Pelatihan Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Negeri Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan

Authors

  • Sonya Titin Nge Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Artha Wacana, Indonesia
  • Agus Maramba Meha Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Artha Wacana, Indonesia
  • James Ngginak Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Kristen Artha Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1360

Keywords:

Teknik Penulisan, Jurnal, Publikasi

Abstract

Karya tulis ilmiah merupakan suatu tulisan yang berisi gagasan atau ide dan disusun berdasarkan fakta. Karya tulis ilmiah merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki oleh seorang guru, terutama ketika akan mengusulkan kenaikan pangkat atau golongan. Karya tulis ilmiah berupa jurnal yang dapat dipublikasikan selain memberi nilai pengetahuan dan pengembangan ilmu bagi penulis, juga menjadi kontribusi pengetahuan bagi guru. Pelatihan penulisan jurnal dan publikasi pada sekolah SMK Negeri Kolbano, mereka mengakui bahwa proses penulisan dan publikasi cenderung masih menuai banyak persoalan, baik dari aspek penulisan sampai pada aspek publikasi. Melalui analisis lapangan dan diskusi maka tim pengabdian masyarakat merumuskan konsep pelatihan dengan desain materi yang sederhana dan mudah dipahami. Proses pelatihan dilakukan dengan beberapa tahap materi yang dilakukan, Materi pertama: teknik penulisan karya ilmiah (mulai dari judul, pendahuluan, tinjauan pustaka, metode, hasil, kesimpulan.). Materi kedua: pemilihan bahan pustaka dalam penulisan jurnal. Materi ketiga: pemilihan jurnal dan cara mempublikasikannya. Hasil kegiatan memperlihatkan bahwa pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan guru dan telah menghasilkan draft artikel yang siap dipublish.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andjarwati, T. (2015). Motivasi dari sudut pandang teori hirarki kebutuhan Maslow, teori dua faktor Herzberg, teori xy Mc Gregor, dan teori motivasi prestasi Mc Clelland. JMM17: Jurnal Ilmu ekonomi dan manajemen, 2(01).

Emaliana, I. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah bagi guru MGMP bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273-279.

Handayani S.L., & Diki Rukmana, 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru SD. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(1), 8-13.

Karwan, D. H. & Hariri, H. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SMK Muhammadiyah. Sakai Sambayan. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 66-71.

Lidwina, S. (2013). Penulisan paragraf dalam karya ilmiah mahasiswa. Jurnal STIE Semarang, 5(1).

Prihartanta, W. (2015). Teori-teori motivasi. Jurnal Adabiya, 1(83), 1-14.

Santoso, S. (2007). Kiat dan Strategi Menulis Karya Ilmiah.Universitas Negeri Jakarta.Makalah Disampaikan pada Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Dosen- Dosen PPSMK Muhammadiyah FIP UNY. Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sederajad di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Semarang: Artikel Pengabdian Universitas Semarang.

Setiawan, Wawan dan Tri Mulyadi. (2014). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas/Sederajad di Kecamatan Mijen Kota Semarang. Semarang: Artikel Pengabdian Universitas Semarang.

Setyawati, N., Larasati, L., Arifin, Z., & Ulumuddin, A. (2013). IbM Peningkatan Kompetensi Menulis Artikel Media Massa Bermuatan Pendidikan Karakter untuk Menciptakan Guru Kreatif dan Produktif di Kota Semarang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 46-52.

Setyaningsih, Y. (2016). Pola Argumen Paragraf Argumentatif pada Artikel Jurnal Terakreditasi Bidang Ekonomi (Perspektif Stephen Toulmin). Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 136-156.

Sugianti, Anggraini, P. & Musaffak. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru MTs Muhammadiyah I Malang sebagai Upaya Peningkatan Profesionalitas Guru, 6 (1): 86-98.

Sukarno. (2016). Kendala dan Upaya Pengembangan Keprofesian Guru Sekolah Dasar.

Melalui Kegiatan Penulisan Karya Ilmiah. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan. Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 601 – 610.

Downloads

Published

2024-07-08

How to Cite

Nge, S. T., Meha, A. M., & Ngginak, J. (2024). Pelatihan Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru SMK Negeri Kolbano Kabupaten Timor Tengah Selatan. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(7), 517–522. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i7.1360