Melatih Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Falah Airmolek Program Studi Pendidikan Agama Islam yang Berstatus Guru Dalam Menganalisis Tes Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i5.1320Keywords:
Melatih, Menganalisis, Tes Hasil BelajarAbstract
Evaluasi pembelajaran merupakan kegiatan yang sangat penting dilakukan oleh setiap pendidik selama dan setelah proses pembelajaran selesai dilakukan. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana perkembangan belajar siswa dari waktu ke waktu dan bagaimana hasil belajar yang mereka dapatkan. Evaluasi yang baik adalah evaluasi yang dilakukan dengan berpegang pada prinsip-prinsip evaluasi yang telah ditetapkan. Selain itu, Tes Hasil Belajar (THB) yang telah diujikan perlu dilakukan analisis untuk menentukan kualitasnya. Baik atau tidaknya suatu THB hanya dapat ditentukan dengan cara melakukan analisis terhadapnya. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini bertujuan untuk membantu para guru pemula yang masih duduk dibangku perkuliahan agar dapat melakukan evaluasi pembelajaran yang baik sesuai dengan prinsip-prinsipnya. Adapun hasil kegiatan ini menunjukan para guru antusias mengikuti proses pendampingan karena mereka lansung menganalisis tes hasil belajar siswanya sendiri. Mulai dari mengkonversi skor mentah menjadi nilai terstandar, menganalisis derajat kesukaran item soal obyektif, daya pembeda dan fungsi distraktor dari setiap pilihan yang diberikan.
Downloads
References
Anas Sudijono. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Elis Ratnawulan dan Rusdiana. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
Zainal Arifin, Evaluasi Pembelajaran. (2012). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Leni Fitrianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.