PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, LABELLING, DAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL BAGI KAUM WANITA JEMAAT GMIT BETEL OESAPA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1004Keywords:
Digital, Kuliner, Labelling, Kaum WanitaAbstract
Usaha kuliner adalah usaha yang sangat membutuhkan inovasi dari segala sisi baik dari jenis, packaging, produksi, dan pemasaran. Salah satu usaha kuliner yang sedang digalakkan yaitu oleh kaum wanita GMIT Jemaat Betel Oesapa dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian para kaum wanita GMIT (mitra). Mitra belum dibekali dengan manajemen usaha yang baik dalam menjalankan usahanya, belum ada label dari produk jualan, dan penjualan masih dilakukan sebatas di halaman gereja saat kebaktian minggu berlangsung. Melalui kegiatan PKM, mitra dilatih mengenai manajemen usaha, pembuatan label produk, dan pelatihan pemasaran secara digital melalui akun sosial media (Facebook dan Instagram). Setelah selesai pelatihan, mitra terus didampingi, dimonitoring, dan dievaluasi oleh tim PKM.
Downloads
References
Astuti, W., Supanto, F., & Supriadi, B. (2019). Entrepreneurial Skills and SME’s Business Performance: Empirical Study Culinary Business. Journal of Economics and Sustainable Development, 10(22), 160–166. https://doi.org/10.7176/jesd/10-22-17
Dharmawan, N. K. S., Kasih, D. P. D., Dewi, A. A. A. A., Kurniawan, I. G. A., Pranajaya, M. D., Resen, G. M. S. K., & Sutrisni, N. K. E. (2019). Protecting balinese culinary innovation through patent law. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(10), 116–126.
Garnasih, R. L., & Suryatiningsih, D. (2019). GATR Journal of Business and Economics Review. GATR Journal of Business and Economics Review, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.35609/jber.2019.4.3
Hasan, M., Musa, C. I., Arismunandar, Azis, M., & Tahir, T. (2020). Positive psychological capital, market orientation, and business performance of family business in the culinary sector: A research study. Economics and Sociology, 13(3), 97–112. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2020/13-3/7
Kurniawan, A., & Yun, Y. (2018). Relationship Between Business Competence And Business Survival Of Culinary Business In Bandung. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 34(1), 147–157. https://doi.org/10.29313/mimbar.v34i1.3255
Purbaningrum, C. W. D. (2020). Inovasi Sebagai Kunci Industri Kreatif Subsektor Kuliner Mendukung Pendapatan Daerah. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 5(2), 1–7.
Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5281
Yuliana, Y., & Kristiana, V. (2021). Ilomata International Journal of Management (IJJM) Ilomata International Journal of Management ( IJJM ). 2(1), 51–55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.