Penguatan SDM Dalam Kompetensi E-Marketing Untuk Pengembangan UMKM Jelajah Nusantara (Explore Store Project)
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1233Keywords:
Penguatan SDM, Kompetensi, E-Marketing, UMKM, DigitalisasiAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia dari UMKM Jelajah Nusantara (Explore Store Project) sehingga memiliki kompetensi, motivasi dan energi positif yang terampil dan memiliki kompetensi E-Marketing sehingga menjadi UMKM yang bertahan dan terus tumbuh dalam pasar yang mengglobal ini. Kegiatan ini dilakukan melalui empat tahap, yaitu Tahap Perencanaan, Persiapan, Pelaksanaan dan Evaluasi dengan melibatkan 21 orang karyawan sebagai peserta, 3 orang Dosen sebagai Mentor dan 3 orang mahasiswa sebagai Fasilitator. Pelatihan Utama mengenai manajemen SDM dan Kompetensi E-Marketing dilakukan selama dua hari, hasilnya sangat baik dan berdampak positif.
Downloads
References
Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Dampak Covid-19. Balance : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14.
Gunardi, G., Rahayu, A., & Wibowo, L. A. (2020). Analisa Strategi Pemasaran Online Terhadap Kinerja Keuangan UMKM Fashion di Kota Bandung. Fair Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 61–68.
Hartono, R., Arifin, R., & Hufron, M. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Sosial Media (Instagram) dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. E – Jurnal Riset Manajemen, 9(3), 167–184.
Ilyas, R., & Hartono, R. (2023). Digitalisasi UMKM dan Pertumbuhan Ekonomi Digitalisasi UMKM dan Pertumbuh Ekonomi.
Jatmiko, I. W., Irwansyah, F., Raytasyah, Z. I., Husein, M. A., & Wikartika, I. (2022). Pendampingan Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Mengembangkan UMKM Wong Hayyu Craft di Kelurahan Kauman Blitar. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 5(2), 443–450.
Juwita, A. H., Bintariningtyas, S., Nurrahmawati, A., Perwitasari, D., & Ma’arif, M. (2023). Branding dan Pemasaran Online Pada Usaha Telur Asin di Desa Donoharjo Kecamatan Nganglik Kabupaten Sleman Yogyakarta. SWARNA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 918–924.
Lampung, U. B. (2023). Penerapan Digital Marketing Di Era Revolusi Industri 4 . 0. 2(2).
Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., & Swastika, A. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel , Boyolali. 5(1), 65–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22008
Puspita, V. A., Veranita, M., & Gunardi, G. (2020). Perbaikan Tata Kelola Bisnis UMKM Kerupuk Kulit Singkong Menuju Ketahanan BUMDES Jagabaya. Wikrama Parahita : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1).
Rusminingsih, D. (2020). Jurnal Ekonomi MODERNISASI. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 6(1), 22–40.
Sagita, G. (2022). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi. 1(3), 24–31.
Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. ADAARA : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952–962.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). digital Marketing DALAM Pengembangan Usaha Mikro, Kecil DAN Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207
Veranita, M., Almamalik, L., & Ikhsan, S. (2022). Pemanfaatan Pemasaran Melalui Media Sosial oleh UMKM Di Era Pandemi. COOPETITION : Jurnal Ilmiah Manajemen, XIII(1), 89–96.
Veranita, M., Yusuf, R., Gunardi, G., & H, Y. R. (2023). Pemberdayaan Pelaku UMKM Perempuan Dalam Upaya Peningkatan Ketahanan Ekonomi Melalui Pelatihan Digital Marketing. JURPIKAT, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 388–401.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.