PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND SKINTIFIC DI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Nabillah Deriefca Rahmawati Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Widi Winarso Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Haryudi Anas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897

Keywords:

Electronic Word of Mouth, Flash Sale, Keputusan Pembelian, Live Shopping

Abstract

Penelitian ini digunakan untuk mengukur pengaruh flash sale, live shopping, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian pada brand Skintific di Shopee. Penelitian ini merupakan kuantitatif objek yang digunakan mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 95 responden. Pengolahan data serta pengujian hipotesis menggunakan Software SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Flash Sale (X1) secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Live Shopping (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Electronic Word of Mouth (X3) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji simultan menunjukkan bahwa Flash Sale (X1), Live Shopping (X2), dan Electronic Word of Mouth (X3) secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado the Effect of Brand Image and Electronic Word of Mouth on Interest To Buy Oriflame Consumers in Manado. Riset Ekonomi, 7(1), 131–140.

Agus Dharmanto, & Indiastari Desty Rositasari. (2022). Implementasi Strategi Promosi Dan Digital Marketing Melalui Instagram Dalam Keputusan Pembelian Produk Sepatu Olahraga Saat Pandemi Covid 19 Di Ifootball Store Kota Bekasi. Konferensi Inovasi Ekonomi dan Bisnis (CEBI) , 2 (1), 2119–2132. Diambil dari https://jurnal.widyagama.ac.id/index.php/cebi/article/view/63

Anggitasari, S. R., Hurriyati, R., & Wibowo, L. A. (2017). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Pengetahuan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 8(1), 6. https://doi.org/10.17509/jimb.v8i1.12655

Anwar, S. M., & Hasbi, A. R. (2023). Enrichment : Journal of Management The effect of viral marketing , promotions and flash sales on the purchase intention online shopping z generation in marketplace tiktok shop. 12(6).

Ayu Safika Dewi, Titik Inayati, & Mohamad Johan Efendi. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(3), 202–209. https://doi.org/10.55826/tmit.v1iiii.50

Bungin, B. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF (Edisi Dua). Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Devica, S. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47–56. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276

Dharmanto, A., Setyawati, NW, & PG, DSW (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Fasilitas Pelayanan Publik pada Pengguna Trans Jakarta. Jurnal Inovasi Penelitian , 2 (11), 3579-3590.

Dirnaeni, D., Ardiansyah, I., & Indira, C. K. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Fitur Shopee Live. 16(April), 46–52.

I Gusti, N. S. W., Ni Wayan, C. A. P., Ni Nyoman, M., & I Gede, D. Y. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom), Persepsi Risiko, Kepercayaan Pelanggan, Dan Keputusan Pembelian E-Commerce Tokopedia. E-Jurnal Manajemen, 11(1), 107–115.

Iman Prayoga, & M. Rachman Mulyandi. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Fore Coffee. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 136–140. https://doi.org/10.46799/jst.v1i5.60

Iswantoro Afiful Hudha. (2021). Keterjangkauan Teknologi Informasi Dalam Live Streaming Shopping Untuk Menciptakan Minat Pembelian Pada E-Commerce Shopee. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/98365%0Ahttp://eprints.ums.ac.id/98365/16/np iswantoro %28Mnj%29 r.pdf

Mindiasari, I. I., Priharsari, D., & Purnomo, W. (2023). Eksplorasi Pengaruh Live Shopping terhadap Minat Beli Konsumen dalam Berbelanja Online dengan Metode Systematic Literature Review. 7(3), 1039–1042.

Nighel Syafna, & Osa Omar Sharif. (2022). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif E-Commerce Shopee Di Jawa Barat The Effect Of Flash Sale On Impulse Purchase Of Shopee E-Commerce In West Java. 9(3), 1335–1344.

Priharsari, D., & Purnomo, W. (2022). Analisis Pengaruh Brand Awareness dan Perceived Value terhadap Purchase Intention pada Live Shopping. 6(12), 5660–5667.

Purwaningdyah, S. W. S. (2019). Pengaruh electronic word of mouth dan food quality terhadap keputusan pembelian. Jurnal Manajemen Maranatha, 19(1), 73–80. https://doi.org/10.28932/jmm.v19i1.1849

Putri, N. A. R., & Iriani, S. S. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391

Silaban, E. (2019). Pengaruh Electronic Word of Mouth Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di shopee.co.id. Skripsi Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya Bandar Lampung, 65. Retrieved from http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/1810

Sindunata, I. (2018). Pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian di agoda.com. Hospitality Dan Manajemen Jasa, 6(1), 128–138.

Winarso, W., Sinaga, J., Syarief, F., Untari, D. T., Supardi, & Mulyadi. (2023). The Impact Of Social Media And Innovation Strategy On The Marketing Performance Of Small And Medium Sized Enterprises (Smes) In Bekasi City, Indonesia. International Journal Of Professional Business Review, 8(5). Https://Doi.Org/10.26668/Businessreview/2023.V8i5.1688

Winarso, W., Supardi, S., Azizah, A., Kuswantinah, K., Su’aidy, S., & Untari, D. T. (2022). Optimization of The Ahp Method in Determining the Location of Tourist Destinations on the Island of Java, Indonesia. International Journal of Professional Business Review, 7(3). Https://Doi.Org/10.26668/Businessreview/2022.V7i3.440

Woelandari PG, D. S., & Setyawati, N. W. (2020). Menciptakan Peluang Usaha dengan Melihat Potensi Wilayah Melalui Program Kewirausahaan di Kelurahan Jati Luhur Kecamatan Jati Asih Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan (JPMIT), 2(1). https://doi.org/10.33772/jpmit.v2i1.12154

Zakiyyah, A. M. (2018). Pengaruh Flash Sale Terhadap Pembelian Impulsif Online Pada Toko Online “Pulchragallery.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 4(1), 63–70. https://doi.org/10.32528/jmbi.v4i1.1716

Downloads

Published

2023-10-11

How to Cite

Rahmawati, N. D., Winarso, W., & Anas, H. (2023). PENGARUH FLASH SALE, LIVE SHOPPING, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BRAND SKINTIFIC DI SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2740–2755. https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.897