Workshop Pembuatan Media Pembelajaran dan Pengolahan Nilai bagi Guru SMK Nurul Huda Pringsewu

Authors

  • Widiarti Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia
  • Asmiati Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia
  • Dian Kurniasari Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia
  • Notiragayu Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia
  • Warsono Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia
  • Wenty Okzarima Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia
  • Indah Suciati Program Studi Matematika, Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1315

Keywords:

Canva, Microsoft Excel, T Test

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Nurul Huda Pringsewu memiliki empat jurusan, yaitu Asisten Perawat, Farmasi, Multimedia, dan Teknik Kendaraan Ringan dengan jumlah peserta didik sebanyak 205 Siswa dan guru sebanyak 30 orang. Berdasarkan data yang diperoleh hanya sekitar  28% lulusan SMKS Nurul Huda Pringsewu yang melanjutkan pendidikannya ke PT. Dengan demikian diperlukan adanya pembinaan terintegrasi untuk meningkatkan keinginan para siswa melanjutkan pendidikan ke PT.  Pengabdian ini menitik beratkan pada pembinaan komprehensif guru. Pembinaan guru meliputi pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan Canva dan pengolahan nilai menggunakan Microsoft Excel. Kegiatan pengabdian ini mendapat sambutan  dan hasil yang baik dari para guru di SMK Swasta Nurul Huda Pringsewu. Berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan Uji T (T Test) menggunakan R Studio diperoleh bahwa nilai pre-test sebelum dilakukan workshop berbeda sangat signifikan dengan nilai post-test setelah dilakukan workshop.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahar, Ratna Wilis. (1989). Masalah dalam Proses Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hairani, E. (2018). Pembelajaran sepanjang hayat menuju masyarakat berpengetahuan. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(1), 355–377. https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i1. 107

Rosali, E. S., Sadiah, A., Darmawan, D., & Ningsih, M. P. (2023). PELATIHAN PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN GARUT. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 32–37. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.242

Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi dan Perubahan Konsep Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo

Wahyuni, S. (2023). PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS GUNUNG MELETUS PADA TEMA ALAM SEMESTA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 94–100. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i1.274

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Widiarti, W., Asmiati, A., Kurniasari, D., Notiragayu, N., Warsono, W., Okzarima, W., & Suciati, I. (2024). Workshop Pembuatan Media Pembelajaran dan Pengolahan Nilai bagi Guru SMK Nurul Huda Pringsewu. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 452–457. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i6.1315