PERAN PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI PADA QESERA COFFEE AND PARK BEKASI UTARA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN

Authors

  • Muhammad Rezqi Robi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andrian Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.833

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Lokasi, Minat Beli, Promosi

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan apakah Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Konsumen Qesera Coffee And Park Bekasi Utara yang beralamatkan di Jl. Duta Boulevard Barat No.19, RT.004/RW.011, Harapan Baru, Kec. Bekasi Utara, Kota Bekasi, Jawa Barat 17123 yang berjumlah 126 responden. Berdasarkan hasil penelitian menyatakan bahwa factor yang berpengaruh terhadap Minat Beli itu ada. Hal ini dibuktikan dengan adanya persamaan regresi linier berganda yang didapat adalah Y = 3,929 + 0,200 X1 + 0,143 X2 + 0,453 X3. Secara simultan hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah variabel Promosi, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi berpengaruh signifikan terhadap variabel Minat Beli Konsumen, dengan hasil yang menunjukkan f hitung > f tabel sebesar f hitung 55,457 > f tabel 2,68. Secara parsial hasil menunjukkan bahwa variabel Promosi berpengaruh dan signifikan terhadap variabel Minat Beli Konsumen, dengan hasil nilai yang menunjukkan t hitung 2,478 > t tabel 1,979 dan nilai sig. 0,015 < 0,05 dan variabel Lokasi juga berpengaruh dan signifikan terhadap variabel Minat Beli Konsumen, dengan hasil nilai yang menunjukkan t hitung 6.964 > t tabel 1,656 dan nilai sig. 0.000 < 0,05 sedangkan, variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel Minat Beli Konsumen, dengan hasil nilai yang menunjukkan t hitung sebesar 1,606 < t tabel 1,979 dan nilai sig. 0,111 > 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrian, A. (2018). Dampak Promosi, Brand Awareness Dan Pemilihan Saluran Distribusi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Sakit Kepala. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(2), 165–174. https://doi.org/10.36226/jrmb.v3i2.109

Aribowo, A., & Tjandrasa, B. B. (2020). The Effect of Promotion on Financial Literacy in Increasing Buying Interest in Government Bonds. Petra International Journal of Business Studies, 3(2), 94–97. https://doi.org/10.9744/ijbs.3.2.94-97

Bahri, N. I., & Raymond. (2019). Pengaruh Promosi, Desain Tempat, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Di Setara Coffee Batam. Jurnal Scientia, 3(2), 58–66. Retrieved from http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Barlian, B., & Rosalin, L. D. (2022). Strategi Bersaing Dalam Meningkatkan Minat. 4(1), 1–14.

Betari, S., Maharani, N., & Harahap, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Minat Beli Konsumen pada Coffee Shop Kawan Kopi Bandung. Bandung Conference Series: Business and Management, 2(1), 779–784. https://doi.org/10.29313/bcsbm.v2i1.2434

Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i11.p19

Difa, N. A. dan S. A. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT NIRWANA GEMILANG PROPERTY. 3(2), 108–119.

Ermawati, E., Utami, R. P., & Pakawaru, I. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Nasi Kuning Puput Di Kayumalue. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(2), 36–56. https://doi.org/10.24239/jiebi.v2i2.31.36-56

Fandy Tjiptono, P. D. (2015). Strategi Pemasaran. Andi.

Islam, Z. N. (n.d.). Kerja Di Kedai Kopi Jombang.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

Mujid, A., & Andrian, A. (2021). Strategi Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Minat Melanjutkan Sekolah. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 3(2), 66. https://doi.org/10.31599/jmu.v3i2.946

Nursoleh, N. (2022). Location Analysis of Interest in Buying Housing in South Tangerang City. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 2(1), 35–42. https://doi.org/10.37481/jmeb.v2i1.247

Pandelaki, B. K. M., Mandey, S. L., & Raintung, M. C. (2023). The Influence Of Electronic Word Of Mouth, Location And Price On Purchase Interest At R-Zone Cafe Langowan. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 312–232.

Panjaitan, J. H., Manik, C., & Ritonga, R. R. (2022). The Influence of Price, Promotion, and Service Quality on Buying Interest at Bloum’s Cafe & Resto Medan. IJCAMS: International Journal of Comparative Accounting And Management Science, 1(2), 72–81. Retrieved from https://ijcams.sbm.or.id/index.php/ams

Peter dan Olson. (2013). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran (Kesembilan). Jakarta: Salemba Empat.

Pratiwi, B. F. N., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1501–1511. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/42514

Rahmah, C. A. (2020). , Dengan Jumlah Sampel Yaitu 87 Orang. Jurnal Manajemen Tools, 12(2), 30–44.

Ramadayanti, F., & Kurriwati, N. (2022). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Saluran Distribusi Terhadap Minat Beli Konsumen di Era Pandemi Studi Pada Ramio Cafe And Mart di Sumenep. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 1(4), 99–110. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i4.13507

Schiffman dan Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen (Tujuh). Jakarta: Indeks.

SE, MM, A. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3, 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61. https://doi.org/10.28989/compiler.v7i1.254

Sharon, F., Meilinda, L., & Iskandar, V. (2018). Pengaruh Karakteristik Celebrity Endorser Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Restoran Dan Cafe Di Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 390–404. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/7504

Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Sri Ekowati, Meilaty Finthariasari, A. (2020). Jurnal ilmiah akuntansi, manajemen & ekonomi islam (jam-ekis) volume 3, no. 1, januari 2020. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen & Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1), 1–14.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. BPFE-YOGYAKARTA.

Susi Putriani, and Dr. H. Popo Suryana, SE., Ms. (2019). Pengaruh Kemudahan Berbelanja Dan E-service Quality Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online Lazada Indonesia. Skripsi(S1) Thesis, 1–21.

Widayat, W., & Purwanto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Keberagaman Produk, Suasana Toko Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Konsumen Di Pasar Tradisional Wonosobo. Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 2(1), 123–132. https://doi.org/10.32500/jebe.v2i1.1458

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26. Retrieved from https://doi.org/10.31227/osf.io/p8e5z

Zahra, S. (2022). Berpikir Kreatif Dan Menerapkan Manajemen Pemasaran Bank Syariah. 1–13.

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Robi, M. R., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). PERAN PROMOSI, KUALITAS PELAYANAN, DAN LOKASI PADA QESERA COFFEE AND PARK BEKASI UTARA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2545–2567. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.833