ANALISIS BAURAN PROMOSI PADA OBJEK WISATA KEBUN JAMBU DESA REJOAGUNG

Authors

  • Olivia Febrianti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Tutut Suryaningsih Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.984

Keywords:

Bauran Promosi, Kunjungan Wisata, Objek Wisata Buatan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bauran promosi yang di lakukan objek wisata kebun jambu di Desa Rejoagung. Factor yang menjadi penentu dalam melakukan sebuah bauran promosi yaitu Periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, pemasaran langsung. Penelitian megunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Berdasarkan hasilanalisisn Bauran yang telah diterapkan pihak pengelola kebun jambu melakukan dengan cara getok tular, uploat di istagram, event, dan penyewaan tempat wisata. promosi penjualan pengelola dilakukan secara langsung di tempat wisata produk yang di prompsikan berupa buah dan bibit buah jambu.  Hubungan masyarakat  sekitar  tempat wisata dengan menyebar luaskan informasi wisata, keikut sertaan masyarakat dalam menanam pohon jambu. penjualan personal atau ineraksi dapat dilakukan melalui pesan di istagram atau langsung datang kelokasi tempat wisata, melalu nomer wa dari pengelola, tempat wisata dapat langsung diakses melalui google maps, pemasaran langsung atau direct marketing melakukan  cara melalui hendpon dengan melalui media wa dan istagram, dan melalui acara atau event yang diselenggarakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfani, M. R., & Yanuar, D. (2019). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 4, Nomor 4, November 2019 www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fisip Unsyiah, 4(4), 1–15. 61-80.

Arbainah,Lamsah,Dwi Wahyu Artiningsih (2020). ANALISIS BAURAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PADA WISMA INTAN SYARIAH KOTA MARTAPURA Arbainah1,Lamsah2,Dwi Wahyu Artiningsih3. 1–8.

Areks, Erna Nadjib, M., & Cangara, S. (2015). Pengaruh penggunaan bauran promosi terhadap tingkat kunjungan wisatawan pada objek wisata alam di kabupaten pangkajene dan kepulauan. 4(4), 360–373.

Avinda, C. B., Sudiarta, I. N., & Unud, F. P. (2016). STRATEGI PROMOSI BANYUWANGI SEBAGAI DESTINASI WISATA ( STUDI KASUS PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA ). 4(1), 55–60.

Bungin, H. M. B. (2010). Penelitian Kualitatif. kencana prenanda media group.

Indriastuty, N. (2020). Pengaruh bauran promosi terhadap minat pengunjung Wisata budaya pesta adat Erau. Jurnal Manajemen Komunikasi, 4(2), 61. https://doi.org/10.24198/jmk.v4i2.23264

Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). STRATEGI PROMOSI OBJEK WISATA ALAM , ( Studi Kasus di Pulau Rote NTT ). Jurnal Bisnis, 4(1).

Matthew B. Milies, A. Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative data alysis methods sourcebook. sage asia-pasifikpte.ltd.

Moleong, L. J. (2010). metodelogi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakara.

Satria, E. (2018). Analisa Strategi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Kerinci Edia Satria STIE Sakti Alam Kerinci. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 53–63.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, B., & Puji Astutik. (2020). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Kembali Di Obyek Wisata Edukasi Manyung. Jurnal Riset Bisnis Dan Ekonomi, xx(x), 46–56.

Tengku Putri Lindung Bulan, & M. L. A. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Minat Berkunjung Kembali di Objek Wisata Ruang Terbuka Hijau Taman Hutan Kota Langsa. 8(3), 313–325.

Vivi Rachmawati, Selmi Dedi, & R. A. S. 2019. (2019). Abstrak. PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NIAT BERKUNJUNG (STUDI KASUS: PANTAI PASIR PUTIH KABUPATEN MANOKWARI), 01, 219–248.

Wardah, Z., & Et.al. (2016). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei Pada Pengunjung Taman Safari II Prigen Pasuruan). Administrasi Bisnis (JAB), 40(1), 23–30.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Febrianti, O., & Suryaningsih, T. (2023). ANALISIS BAURAN PROMOSI PADA OBJEK WISATA KEBUN JAMBU DESA REJOAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3476–3482. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.984