Pelatihan Penerapan Green Economy Bagi Pelaku UMKM Binaan Rumah Kreatif Sleman Yogyakarta

Authors

  • Diansari Solihah Amini Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta
  • Tanti Nurgiyanti Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta
  • Harits Dwi Wiratma Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta
  • Yeyen Subandi Program Studi Hubungan Internasional, Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1124

Keywords:

Green Economy, Pelaku Usaha, UMKM, Rumah Kreatif Sleman

Abstract

Green economy atau ekonomi hijau merupakan model pembangunan ekonomi yang mengedepankan kelestarian lingkungan. Model ekonomi ini ditujukan bagi keberlanjutan lingkungan. Ekonomi hijau juga menjadi kebijakan negara untuk membantu mendorong pelaku UMKM di seluruh Indonesia agar tetap dapat produktif tanpa menimbulkan masalah lingkungan akibat sampah limbah ataupun alat produksi serta pengelolaan yang kurang berpihak pada kelestarian lingkungan. Demikian juga halnya dengan pelaku UMKM di bawah binaan Rumah Kreatif Sleman. Hal tersebut membuka peluang bagi akademisi untuk dapat melakukan pendampingan terhadap pelaku UMKM di Sleman agar mampu mengukur tahapan ekonomi hijau yang sudah dicapai atau diperoleh oleh masing-masing pelaku UMKM, dengan harapan pelaku UMKM dapat memaksimalkan penerapan ekonomi hijau sebaik mungkin sehingga berdampak pada keuntungan secara ekonomi sejalan dengan kelestarian lingkungan. Metode yang digunakan yaitu melalui pemaparan materi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini bermanfaat bagi pelaku UMKM yang memperoleh wawasan mendalam terkait penerapan green economy pada lingkup usahanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

https://indonesia.go.id/kategori/ekonomi/3973/strategi-ekonomi-hijau-indonesia

https://www.indonesia.go.id/g20/kategori/kabar-terkini-g20/4346/presidensi-g20-momentum-hasilkan-pedoman-green-economy-untuk-umkm?lang=1

Bank Indonesia. 2022. Kajian Model Bisnis Pengembangan UMKM Hijau. Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen Bank Indonesia.

Mamengko, Rullyana. 2022. Escalating UMKM Binaan Rumah Kreatif Sleman melalui Strategi Pemasaran dan Media Digital. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1 No 2 Maret 2022.

Downloads

Published

2024-03-05

How to Cite

Amini, D. S., Nurgiyanti, T., Wiratma, H. D., & Subandi, Y. (2024). Pelatihan Penerapan Green Economy Bagi Pelaku UMKM Binaan Rumah Kreatif Sleman Yogyakarta. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 257–263. https://doi.org/10.55681/swarna.v3i3.1124