PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA KLINIK PRATAMA HANURO

Authors

  • Yuni Ariska Lubis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Zeinyta Azra Haroen Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Rini Wijayaningsih Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.978

Keywords:

Bukti Langsung, Daya Tanggap, Empati, Jaminan, Kehandalan

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui apakah ada perbedaan dari sebelum dan sesudah di lakukan Pelatihan dan Pengembangan Kinerja Pegawai Terhadap Pelayanan Kesehatan Pada Klinik Pratama Hanuro. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif, sedangkan olahan data menggunakan program SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang di peroleh data kehandalan berpengaruh positif namun tidak terlalu signifikan sesudah di lakukan nya pelatihan dan pengembangan kinerja pegawai, data yang di peroleh data daya tanggap berpengaruh positif namun tidak terlalu signifikan sesudah di lakukan nya pelatihan dan pengembangan kinerja pegawai dan dapat dikatakan tidak menjadi prioritas dalam pertahanan nilai kepuasan, berdasarkan data yang di peroleh data Empati berpengaruh sangat positif dan signifikan sesudah di lakukan nya pelatihan dan pengembangan kinerja pegawai sehingga di perlukan adanya pertahanan dalam nilai kepuasan, data yang di peroleh data daya Jaminan berpengaruh positif namun tidak terlalu signifikan sesudah di lakukan nya pelatihan dan pengembangan kinerja pegawai, data yang di peroleh data bukti langsung berpengaruh positif dan signifikan sesudah di lakukan nya pelatihan dan pengembangan kinerja pegawai dan dapat dikatakan tidak menjadi prioritas dalam pertahanan nilai kepuasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. S. (2017). Pertumbuhan E-Commerce Indonesia Tertinggi Di Dunia.

Achmad, Nur, Yulianto, et.all. 2018. Metodologi Penelitian Bisnis. Malang: Polinema Press.

Adetyan, a., p. d. p., a. f., & w. s. i. (2019). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Implementasi ERP Untuk Membangun Keunggulan Bersaing Pada UKM Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian LPPM Universitas PGRI Madiun.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep Dan Indikator). Zanafa Publishing.

Agni, M. G. (2018). Kesiapan Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Penerapan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. Forum Ilmiah.

Ani Lestari, E. Yulianto. (2018). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi.” Jurnal Fakultas Ilmu Adinistrasi Universitas Brawijaya Malang.

Anwar Prabu Mangkunegara. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Ariani, A. P. (2016). Diare: Pencegahan Dan Pengobatannya. . Yogyakarta: Nuha Medika.

Dessler, G. (2020). Human Resource Management Sixteenth Edition Gary Dessler Florida International University Florida: Pearson.

Edy Sutrisno. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Cetak Ke Sebelas. Prananda Media Group, Jakarta. Cetak Ke Sebelas. Prananda Media Group, Jakarta.

Ernawati, S. U. (2014). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Perawat Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Rsud Dr. Saiful Anwar Malang). Manajemen Bisnis, 2(2).

Gunawan, A. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Serta Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kuantan Singingi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Hasibuan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Penerbit Bumi Aksara.

Isniar Budiarti, D. A. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Global.

Jackson Et A. (218 C.E.). An Introduction To Sociolinguistics. In The British Journal Of Sociology.

Krismiyati. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Sd Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Officer.

Kusuma, N. A., Djudi, M., & Prasetya, A. (2016). Pengaruh pelatihan terhadap kemampuan kerja dan kinerja karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol, 31(1).

Majid, A., & Sani, A. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Supervisi Kepala Ruangan Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana Diruang Rawat Inap Bedah Rumah Sakit TK. II Pelamonia Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 310-412.

Mamik. (2017). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kebidanaan. Zifatama Jawara.

Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

MEGAWATI. (2020). Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kayu Agung.

Nurdin, Ismail dan Sri Hartati.2019. Metodologi Penelitian Sosial.Surabaya: Media Sahabat Cendekia

NUR ROFIAH. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019.

OMNI. (2017). Laporan Tahunan 2017 OMNI Hospitals.

Priansa. (2016). Perencanaan Dan Pengembangan SDM.Penerbit. Alfabeta Bandung.

Sari, N. F. (2020). Pengaruh Pelatihan Dan Pengembangan Serta Pendidikan Terhadap Kinerja Perawat Pada Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Selasih Kabupaten Pelalawan (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung, 29-38.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. (2019). Analisis Laporan Keuangan Teori, Aplikasi, Dan Hasil Penelitian. V. Pustaka Baru Press.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode riset kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Widodo, Agus Wahyu dan Diva Kurnianingtyas. 2017. Sistem Basis Data. Malang: UB Press.

Yola, Melfa dan Duwi Budianto. (2013). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Dan Harga Produk Pada Supermarket Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Optimasi Sistem Industri. Vol. 12, No. 12, hlm. 301-309. ISSN 2088- 4842.

Zaini, Mad. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa Masalah Psikososial Di Pelayanan Klinis Dan Komunitas. Deepublish.

Downloads

Published

2023-11-15

How to Cite

Lubis, Y. A., Haroen, Z. A., & Wijayaningsih, R. (2023). PENGARUH PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN KESEHATAN PADA KLINIK PRATAMA HANURO. JURNAL ECONOMINA, 2(11), 3370–3391. https://doi.org/10.55681/economina.v2i11.978