Peningkatan Multitalenta Tata Kelola Administrasi Kearsipan dan Manajemen Pelayanan Prima Pada Staf Pemerintahan Desa Tonjong Kabupaten Bogor
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1368Keywords:
Kearsipan, Pelayanan Prima, Pemerintahan DesaAbstract
Pelayanan masyarakat menjadi tugas utama dari pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, karena pada dasarnya keberadaan pemerintahan desa adalah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat. Fungsi pemerintahan adalah melayani dan melindungi masyarakat. Aparat perangkat desa di Pemerintah Desa memegang posisi strategis dalam melayani dan melindungi publik. Bentuk perlindungan bisa diwujudkan melalui layanan cepat, mudah, murah, tidak birokratis, dan tepat waktu. Pelayanan masyarakat menjadi tugas utama dari pemerintah Desa dalam menjalankan roda pemerintahan desa, karena pada dasarnya Selanjutnya pengertian pelayanan menurut pakar diantaranya terkait pelayanan prima menyatakan bahwa layanan prima adalah pelayanan dengan standar kualitas yang tinggi dan selalu mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan setiap saat, secara konsisten dan akurat (Rahmayanty, 2013; 18).Tim PKM Prodi administrasi Negara FHISIP Universitas Terbuka merencanakan beberapa tahapan kegiatan yang merupakan solusi atas permasalahan yang dihadapi aparatur desa di pemerintahan DesaTonjong Adapun tujuan dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah. Menumbuhkan motivasi dan meningkatkan kesadaran perangkat desa Tonjong Kecamatan Tonjong Bogor untuk dapat mengelola Administrasi arsip Desa secara baik dan benar; Membekali kemampuan dan keterampilan perangkat desa untuk mengelola Administrasi arsip sebagai upaya peningkatan pelayanan publik; Membekali kemampuan dan keterampilan perangkat desa dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat degan baik.
Downloads
References
Barata, A. A. (2004). Dasar – dasar pelayanan prima: Persiapan membangun budaya pelayanan prima untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Basuki, Sulistyo. (2005). Kamus Istilah Kearsipan. Yogyakarta : Kanisius
Chambers, Robert. (1994). The Origins and Practice of Participatory Rural Appraisal. World Development, 22(7), 953–969.
Masnawaty Sangkala dan Nur Eny P. dalam Prosiding seminar nasional hasil pengabdian masyarakat Universitas Negeri Makassar “Pendampingan Penggubahan Logo dan Peningkatan Brand Image Produk Rajut di Kelurahan Patappang Tinggi Moncong Kabupaten Gowa hal 739
Mulyono, S., Partono, Kuswantoro, A. (2011). Mannajemen Kearsipan. Semarang : Unnes PRESS
Rahmayanty. (2013). MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA : mencegah pembelotan dan membangun customer loyality. Yogyakarta : Graha Ilmu
Undang- Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Desa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridho Harta, Bambang Agus Diana, Dwi Putranto Riau, Tora Akadira, Indera Pratama Putra Salmon, Nur Ambia, Jayanti Armida, Amud Sunarya, Isnaeni Yuliani, Aji Fajar Suryo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.