Penguatan SDM Dalam Kompetensi E-Marketing Untuk Pengembangan UMKM Jelajah Nusantara (Explore Store Project)

Authors

  • Mira Veranita Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • R Oke Andikarya Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Wahyuddin Bagenda Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Regina Nurfitriyani Anissa Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Rajuman Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Ropa Mustopa Nurrahman Magister Manajemen, Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1233

Keywords:

Penguatan SDM, Kompetensi, E-Marketing, UMKM, Digitalisasi

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dari UMKM Jelajah Nusantara (Explore Store Project) sehingga memiliki kompetensi, motivasi dan energi positif yang terampil dan memiliki kompetensi E-Marketing sehingga menjadi UMKM yang bertahan dan terus tumbuh dalam pasar yang mengglobal ini. Kegiatan ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu Tahap Perencanaan, Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi dengan melibatkan 21 orang karyawan sebagai peserta, 3 orang Dosen sebagai Mentor dan 3 orang mahasiswa sebagai Fasilitator. Pelatihan Utama mengenai manajemen SDM dan Kompetensi E-Marketing dilakukan selama dua hari, hasilnya sangat baik dan berdampak positif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balance : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.

Gunardi, G., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Fashion di Kota Bandung. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 61–68.

Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. E – Jurnal Riset Manajemen, 9(3), 167–184.

Ilyas, R., & Hartono, R. (2023). Digitalisasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Digitalisasi UMKM dan Pertumbuh Ekonomi.

Jatmiko, I. W., Irwansyah, F., Raytasyah, Z. I., Husein, M. A., & Wikartika, I. (2022). Pendampingan Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Mengembangkan UMKM Wong Hayyu Craft di Kelurahan Kauman Blitar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(2), 443–450.

Juwita, A. H., Bintariningtyas, S., Nurrahmawati, A., Perwitasari, D., & Ma’arif, M. (2023). Branding dan Pemasaran Online Pada Usaha Telur Asin di Desa Donoharjo Kecamatan Nganglik Kabupaten Sleman Yogyakarta. SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 918–924.

Lampung, U. B. (2023). Penerapan Digital Marketing Di Era Revolusi Industri 4 . 0. 2(2).

Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., & Swastika, A. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel , Boyolali. 5(1), 65–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22008

Puspita, V. A., Veranita, M., & Gunardi, G. (2020). Perbaikan Tata Kelola Bisnis UMKM Kerupuk Kulit Singkong Menuju Ketahanan BUMDES Jagabaya. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).

Rusminingsih, D. (2020). Jurnal Ekonomi MODERNISASI. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 6(1), 22–40.

Sagita, G. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi. 1(3), 24–31.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). digital Marketing DALAM Pengembangan Usaha Mikro, Kecil DAN Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207

Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. COOPETITION : Jurnal Ilmiah Manajemen, XIII(1), 89–96.

Veranita, M., Yusuf, R., Gunardi, G., & H, Y. R. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing. JURPIKAT, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 388–401.

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Veranita, M., Andikarya, R. O., Bagenda, W., Anissa, R. N., Rajuman, R., & Nurrahman, R. M. (2024). Penguatan SDM Dalam Kompetensi E-Marketing Untuk Pengembangan UMKM Jelajah Nusantara (Explore Store Project). SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 272–279. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1233