OPTIMALISASI PENGGUNAAN MICROSOFT WORD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU-GURU BAHASA INGGRIS SE-KOTA JAMBI DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1013Keywords:
Microsoft Word, Perangkat Pembelajaran, Toolbars, WorkshopAbstract
Seorang guru tugas dan tanggung jawabnya bukan hanya mengajar, namun juga harus mampu menggunakan Information and Communications Technology (ICT) yang sangat bermanfaat untuk mendukung proses pembelajaran. Dengan menguasai ICT, guru akan mudah mempersiapkan berbagai perangkat pembelajaran. Salah satu aplikasi yang paling sering di pakai adalah Microsoft word. Akan tetapi, masih banyak guru-guru yang masih belum tau bagaimana penggunaan Microsoft word ini secara maksimal. Hal ini menggugah Tim Pengabdian untuk melakukan workshop kepada guru-guru khususnya para guru Bahasa Inggris yang ada di Kota Jambi agar mereka bisa meningkatkan keterampilan menulis yang berfokus pada teknis penggunaan toolbars yang ada dalam Microsoft word yang sangat bermanfaat bagi mereka dalam menyusun administrasi pembelajaran. Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari dalam bentuk workshop dengan jumlah peserta sebanyak 71 orang yang terdiri dari 36 orang guru SMA dan 35 orang guru SMP se Kota Jambi. Berdasarkan hasil refleksi yang ditulis oleh para peserta, umumnya mereka mengakui akan keterbatasan pengetahuannya dalam menggunakan fitur-fitur yang ada dalam Ms.Word. Dengan dilaksanakannya workshop ini mereka menyatakan banyak sekali kebermanfaatan dalam mengikuti kegiatan ini karena akhirnya mereka tahu bagaimana mengoptimalkan penggunaan Ms.Word dalam menyusun perangkat pembelajaran.
Downloads
References
Arif A dan Masdalifa R. (2020). Pelatihan Modul Pembelajaran Menggunakan Ms.Word bagi Guru SMP dan SMA di Pulau Pinang Lahat. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, Vol. 3 No.2, 41-51. Diambil dari http://ejournal.lppmsttpagaralam.ac.id/index.php/ngabdimas/article/view/270/216
Ceha, R., Prasetyaningsih, E., Bachtiar, I, dan Nana, A., (2016). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Kegiatan Pembelajaran. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4 No. 1. Diambil dari https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/ethos/article/view/1693
Suryani, Syam, A., & Nurdiansah (2022)., PKM Pelatihan dan Pendampingan Implementasi TIK dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Guru SD Negeri Bulurokeng. Jurnal SOLMA, Vol. 11 No. 3., PP. 515-521. Diambil dari https://www.researchgate.net/deref/https%3A%2F%2Fjournal.uhamka.ac.id%2Findex.php%2Fsolma?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19
Syifa Nurul Haq, F., & Asmar, K. (2022). Pelatihan Penggunaan Microsoft Word dalam Membuat Media Pembelajaran. Jurnal Masyarakat Siber (JMS), 1(1), 27–32. Diambil dari https://jurnal.unsia.ac.id/index.php/jms/article/view/46
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.