Pemanfaatan SIPLah Dalam Memasarkan Produk Ekonomi Kreatif Bagi Para Pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Podosari

Authors

  • Dwi Herinanto Program Studi Sistem Informasi, Institut Bakti Nusantara
  • Miswan Gumanti Program Studi Sistem Informasi, Institut Bakti Nusantara
  • Bernadhita Herindri Samodera Utami Jurusan Matematika, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1247

Keywords:

SIPLah, Ekonomi Kreatif, UMKM, Pelatihan

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia memperkenalkan SIPLah sebagai sistem informasi yang mengatur seluruh proses pengadaan barang dan jasa untuk sekolah-sekolah di Indonesia. SIPLah menyediakan platform online yang memungkinkan para pimpinan sekolah dan penyedia barang dan jasa berinteraksi secara efektif. Kegiatan sosialisasi pemanfaatan SIPLah yang diinisiasi tim dosen Institut Bakti Nusantara dan Universitas Lampung bertujuan untuk menambah kesadaran para peserta dalam memanfaatkan platform yang disediakan pemerintah untuk mengembangkan bisnisnya. Objek pengabdian ini adalah para wirausahawan berusia 20-40 tahun yang berdomisili di Desa Podosari, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Penerapan aktivitas pelatihan kepada warga dilakukan dengan kombinasi beberapa metode yaitu metode ceramah, demo, dan diskusi. Setelah mengikuti pelatihan, 88% peserta menyatakan tertarik untuk dapat memperluas jaringan pelanggan melalui SIPLah dan 12% menjawab ragu-ragu. Hasil kegiatan pengabdian sukses menarik atensi peserta untuk menggunakan teknologi dalam memasarkan produk UMKM di platform SIPLah yang dibuat Kemendikbudristek. Dampak positif kegiatan pengabdian yaitu dapat menanamkan pola pikir bagi peserta bahwa mendaftar dan tergabung dalam SIPLah dapat memberikan berbagai keuntungan bagi pelaku usaha, termasuk meningkatkan akses pasar, transparansi dalam proses pengadaan, efisiensi operasional, peluang kontrak yang lebih besar, serta dukungan dari pihak Kemendikbudristek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

G. S. Gugun and G. Rahmasari, “Pengalaman Berbelanja Kebutuhan Sekolah Melalui Aplikasi SIPLah Blibli (Studi Kasus PT. Anjani Mahligai Sejahtera),” J. Purnama Berazam, vol. 3, no. 1, pp. 24–30, 2021, [Online]. Available: http://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/398%0Ahttp://www.ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/download/398/288.

H. S. S. Siregar and N. Wening, “Analisis Optimasi Transaksi Digital pada Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) PT. Intan Pariwara,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 4, pp. 306–318, 2022, doi: 10.58192/ebismen.v1i4.169.

J. M. br Hasibuan and L. Nasution, “Pengaruh Kepercayaan dan Resiko terhadap Keputusan Pelanggan Belanja melalui Sistem Informasi Pengadaan di Sekolah (SIPLah) pada Perusahaan CV.Tia Medan Sumatera Utara,” J. Manaj. Akunt., vol. 1, no. 2, pp. 267–276, 2021.

F. Cuandra and Anjela, “Penyusunan Materi Pembelajaran Penggunaan Aplikasi SIPLah pada UMKM,” ConCEPt-Conference Community …, vol. 1, no. 1, pp. 2172–2177, 2021, [Online]. Available: https://journal.uib.ac.id/index.php/concept/article/view/4864.

Darmawan and H. Wardhono, “Implementasi Kebijakan Pembelanjaan Dana BOS Melalui Aplikasi SIPLah dalam Perspektif Smart Governance,” J. Mhs. Soetomo Magister Ilmu Adm., vol. 1, no. 1, pp. 1–26, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/smia/article/view/5742.

B. H. S. Utami, M. Gumanti, and N. A. K. Dewi, “Pelatihan Pemasaran Online Usaha Home Industry Kerajinan Semen Pekon Keputran Kabupaten Pringsewu,” Lumbung Inov. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 10–15, 2021, doi: 10.36312/linov.v6i1.475.

B. H. S. Utami, P. Ponidi, N. A. K. Dewi, and ..., “Pemberdayaan Digital Marketing Pada UMKM Roti di Desa Margodadi,” NEAR J. …, vol. 1, no. 1, pp. 3–7, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/265.

S. C. Pamilia, A. S. Muhammad, and O. Okparizan, “Impelentasi Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Melalui SIPLah di Sekolah Dasar Kecamatan Bukit Bestari Kota Tanjungpinang,” JIANA (J. Ilmu Adm. Negara), vol. 20, no. 1, pp. 1–13, 2022, doi: 10.46730/jiana.v20i1.8014.

N. Kadek, P. Sari, K. Winaya, N. Putu, and A. Prabawati, “Akuntabilitas Sistem E-Procurement Dalam Pengadaan Barang dan Jasa Sekolah Melalui Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) (Studi Kasus: SD Saraswati 5 Denpasar),” Citiz. Chart., vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2022.

H. P. Pane, A. J. Sari, and P. Gultom, “Pengaruh Kepercayaan dan Resiko Terhadap Keputusan Pelanggan Belanja Melalui Sistem Informasi Pengadaan Sekolah (SIPLah) pada Perusahaan CV. Saudara Panetama Labuhanbatu Utara,” Musytari, vol. 1, no. 3, pp. 1–22, 2023.

E. Hariadi, A. Rosyidi, and Mursid, “Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Kewirausahaan Berbasis Website,” Swarna, vol. 3, no. 2, pp. 171–174, 2024.

F. W. Budiarto, “Pegaruh Kesiapan Organisasi, Teknologi Informasi, dan Lingkungan Eksternal Terhadap Adopsi E-Commerce (SIPLah) pada Usaha Penerbit di Kabupaten Bandung,” 2021.

W. Mu’arifuddin, M. L. Famukhit, and D. Rahayu, “Analisis Efektivitas Pengadaan Barang (BOS) Menggunakan Aplikasi SIPLah di SD Negeri 2 Gendaran,” Repos. STKIP PGRI Pacitan, vol. 1, no. 1, pp. 1–6, 2020, [Online]. Available: https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/559/.

Downloads

Published

2024-03-18

How to Cite

Herinanto, D., Gumanti, M., & Utami, B. H. S. (2024). Pemanfaatan SIPLah Dalam Memasarkan Produk Ekonomi Kreatif Bagi Para Pengusaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Desa Podosari. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 280–289. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1247