Pengembangan Materi Wrap and Drape Pada Elemen Sustainable Fashion
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1249Keywords:
Wrap and Drape, Sustainable, Fashion, PengembanganAbstract
Sekolah menengah Kejuruan Tata Busana akan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Guru-guru memiliki kompetensi yang sudah disetarakan dengan kompetensi di industry dengan jalan magang di industri. Dengan demikian guru-guru dapat memberikan materi sesuai dengan kompetensi yang ada di industri. Namun perkembangan fashion saat in berkembang dengan cepat, sehingga tidak semua materi yang ada di industri bisa diberikan di sekolah. Seperti wrap and drape. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diadakan pelatihan wrap and drape bagi siswa dan guru. Adapun tujuan pelatihan adalah: 1) menambah keterampilan guru dan siswa dalam pembuatan wrap and drape 2) melatihkan pengembangan wrap and drape rok. Metode pelatihan menggunakan pembelajaran langsung. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang. Evaluasi diadakan pada tahap awal, proses dan akhir. Hasil PKM menujukkan materi wrap and drape dapat dimasukkan dalam kurikulum Merdeka pada elemen sustainable fashion. Respon peserta pelatihan sangat baik. Masing-masing indikator pada angket pelatihan memiliki rata-rata sangat baik.
Downloads
References
Amaden Connie. 2005. The Art of Drapin. America: Firchild Publication Calasibeta.
Carlotte. 1975. Fairchild’s Dictionary of Fashion. New York: Fairchild Publication Djomena, Nias.1990.
Charlotte Mankey. 2003. Dictionary of Fashion. New York: Fairchild Publications
Cheng, Y.C. (2005). New Paradigm for Re-engineering Education, Globalization, Localization and Individualization. Netherland: Springer
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008). Roadmap pengembangan SMK 2010-2014. Jakarta: Depdiknas
Dr. Putu Sudira, MP. Makalah Pengembangan Kurikulum SMK Internasional
Elisabetta. 2007. Wrap And Drape Fashion History, Design, & Drawing.Malaysia.
Heider, G. 2016. Process of Curriculum Development in Pakistan. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 5(2).
Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Muntazam: Journal Of Islamic Education Management, 2(01).
Muadz, M. (2023). Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan Pmm Dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sd Di Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 680–702.
Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2)
Yoto. et al. 2013. Partisipasi Masyarakat Industri dalam Penyusunan Sinkronisasi Kurikulum di SMK. Jurnal Teknik Mesin, 21(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.