Pelaksanaan Kegiatan Literasi dan Numerasi Bagi Siswa-Siswi Bimbingan Belajar Exact Media Center (EMC) Kota Padangsidimpuan Melalui Media Digital
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1423Keywords:
Literasi, Numerasi, Media DigitalAbstract
Salah satu kegiatan pemerintah yang diselenggarakan dalam dunia pendidikan pada saat ini adalah program literasi dan numerasi. Untuk membantu mewujudkan tujuan pemerintah dalam kegiatan literasi dan numerasi, sebagai dosen yang wajib melakukan pengabdian kepada masyarakat melaksanakan kegiatan tersebut di tempat bimbingan belajar Exact media Center (EMC) Kota Padangsidimpuan. Adapun sasaran kegiatan PKM ini adalah siswa-siswi yang tergolong masih rendah kemampuan literasi dan numerasi dimulai yang dibagi dalam tiga kelompok sesuai dengan tingkatan kelas masing-masing. Tujuannya adalah untuk membangun dan mengembangkan minat belajar siswa terutama meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi para siswa bimbel EMC. Metode pelaksanaan kegiatan ini adalah dengan proses belajar mengajar, diskusi atau tanya jawab, dan tahap terakhir dilakukan evaluasi. Berdasarkan hasil kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan PKM ini berjalan dengan baik serta memberikan dampak positif bagi siswa-siswi. Keberhasilan tersebut dapat dilihat dari peningkatan kemampuan siswa-siswi dalam mengenal abjad/huruf/angka, mengeja, membaca dengan lancar dan benar, menulis dengan benar, serta mengoperasikan bilangan dan menyelesaikan persoalan dalam bentuk matematis.
Downloads
References
Aan, W., Saidatul, I., & Kholida, F. 2021. Implementasi Merdeka Belajar Melalui Kampus Mengajar Perintis Di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke SD-An, 16(2), 102–107.
Amaliya, I., & Fathurohman, I. 2022. Analisis Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 5(1), 45–56.
Cecep, H., et al. 2021. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Hari, N. H., Jannah, U. R., & Rachmatullah, S. 2023. Implementasi Perpustakaan Digital Untuk Mendukung Literasi Belajar Bagi Warga Pelajar Di Daerah Pedesaan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 460-465.
H. Hutabarat and F. Hasibuan. 2020. Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Jurnal Education and Development, 8(4), 508-512.
Kemendikbud. 2017. Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan, A. R., Chan, F., Abdurrohim, M., Wanimbo, O., Putri, N. H., Intan, F. M., & Samosir, W. L. S. 2019. Problematika Guru Dalam Melaksanakan Program Literasi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 31–37.
Munir. 2013. Media Digital: Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Perdana, R., & Suswandari, M. 2021. Literasi Numerasi Dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9-15.
Siregar, P. 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Numerasi Pada Siswa Kelas 5b SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 366-376.
Suswandari, M. 2018. Membangun Budaya Literasi Bagi Suplemen Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Dikdas Bantara, 1(1), 20–32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erni Rawati Sibuea, Haritsah Hammamah Harahap, Aris Munandar Harahap, Susi Sulastri Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.