PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, LABELLING, DAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL BAGI KAUM WANITA JEMAAT GMIT BETEL OESAPA TENGAH

Authors

  • Arista Marlince Tamonob Universitas Nusa Cendana
  • Herry Aprilia Manubulu Universitas Kristen Artha Wacana

DOI:

https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1004

Keywords:

Digital, Kuliner, Labelling, Kaum Wanita

Abstract

Usaha kuliner adalah usaha yang sangat membutuhkan inovasi dari segala sisi baik dari jenis, packaging, produksi, dan pemasaran. Salah satu usaha kuliner yang sedang digalakkan yaitu oleh kaum wanita GMIT Jemaat Betel Oesapa dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian para kaum wanita GMIT (mitra). Mitra belum dibekali dengan manajemen usaha yang baik dalam menjalankan usahanya, belum ada label dari produk jualan, dan penjualan masih dilakukan sebatas di halaman gereja saat kebaktian minggu berlangsung. Melalui kegiatan PKM, mitra dilatih mengenai manajemen usaha, pembuatan label produk, dan pelatihan pemasaran secara digital melalui akun sosial media (Facebook dan Instagram). Setelah selesai pelatihan, mitra terus didampingi, dimonitoring, dan dievaluasi oleh tim PKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, W., Supanto, F., & Supriadi, B. (2019). Entrepreneurial Skills and SME’s Business Performance: Empirical Study Culinary Business. Journal of Economics and Sustainable Development, 10(22), 160–166. https://doi.org/10.7176/jesd/10-22-17

Dharmawan, N. K. S., Kasih, D. P. D., Dewi, A. A. A. A., Kurniawan, I. G. A., Pranajaya, M. D., Resen, G. M. S. K., & Sutrisni, N. K. E. (2019). Protecting balinese culinary innovation through patent law. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 9(10), 116–126.

Garnasih, R. L., & Suryatiningsih, D. (2019). GATR Journal of Business and Economics Review. GATR Journal of Business and Economics Review, 4(3), 1–9. https://doi.org/10.35609/jber.2019.4.3

Hasan, M., Musa, C. I., Arismunandar, Azis, M., & Tahir, T. (2020). Positive psychological capital, market orientation, and business performance of family business in the culinary sector: A research study. Economics and Sociology, 13(3), 97–112. https://doi.org/10.14254/2071-789X.2020/13-3/7

Kurniawan, A., & Yun, Y. (2018). Relationship Between Business Competence And Business Survival Of Culinary Business In Bandung. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 34(1), 147–157. https://doi.org/10.29313/mimbar.v34i1.3255

Purbaningrum, C. W. D. (2020). Inovasi Sebagai Kunci Industri Kreatif Subsektor Kuliner Mendukung Pendapatan Daerah. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik, 5(2), 1–7.

Sari, N. (2018). Pengembangan Ekonomi Kreatif Bidang Kuliner Khas Daerah Jambi. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 2(1), 51–60. https://doi.org/10.22437/jssh.v2i1.5281

Yuliana, Y., & Kristiana, V. (2021). Ilomata International Journal of Management (IJJM) Ilomata International Journal of Management ( IJJM ). 2(1), 51–55.

Downloads

Published

2023-11-22

How to Cite

Tamonob, A. M., & Manubulu, H. A. (2023). PELATIHAN MANAJEMEN USAHA, LABELLING, DAN PEMASARAN PRODUK SECARA DIGITAL BAGI KAUM WANITA JEMAAT GMIT BETEL OESAPA TENGAH. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 1152–1155. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i11.1004