LITERATURE REVIEW: PENGARUH KOMPETENSI, PROFESIONALISME AUDITOR, DAN INTEGRITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL

Authors

  • Salsadilla Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Cris Kuntadi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rachmat Pramukty Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.599

Keywords:

Integritas, Kompetensi, Kualitas Audit, Profesionalisme Auditor

Abstract

Riset terdahulu sangat penting dalam suatu riset atau artikel ilmiah. Riset yang relevan berfungsi untuk memperkuat teori dan fenomena hubungan atau pengaruh antar variable. Artikel ini mereview. Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Audit Internal, yaitu: Kompetensi, Profesionalisme Auditor dan Integritas. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara Kompetensi, Profesionalisme Auditor dan Integritas terhadap Kualitas Audit Internal. Hasil artikel literature review ini adalah:  1) Kompetensi berpengaruh terhadap Kualitas Audit Internal; 2) Profesionalisme Auditor berpengaruh terhadap Kualitas Audit Internal; dan 3) Integritas berpengaruh terhadap Kualitas Audit Internal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alecya dan Pangaribuan.2022.”Pengaruh Integritas Auditor, Risiko Audit dan Audit Tenure Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen Vol 5, Nomor 2 (halaman 43-52). Jakarta: Universitas Advent Indonesia.

Anam. Tenggara dan Sari. 2021.”Pengaruh Independensi, Integritas, Pengalaman, dan Objektifitas Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Forum Ekonomi Vol 23, Nomor 1 (halaman 96-101). Balikpapan: Universitas Balikpapan.

Cahyani. Sunarsih dan Munidewi.2022.”Pengaruh Kompetensi, Objektivitas, Integritas, Time Budget Pressure dan Audit Fee Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Kharisma Vol 4, Nomor 3. Denpasar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mahasaraswati.

Digita, Aan. 2020.”Pengaruh Profesionalisme, Pengalaman dan Pengetahuan Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalm Jurnal Ekonomika Vol 11, Nomor 1. Kalimantan Utara: Universitas Borneo Tarakan.

Gamis dan Fatimah.2022.”Pengaruh Pengalaman Auditor dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Riset Akuntansi dan Perbankan Vol 16, Nomor 2.Bandung: Program Studi S1 Akuntansi STIE Ekuitas.

Karismanda. Rachmawati dan Astuti. 2020.”Pengaruh Integritas, Objektivitas, Kompetensi, Perilaku Profesional dan Kerahasiaan Terhadap Kualitas Audit Dengan Independensi Sebagai Variabel Moderasi” dalam Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 1, Nomor 2. Jember: Mahasiswa STIE Mandala Jember.

Kusuma, Gumulya.2021.”Pengaruh Integritas, Profesionalisme, dan Beban Kerja Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Kompetitif Vol 10, Nomor 1(halaman 15-22). Sumatera Selatan : Universitas Muhammadiyah.

Maulana, Dikdik.2020.”Pengaruh Kompetensi, Etika dan Integritas Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Ilmiah Indonesia Vol 5, Nomor 1. Bandung: Universitas Widyatama Bandung.

Natalina. Adnantara dan Mulya.2022.”Pengaruh Kompetensi, Independensi, Profesionalisme Auditor, Pengalaman Kerja, Perilaku Difungsional dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Audit” dalam Journal Research of Accounting Vol 3, Nomor 2. Bali: Universitas Tritama Mulya.

Pratiwi. Suryandari dan Susandya.2020.”Pengaruh Profesionalisme, Independensi, Kompetensi Auditor Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Kharisma Vol 2, Nomor 1.Denpasar: Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Sangadah, Lailatus.2022.”Pengaruh Akuntabilitas Auditor, Independensi Auditor, dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Owner Riset & Jurnal Akuntansi Vol 6, Nomor 2. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Santoso. Riharjo dan Kurnia.2020.”Independensi, Integritas, Serta Kompetensi Audit dengan Skeptisme Profesional Sebagai Variabel Pemoderasi” dalam Journal of Accounting Science Vol 4. Surabaya: STIESIA.

Sihombing dan Triyanto.2019.”Pengaruh Indepedensi, Objektivitas, Pengetahuan, Pengalaman Kerja, Integritas Terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Akuntansi Vol 9, Nomor 2. Bandung: Universitas Telkom.

Tawakkal, Ujianti. 2019.”Pengaruh Independensi, Integritas, Target Waktu dan Skeptisme Profesional Auditor Terhadap Kualitas Audit: dalam Jurnal Ilmu Ekonomi Vol 2, Nomor 2. Makasar: STIE Wira Bhakti.

Widiya dan Syofyan.2020.”Pengaruh Kompetensi, Independensi, dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat” dalam Jurnal Eksplorasi Akuntansi Vol 2, Nomor 4. Padang: Universitas Negeri Padang

Yulianis. Sari dan Syahrul. 2023.”Pengaruh Independensi, Kompetensi dan Profesionalisme Auditor terhadap Kualitas Audit” dalam Jurnal Ensiklopedia of Journal Vol 5, Nomor 3.Sumatera Barat: Fakultas Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Salsadilla, S., Kuntadi, C., & Pramukty, R. (2023). LITERATURE REVIEW: PENGARUH KOMPETENSI, PROFESIONALISME AUDITOR, DAN INTEGRITAS TERHADAP KUALITAS AUDIT INTERNAL. JURNAL ECONOMINA, 2(6), 1295–1305. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.599