PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP DENGAN LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Putri Disty Kholipah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hapzi Ali Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dhian Tyas Untari Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.979

Keywords:

Citra Merk, Kepuasan Pembelian, Kualitas Produk, Loyalitas Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian melalui loyalitas konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik asosiatif kausal, melibatkan 200 responden yang merupakan konsumen Mie Sedaap di lingkungan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Data dianalisis menggunakan program SPSS versi 25 dan SmartPLS versi 4.0. Sebelum analisis data dilakukan, peneliti melakukan pilot study dengan melibatkan 30 responden untuk mengevaluasi validitas penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan adanya variabel yang saling berpengaruh atau tidak berpengaruh, seperti yang dijelaskan berikut ini: 1) Tidak ada pengaruh signifikan antara kualitas produk dan keputusan pembelian ; 2) Kualitas produk memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap loyalitas konsumen ; 3) Citra merek memiliki pengaruh yang sangat kuat terhadap keputusan pembelian ; 4) Citra merek juga berpengaruh kuat terhadap loyalitas konsumen ; 5) Pengaruh loyalitas konsumen terhadap keputusan pembelian lemah ; 6) Mediasi variabel Loyalitas Konsumen antara Citra Merek dan Keputusan Pembelian signifikan ; 7) Mediasi variabel Loyalitas Konsumen antara Kualitas Produk dan Keputusan Pembelian signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Beni Ahmad, S. (2018). Metodologi Penelitian (Edisi Revisi). Bandung: Cv Pustaka Setia.

Cintya, Damayanti. 2015. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Produk ‘Supermi’ Di Kecamatan Genuk Semarang).” Skripsi 106.

Foeh, John Ehj, And Dimas Priyo Anggoro. 2022. “Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Indomie Di Superindo Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.” Ultima Management : Jurnal Ilmu Manajemen 14(2):258–75. Doi: 10.31937/Manajemen. V14i2.2858.

Indrianna Meutia, Kardinah, Wirawan Widjarnarko, And Hadita. 2021. “Dampak Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso.” 02(02):75–87.

Kotler, P. & Keller, 2012. Manajemen Pemasaran Jilid 1 (12th Ed.). Erlangga.

Kotler, Philip Dan Keller, K. L. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Erlangga

Meutia, K. I., Hadita, H., & Widjarnarko, W. (2021). Dampak Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87. https://doi.org/10.37195/jtebr.v2i2.68

Paludi, Salman, And Siti Nurchorimah. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Intervening.” Jurnal Kajian Manajamen Bisnis 10(2):144–60. Doi: 10.24036/Jkmb.11270300.

Putri, M. T. (2022). Pengaruh Flash Sale Dan Tagline “Gratis Ongkir” Terhadap Impulse Buying Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Pekanbaru).

Rizan, Mohamad. 2015. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Banding Konsumen Indomie Dan Mie Sedaap ).” 6(1):457–78.

Rizki, Putiari Alaina, And Budi Prabowo . 2022. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Indomie Melalui Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Pelanggan.” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 4(5):1543–53. Doi: 10.47467/Alkharaj.V4i5.1023.

Rosnaini, D. (2017). Citra, Kualitas Produk, Dan Kepuasan. Sumatra Selatan: Global Research And Consulting.

Solling, Rahmad, And M, Suhardi Anwar. N.D. Structural Equation Modeling (Sem) Berbasis Varian.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syamsiyah, Azizah Nur. 2022. “Pengaruh Citra Merek,Ulasan Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Minatbelicelana Jeans Jiniso.Id Pada Generasi Zdi Kota Bekasi.”

Wibowo, Jerry, Cece, And Edi Winata. 2018. “Pengaruh Loyalitas Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rumah Pada Pt. Pangripta Cons Medan.” Jurnal 51(1):51.

Lestari, Rahayu, And Elwisam. 2019. “Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Produk Mie Instant Sedaap.” Jurnal Ilmu Dan Budaya 41(63):7495–7520.

Rini, Eka Puspita, Sri Purwati, And Siti Marliah. 2022. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Merek Indomie Dengan Promosi Sebagai Variabel Moderating (Studi Pada Wilayah Kampung Baru Rw 03 Kelurahan sukabumi selatan Jakarta Barat).” 1(2):121– 31.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Kholipah, P. D., Ali, H., & Untari, D. T. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE SEDAAP DENGAN LOYALITAS KONSUMEN SEBAGAI INTERVENING (Studi Pada Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3392–3411. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.979