Peningkatan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Bagi Host Pondok Wisata Sirya Farm Stay di Kabupaten Tabanan
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i4.1294Keywords:
Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Perhotelan, Bahasa Inggris Untuk Tujuan Khusus, Bahasa Lintas Budaya, Host Pondok wisataAbstract
Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini fokus pada peningkatan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris bagi host pondok wisata mengingat karena keterampilan berkomunikasi bahasa asing merupakan bagian tidak terpisahkan dari industri perhotelan. Dengan demikian, diperlukan upaya peningkatan kemampuan berbahasa asing khususnya bagi host pondok wisata yang baru berkembang. Pada umumnya, host pondok wisata telah memiliki kemampuan Bahasa Inggris dasar yang digunakan untuk berinteraksi dengan tamu yang menginap. Namun, host pondok wisata masih minim dalam Bahasa Inggris pada tingkat yang lebih tinggi serta pemahaman komunikasi lintas budayanya. PkM ini dilakukan bagi host pondok wisata Sirya Farm Stay dengan memberikan pendampingan Bahasa Inggris yang bertujuan memberikan ilmu pengetahuan mengenai bahasa asing sekaligus aspek lintas budaya yang melingkupinya. Untuk mencapai tujuan meningkatkan kemampuan komunikasi, maka pelatihan Bahasa Inggris ini menerapkan sembilan modul. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi Bahasa Inggris host pondok wisata Sirya Farm Stay. Peningkatan ini menjadi nilai positif tidak hanya bagi host tetapi nilai yang dirasakan oleh tamu. Adapun saran yang diberikan dengan mengimplementasikan Bahasa Inggris secara konsisten serta menjaga motivasi selama proses pelayanan tamu mancanegara.
Downloads
References
Andi, W. M., Lestari, D., Semara, I. M. T., Parwati, K. S. M., & Wijaya, N. S. (2022). Meningkatkan kompetensi pengelola bumdes pada manajemen bisnis dan manajemen keuangan bumdes “panca artha mandiri” pemerintah desa dangin puri kauh denpasar bali. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 49–56.
Tarnopolsky, O. (2016). Foreign language education: Principles of teaching English to adults at commercial language schools and centers. Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2015.1135771
Yang, H., Cheung, C., & Li, W. (2022). Intercultural Communication Competency Practices in the Hotel Industry. Journal of China Tourism Research, 18(1), 162–184. https://doi.org/10.1080/19388160.2020.1807432
Yasmin, M., Sarkar, M., & Sohail, A. (2016). Exploring English Language Needs in the Hotel Industry in Pakistan: An Evaluation of Existing Teaching Material. Journal of Hospitality and Tourism Education, 28(4), 202–213. https://doi.org/10.1080/10963758.2016.1226846
Yoneoka, J. (2010). English in service encounters among east asian partners: The role of language negotiation and accommodation skills. Asian Englishes, 13(2), 4–21. https://doi.org/10.1080/13488678.2010.10801280
Youngblood, A. M., Nutta, J. W., Dickson, D. R., & Nutta, M. W. (2021). Learning English as a second language in the back-of-the-House: proficiency and employment from the perspective of hotel human resource directors. Journal of Human Resources in Hospitality and Tourism, 20(1), 24–47. https://doi.org/10.1080/15332845.2020.1821426
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gusti Ayu Praminatih, I Wayan Kiki Sanjaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.