PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN ORIENTASI ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING PADA POLITEKNIK LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI INDONESIA MAKASSAR

Authors

  • Sri Rahayu Syah Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar
  • Etha Gustin Merdekawaty Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar
  • Nabila Syahrier Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.983

Keywords:

Creative Accounting, Orientasi Etis, Pengetahuan Etika Profesi Akuntan, Persepsi Mahasiswa Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan etika profesi akuntan dan orientasi etis terhadap persepsi mahasiswa akuntansi mengenai Creative Accounting di Politeknik Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar. Penelitian ini dengan kuesioner. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 89 Mahasiswa Akuntansi Politeknik Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 56 Mahasiswa Akuntansi Politeknik Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) tidak terdapat pengaruh yang signifikan pengetahuan etika profesi akuntansi terhadap persepsi kreatif akuntansi mahasiswa akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,898 dan memiliki koefisien regresi negatif sebesar 0,129. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan orientasi etika terhadap persepsi kreatif akuntansi mahasiswa akuntansi, menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,002 dan memiliki koefisien regresi positif sebesar 3,184.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhikara. (2011). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Universitas Negeri Yogyakarta, 2.

Andini, M. P. (2018). Fakto-Faktor yang Mempengaruhi Creative Accounting. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 13-18.

Aviyanti. (2006). Mengungkap Creative Accounting Dalam Laporan Keuangan. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 1.

Bhasin. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi Creative Accounting. Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, 2.

Dewi, L. K. (2016). Akuntan Publik Dalam Penegakan Kode Etik Profesi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya.

Dhamayanti, M. D. (2017). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Universitas Negeri Yogyakarta.

Febrizal. (2010). Pengaruh Kode Etik Terhadap Profesionalisme Akuntan Publik (Studi Pada Kap Palembang). Universitas Muhammadiyah Palembang.

Fitria, M. (2015). Pengaruh Orientasi Idealisme, Relativisme, Tingkat Pengetahuan Akuntansi, dan Gender TerhadapPersepsi Mahasiswa Akuntansi tentang Krisis Etika Akuntan Profesional. Universitas Negeri Padang.

Gunawan, B. P. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Universitas Katholik Soegijapranata.

Harahap. (2013). Analisis Perbedaan Pengetahuan Profesi Akuntan Berdasarkan Gender dan Strata Pendidikan. Universitas Negeri Padang, 4.

Istikhoroh, S. (2012). Creative Accounting dan Corporate Governance Kaitannya dengan kecurangan dalam pelaporan keuangan FE Unipa Surabaya, 37.

Lestari, I. G., & Yadnyana, I. K. (2013). Persepsi dan Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Terhadap Profesi akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 3.1 (2013).

Martadi, I. F., & Suranta, S. (2006). Persepsi Akuntan, Mahasiswa Akuntansi, dan Karyawan Bagian Akuntansi Dipandang Dari Segi Gender Terhadap Etika Bisnis dan Etika Profesi. Universitas Sebelas Maret.

Paramita, P. V., & Sari, M. M. (2019). Pengaruh Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik, Mtivasi dan Kecerdasan Adversity Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik. Universitas Udayana, 146-174.

Pararuk, H. S., & Gamaliel, H. (2018). Analisis Persepsi Terkait Prinsip-Prinsip Etika Profesi Akuntan. Universitas Sam Ratulangi Manado.

Politeknik LP3I. (2020). Retrieved Agustus 29, 2022, from https://www.lp3i.ac.id/tentang-kami/

Pratama, R. (2018). Pengaruh Orientasi Etis dan Gender Terhadap Ethical Judgement Mahasiswa Akuntansi. Universitas Negeri Padang, 4.

Scoot, & adhikara. (2017). Pengaruh Pengetahuan etika Profesi Akuntan dan Orientasi Etis Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Universitas Negeri Yogyakarta Fakultas Ekonomi, 23-24.

Silitonga, A. G. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Universitas HKBP Nommensen.

Sitohang, K. (2016). Etika Profesi Akuntansi. Yogyakarta: Kanisius.

Suryanawa, I. K. (2020). Pengaruh Orientasi Etis, Love of Money dan Pengalaman Auditor Pada Persepsi Etis Auditor Mengenai Creative Accounting. e-Jurnal Akuntansi e-ISSN 2302-8556.

Tambunan, B. H., & Silitonga, A. (2020). Pengaruh Pengetahuan Etika Profesi Akuntan Terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Creative Accounting. Universitas HKBP Nommensen, 247-255.

Thoha, M. (2012). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Syah, S. R., Merdekawaty, E. G., & Syahrier, N. (2023). PENGARUH PENGETAHUAN ETIKA PROFESI AKUNTAN DAN ORIENTASI ETIS TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING PADA POLITEKNIK LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI INDONESIA MAKASSAR. JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3456–3475. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.983