Pengembangan Materi Wrap and Drape Pada Elemen Sustainable Fashion

Authors

  • Ratna Suhartini Program Studi D4 Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya
  • Yuhri Inang Prihatina Program Studi D4 Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya
  • Irma Russanti Program Studi D4 Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya
  • Urip Wahyuningsih Program Studi D4 Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya
  • Yulistiana Program Studi D4 Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya
  • Indarti Program Studi D4 Tata Busana, Universitas Negeri Surabaya
  • Bima Yatna Naugerah Ramadhani Program Studi Manajemen, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1249

Keywords:

Wrap and Drape, Sustainable, Fashion, Pengembangan

Abstract

Sekolah menengah Kejuruan Tata Busana akan menghasilkan lulusan yang siap kerja. Guru-guru memiliki kompetensi yang sudah disetarakan dengan kompetensi di industry dengan jalan magang di industri. Dengan demikian guru-guru dapat memberikan materi sesuai dengan kompetensi yang ada di industri. Namun perkembangan fashion saat in berkembang dengan cepat, sehingga tidak semua materi yang ada di industri bisa diberikan di sekolah. Seperti wrap and drape. Berdasarkan kondisi tersebut perlu diadakan pelatihan wrap and drape bagi siswa dan guru. Adapun tujuan pelatihan adalah: 1) menambah keterampilan guru dan siswa dalam pembuatan wrap and drape 2) melatihkan pengembangan wrap and drape rok. Metode pelatihan menggunakan pembelajaran langsung. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang. Evaluasi diadakan pada tahap awal, proses dan akhir. Hasil PKM menujukkan materi wrap and drape dapat dimasukkan dalam kurikulum Merdeka pada elemen sustainable fashion. Respon peserta pelatihan sangat baik. Masing-masing indikator pada angket pelatihan memiliki rata-rata sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaden Connie. 2005. The Art of Drapin. America: Firchild Publication Calasibeta.

Carlotte. 1975. Fairchild’s Dictionary of Fashion. New York: Fairchild Publication Djomena, Nias.1990.

Charlotte Mankey. 2003. Dictionary of Fashion. New York: Fairchild Publications

Cheng, Y.C. (2005). New Paradigm for Re-engineering Education, Globalization, Localization and Individualization. Netherland: Springer

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (2008). Roadmap pengembangan SMK 2010-2014. Jakarta: Depdiknas

Dr. Putu Sudira, MP. Makalah Pengembangan Kurikulum SMK Internasional

Elisabetta. 2007. Wrap And Drape Fashion History, Design, & Drawing.Malaysia.

Heider, G. 2016. Process of Curriculum Development in Pakistan. International Journal of New Trends in Arts, Sports & Science Education, 5(2).

Julaeha, S., Muslimin, E., Hadiana, E., & Zaqiah, Q. Y. (2021). Manajemen Inovasi Kurikulum: Karakteristik dan Prosedur Pengembangan Beberapa Inovasi Kurikulum. Muntazam: Journal Of Islamic Education Management, 2(01).

Muadz, M. (2023). Pengembangan Model Optimalisasi Pemanfaatan Pmm Dalam Implementasi Merdeka Belajar Melalui Lokakarya Bagi Satuan Pendidikan Jenjang Sd Di Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(2), 680–702.

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2)

Yoto. et al. 2013. Partisipasi Masyarakat Industri dalam Penyusunan Sinkronisasi Kurikulum di SMK. Jurnal Teknik Mesin, 21(1).

Downloads

Published

2024-03-19

How to Cite

Suhartini, R., Prihatina, Y. I., Russanti, I., Wahyuningsih, U., Yulistiana, Y., Indarti, I., & Ramadhani, B. Y. N. (2024). Pengembangan Materi Wrap and Drape Pada Elemen Sustainable Fashion. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 290–296. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1249