). Jumlah Perusahaan Industri Skala Mikro dan Kecil Menurut Provinsi (Unit), 2020-2022. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQwIzI=/jumlah-perusahaan-menurut-provinsi.html

Jatim, R. R. (2023). Dukung Program UMKM Naik Kelas, Bupati Sidoarjo Serahkan 100 Sertifikat Tanah Pemilik UMKM Di Dukuh Tengah Buduran. Republika Jatim. https://republikjatim.com/baca/dukung-program-umkm-naik-kelas-bupati-sidoarjo-serahkan-100-sertifikat-tanah-pemilik-umkm-di-dukuh-tengah-buduran

Kadin. (2024). UMKM Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/

Maidar, & Mukti. (2021). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia, 3(1), 259–264. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI

Manggus, M. Y., & dkk. (2023). Implementasi Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 82–88. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1545

Prijanto, J. H., & de Kock, F. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(3), 238–251. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318/1894

Sulastri. (2022). Peran Penting UMKM dalam Ancaman Isu Resesi. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-balikpapan/baca-artikel/15677/Peran-Penting-UMKM-dalam-Ancaman-Isu-Resesi.html

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Budiardjo, H., Riyanto, D. Y., Setyawan, H. B., Erstiawan, M. S., & Tjandrarini, A. B. (2024). Workshop Strategi Komunikasi Bisnis (Kombis) Produk UMKM Melalui Pemasaran Online pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Sidoarjo. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 580–586. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1430