Portal Informasi Desa pada Desa Buncitan Sedati Sidoarjo

Authors

  • Agus Dwi Churniawan Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dinamika, Indonesia
  • Tutut Wurijanto Program Studi Sistem Informasi, Universitas Dinamika, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1376

Keywords:

Portal Informasi, Pengelolaan Desa, Desa Buncitan

Abstract

Desa Buncitan yang terletak di Sedati, Sidoarjo, merupakan komunitas penduduk yang kaya akan potensi sumber daya dan keunikannya. Desa ini memiliki banyak UMKM yang berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut. Namun, Desa Buncitan menghadapi banyak tantangan dalam mengakses informasi, berkomunikasi secara efektif, dan mengoptimalkan potensi lokal. Beberapa permasalahan yang terjadi diantaranya kesulitan mengatur dan memaksimalkan sumber daya yang ada pada desa, proses administrasi yang kurang efisien, kurangnya partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan, dan terbatasnya pelayanan publik. Semua hal ini dapat menghambat keberhasilan pembangunan desa. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan konektivitas dan akses informasi di Desa Buncitan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi informasi dalam Pembangunan Desa Buncitan yakni dengan pembuatan Portal Informasi Desa. Portal ini akan dikemas berbasis website dengan beberapa menu yang dapat menampilkan profil desa, struktur organisasi desa, berita dan informasi kegiatan desa, pengumuman, gallery foto, serta jadwal kegiatan desa. Dengan adanya Portal Informasi Desa Buncitan ini diharapkan dapat membantu Masyarakat Desa untuk mendapatkan informasi yang up-to-date seputar kegiatan desa dan program-program pengembangan desa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriko, M., Novenanto, A., Zulkarnaen, A., Sulistyo, R., & Yon, K. M. (2022). Evaluasi Pengelolaan dan Pemanfaatan Sistem Informasi Desa (SID) untuk Perencanaan dan Penganggaran di Daerah. Jakarta.

Apriyansyah, Maullidina, I., & Purnomo, E. P. (2018). Efektivitas Sistem Informasi Desa (SID) Dalam Pelayanan Publik Di Desa Dlingo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. JAKPP : Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik, 4(1).

Armiady, D. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Desa Terintegrasi Berbasis Teknologi Informasi. JURNAL TIKA, 5(3), 93–98. Doi: 10.51179/tika.v5i3.114.

Arundini, P., Purabaya, R. H., & Zaidiah, A. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Web Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) Pada Desa Sukatani, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang-Banten. in Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia, Jakarta.

Budiman, V. (2021). Panduan Fasilitasi Replikasi dan Pelembagaan : Pengembangan Sistem Informasi Desa (SID). Jakarta. Available: www.kompak.or.id

Combine Resource Institution. (2017). Panduan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) versi 3.10,” Yogyakarta.

Hartoyo, N. M. & Merdekawati, I. (2016). CITALINUABDI: Upaya Membangun Sistem Informasi Desa Yang Bermakna. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 48–57. doi: 10.25008/jkiski.v1i1.35.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, “Draft : Rencana Strategis 2020-2024 Kementerian Komunikasi dan Informatika,” Jakarta, 2020.

Munawir & Erdiwansyah. (2018). Perancangan Portal Informasi Gampong Pada Gampong Lambeugak Kecamatan Kuta Cot Glie Aceh Besar. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 1(2), 74–81.

Pusat Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara, “Laporan Isu Strategis : Pengembangan Model Desa Cerdas,” Jakarta, 2018.

Pusat Pengembangan Kuliah Kerja Nyata LPPM Unnes, “Panduan UNNES GIAT : Penguatan Generasi Milenial mendukung SDGs Desa - Implementasi KKN dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” Semarang, 2022.

Rakhmawati, I., Hendri, B. S., & Suhaedi, W. (2022). Pembaruan Pengelolaan Keuangan Desa Melalui SDG’s Desa: Dapatkah Menutup Keterbatasan Sistem Keuangan Desa (Studi Pada Desa Di Kabupaten Lombok Barat). Jurnal Aplikasi Akuntansi (JAA), 6(2), 75–86. doi: 10.29303/jaa.v6i2.125.

Rozi, F. & Listiawan, T. (2017). Pengembangan Website dan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 107–112.

Santosa, S. D., Gunawan, T., & Wikusna, W. (2020). DESAGI : Desa Digital – Aplikasi Berbasis Web Desa Digital Bandung Juara Pada Modul Portal UMKM. in e-Proceeding of Applied Science, Aug, 1900–1909.

Soemarsono, A. K., Purabaya, R. H., & Pradnyana, I. W. W. (2021). Perancangan Sistem Informasi Desa Berbasis Web untuk Pelayanan Publik pada Desa Tengkurak, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang. in Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA) Jakarta-Indonesia. Jakarta.

Wiryandito, B. A. A., Misbahuddin, & Akbar, L. A. S. I. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Dengan Menggunakan Integrasi Wordpress dan Open-SID Berbasis Website. Universitas Mataram.

Yetta, R. (2022). Implementasi Kebijakan Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Banggai Kepulauan Provinsi Sulawesi Tengah. Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Churniawan, A. D., & Wurijanto, T. (2024). Portal Informasi Desa pada Desa Buncitan Sedati Sidoarjo. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 523–528. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1376