PENGENALAN NEGARA-NEGARA KEPADA SISWA (KELAS 4 SD-SMP) DI RUMAH BACA “NGUDI KAWRUH” DUSUN ONGGOPATRAN BANTUL

Authors

  • Viola Marsela Agustin Universitas Respati Yogyakarta
  • Yeyen Subandi Universitas Respati Yogyakarta
  • Diansari Solihah Amini Universitas Respati Yogyakarta
  • Tanti Nurgiyanti Universitas Respati Yogyakarta
  • Bagus Subekti Nuswantoro Universitas Respati Yogyakarta
  • Harits Dwi Wiratma Universitas Respati Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1010

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Rumah Baca, Negara, SD, SMP

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilakukan untuk menumbuhkan minat membaca dan belajar dengan kegiatan “Pengenalan Negara-Negara Kepada Siswa (Kelas 4 SD-SMP) di Rumah Baca “Ngudi Kawruh” Dusun Onggopatran”. Pengabdian yang sudah dilaksanakan fokus dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang dilatarbelakangi oleh minimnya pengetahuan siswa rumah baca “Ngudi Kawruh” di Onggopatran terhadap Negara-negara di dunia. Metode yang digunakan adalah metode observasi dan turun lapangan dengan menggunakan kajian pustaka dari jurnal dan website resmi. Hasil dari pengabdian yang sudah dilakukan menunjukkan dengan bertambahnya pengetahuan siswa di rumah baca serta meningkatkan minat siswa untuk belajar mengenai Negara-negara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, Viola Marsela. 2022. “Pengenalan Negara-negara kepada Siswa (Kelas 4 SD-SMP) di Rumah Baca “Ngudi Kawruh” Dusun Onggoparan”. Hasil Wawancara Pribadi: 21 Juni 2022. Rumah Kepala Dukuh Onggopatran (Narasumber: Ibu Heni Nur Widiastuti).

Dr. Mochammad Mu’izzuddin, M.Pd, M.M. Dr. Hunainah, and M.A Dr. Sulaiman Jazuli. Peningkatan Kualitas SUMBER DAYA MANUSIA. Media Edukasi Indonesia, 2020. http://repository.uinbanten.ac.id/5861/1/Buku Peningkatan kualitas SDM pada Generasi Muda Desa Pesisir pantai Carita.pdf.

Sitorus, Destri Sambara. Peningkatan_Kualitas_Sdm_Melalui_Pendidi. Universitas Sebelas Maret, 2017. https://www.academia.edu/34942033/PENINGKATAN_KUALITAS_SDM_MELALUI_PENDIDIKAN.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Agustin, V. M., Subandi, Y., Amini, D. S., Nurgiyanti, T., Nuswantoro, B. S., & Wiratma, H. D. (2023). PENGENALAN NEGARA-NEGARA KEPADA SISWA (KELAS 4 SD-SMP) DI RUMAH BACA “NGUDI KAWRUH” DUSUN ONGGOPATRAN BANTUL. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 1156–1160. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1010