Penyuluhan tentang Literasi Digital bagi Guru dan Siswa SD di Kota Ternate, Maluku Utara
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i5.1333Keywords:
Bijak dan Santun, Literasi Digital, Penyuluhan, PKMAbstract
Tujuan utama dari Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk Penyuluhan Literasi Digital kepada guru dan siswa Sekolah Dasar di Kota Ternate ini adalah untuk: (1) membantu guru dan siswa menjadi lebih mahir dalam bidang teknologi komunikasi dan informasi; dan (2) membantu mereka menggunakan internet dengan bijak dan beretika. Penyuluhan ini berlangsung di SD Negeri 43 Kelurahan Soa, Kota Ternate, Maluku Utara pada hari Sabtu, 7 Oktober 2023 pukul 08.00 hingga 10.00 WIT. Sebanyak 31 siswa yang terdiri dari 7 anak kelas 5 dan 24 siswa kelas 6 serta 1 orang guru mengikuti kegiatan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan PKM ini berbentuk penyuluhan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Penyuluhan literasi digital ini telah meningkatkan kesadaran dan menambah wawasan tentang bagaimana menggunakan alat-alat digital seperti telepon pintar dan aplikasinya secara bijak dan efektif. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan teknologi digital dalam menunjang tercapainya proses belajar siswa, memanfaatkan media sosial yang menerapkan prinsip kesantunan, dan menjauhi hoax, maka guru sudah seharusnya dengan bijak memantau penggunaan teknologi digital khususnya telepon pintar oleh para siswanya. di sekolah.
Downloads
References
bagi Guru Sekolah Dasar Untuk Menyiapkan Generasi Milenial. In K. H. Primayana (Ed.), Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Era 4.0 (pp. 113–120). Retrieved from https://stahnmpukuturan.ac.id/jurnal/index.php/dharmaacarya/article/view/194
Departemen Informasi dan Perpustakaan. (2020). Peran Sekolah dalam Penerapan Literasi Digital Pada Siswa. Retrieved February 20, 2022, from Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Airlangga website: https://dip.fisip.unair.ac.id/peran-sekolah-dalam-penerapan-literasi-digital-pada-siswa/
Dewi, D. A., Hamid, S. I., Annisa, F., Oktafianti, M., & Genika, P. R. (2021). Menumbuhkan Karakter Siswa melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal Basicedu, Vol. 5, pp. 5249–5257. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1609
Ebyatiswara Putra, A., Taufiqur Rohman, M., Linawati, L., & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 201–211. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.185
Jusnita, N., & Ali, S. U. (2022). Penyuluhan literasi digital anti Hoax, Bullying, dan ujaran kebencian pada remaja di kota Ternate. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6440
Kementerian Komunikasi dan Informasi. (2022). Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik. Retrieved May 1, 2023, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik/0/artikel
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/1/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf
Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, Vol. 1, p. 20. https://doi.org/10.37535/102001220193
Lestari, I. (2021). Literasi Digital dalam Lingkungan Sekolah Menghadapi Tantangan Era Digital. Retrieved February 20, 2022, from Kumparan website: https://kumparan.com/ira-lestari-1632977438553981322/literasi-digital-dalam-lingkungan-sekolah-menghadapi-tantangan-era-digital-1wd4ZHTiezp/full
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, Vol. 1, pp. 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, pp. 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Putra, L. D., Zakiya, F., Salsabila, A., & Salsabila, S. (2023). Kompetensi Pedagogi Guru dalam Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran. JS (Jurnal Sekolah), 8(1). https://doi.org/10.24114/js.v8i1.49152
Satriani, Ahmad, D., & Halimah, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi, Literasi Media, dan Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Nazzama: Journal of Management Education, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.24252/jme.v2i1.31513
Setu, F. (2021). Bangun Literasi Digital dengan 4 Pilar, Menkominfo: Realisasikan untuk Indonesia Digital Nation. Retrieved February 20, 2022, from Kementerian omunikasi dan Informatika Republik Indonesia website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/32927/siaran-pers-no-54hmkominfo022021-tentang-bangun-literasi-digital-dengan-4-pilar-menkominfo-realisasikan-untuk-indonesia-digital-nation/0/siaran_pers
Wijaya, S. H. B. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Hoax di Kalangan Generasi Muda Desa Juwok. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, pp. 1–10. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i1.300
Jusnita, N., & Ali, S. U. (2022). Penyuluhan literasi digital anti Hoax, Bullying, dan ujaran kebencian pada remaja di kota Ternate. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2), 177–186. https://doi.org/10.29408/ab.v3i2.6440
Kementerian Komunikasi dan Informasi. (2022). Literasi Digital Masyarakat Indonesia Membaik. Retrieved May 1, 2023, from https://www.kominfo.go.id/content/detail/39858/literasi-digital-masyarakat-indonesia-membaik/0/artikel
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital: Gerakan Literasi Nasional. Retrieved from https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/1/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf
Kholisoh, N. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Dampak Pornografi bagi Remaja Badui Luar di Desa Kanekes, Lebak - Banten. Journal of Servite, Vol. 1, p. 20. https://doi.org/10.37535/102001220193
Lestari, I. (2021). Literasi Digital dalam Lingkungan Sekolah Menghadapi Tantangan Era Digital. Retrieved February 20, 2022, from Kumparan website: https://kumparan.com/ira-lestari-1632977438553981322/literasi-digital-dalam-lingkungan-sekolah-menghadapi-tantangan-era-digital-1wd4ZHTiezp/full
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, Vol. 1, pp. 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Novitasari, Y., & Fauziddin, M. (2022). Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 6, pp. 3570–3577. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2333
Putra, L. D., Zakiya, F., Salsabila, A., & Salsabila, S. (2023). Kompetensi Pedagogi Guru dalam Pemanfaatan Teknologi untuk Pembelajaran. JS (Jurnal Sekolah), 8(1). https://doi.org/10.24114/js.v8i1.49152
Satriani, Ahmad, D., & Halimah, A. (2022). Pengaruh Kemampuan Literasi Informasi, Literasi Media, dan Literasi Digital terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Nazzama: Journal of Management Education, 2(1), 85–99. https://doi.org/10.24252/jme.v2i1.31513
Setu, F. (2021). Bangun Literasi Digital dengan 4 Pilar, Menkominfo: Realisasikan untuk Indonesia Digital Nation. Retrieved February 20, 2022, from Kementerian omunikasi dan Informatika Republik Indonesia website: https://www.kominfo.go.id/content/detail/32927/siaran-pers-no-54hmkominfo022021-tentang-bangun-literasi-digital-dengan-4-pilar-menkominfo-realisasikan-untuk-indonesia-digital-nation/0/siaran_pers
Wijaya, S. H. B. (2021). Penyuluhan Literasi Media tentang Hoax di Kalangan Generasi Muda Desa Juwok. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, pp. 1–10. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i1.300
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurprihatina Hasan, Farida Maricar, Sutaryo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.