Pelatihan Pemrograman Web Front-End dengan Bootstrap Bagi Siswa SMK Palapa Semarang
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1399Keywords:
Bootstrap, Pemrograman Web, Front-End, Back-End, Siswa SMKAbstract
Pemrograman web memegan peranan yang sangat penting di era digital saan ini. Pemrograman front-end pada pemrograman web adalah kunci untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menarik dan interaktif di sebuah website dan aplikasi berbasis web. Pemanfaatan framework, memberikan kemudahan bagi programmer web untuk mendesain halaman web. Salah satu framework yang paling sering digunakan adalah framework bootstrap. Framework bootstrap mengalami perkembangan yang begitu cepat. Sejak tahun 2008 hingga saat ini bootstrap telah memasuki versi 5. Dengan adanya pembaruan-pembaruan ini tentunya akan ada perubahan-perubahan dalam menuliskan kode bootstrap di pemrograman web. Versi baru bootstrap sering menyertakan fitur baru yang dapat membantu membangun website dan aplikasi web yang lebih menarik, interaktif, dan fungsional. Peningkatan pada komponen yang sudah ada dapat membuat kode lebih bersih, efisien, dan mudah dipelihara. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dengan ceramah, praktikum sekaligus pendampingan. Tujuan pelatihan adalah memberikan tambahan wawasan bagi siswa SMK Palapa Semarang tentang perubahan-perubahan terkini fremwork bootstrap. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menggunakan framework bootstrap.
Downloads
References
D. Alfiansyah et al., “Pembuatan Web Sederhana Menggunakan Bootstrap 5 Kepada Siswa SMP AL-AMANAH Kota Tangerang Selatan,” JARI J. Pengabdi. Kpd. Masy. Republik Indones., vol. 2, no. 1, pp. 11–17, Mar. 2024, Accessed: Jul. 22, 2024. [Online]. Available: https://mypublikasi.com/index.php/JARI/article/view/84
O. E. Hadinata and D. Irwan, “Pelatihan Pembuatan Website Ektrakurikuler Siswa Dengan Menggunakan Bootstrap 4.0 Di SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan,” J-ABDI J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 9, pp. 2399–2404, Jan. 2022, doi: 10.53625/JABDI.V1I9.1283.
P. Pemrograman et al., “Pelatihan Pemrograman Web Dasar Sebagai Pembekalan Pengetahuan Teknologi Informasi Pada SMP Al Qalam Cipinang Cimpedak,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 10, pp. 2278–2285, Dec. 2023, doi: 10.59837/JPMBA.V1I10.477.
P. Pemrograman et al., “Pelatihan Pemrograman Web Menggunakan Framework Laravel di SMKN 1 Bandarlampung,” J. Eng. Inf. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 2, pp. 87–94, Nov. 2022, doi: 10.33365/JEIT-CS.V1I2.167.
T. M. Siregar, B. M. G. Siahaan, T. N. Enjelika, M. E. Simbolon, and R. M. Siringo-ringo, “Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan,” ULIL ALBAB J. Ilm. Multidisiplin, vol. 3, no. 1, pp. 396–401, Dec. 2023, doi: 10.56799/JIM.V3I1.2622.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sigit Sugiharto, Supriyanto, Rozaq Isnaini Nugraha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.