DAMPAK STORE ATMOSPHERE, CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOCIOLLA DI SUMMARECON MALL BEKASI

Authors

  • Riza Amelia Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Andrian Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.828

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Persepsi Harga, Store Atmosphere

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) dampak store atmosphere terhadap keputusan pembelian Sociolla di Summarecon Mall Bekasi, (2) dampak citra merek terhadap keputusan pembelian Sociolla di Summarecon Mall Bekasi, (3) dampak persepsi harga terhadap keputusan pembelian Sociolla di Summarecon Mall Bekasi.

Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian di Sociolla Summarecon Mall Bekasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 136 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sociolla Summarecon Mall Bekasi (t-hitung 4,947 > t-tabel 1,978; signifikansi 0,000 < 0,05), (2) terdapat pengaruh negatif citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sociolla Summarecon Mall Bekasi (t-hitung 0,063 < t-tabel 1,978; signifikansi 0,950 > 0,05), (3) terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sociolla Summarecon Mall Bekasi (t-hitung 7,811 >  t-tabel 1,978; signifikansi 0,000 < 0,05), dan (4) terdapat pengaruh positif store atmosphere, citra merek, dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Sociolla Summarecon Mall Bekasi (F hitung 86,020 > F tabel 2,67; signifikan 0.000 < 0.05).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullahu, G., & Fejza, E. (2020). After - Sales Service and Pricing as Determinants on Consumer Buying Decision in Automotive Industry Case Study: Porsche Kosova. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 9(2), 36. https://doi.org/10.36941/ajis-2020-0021

Amalia. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb

Amilia, & Asmara. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 6. https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk/article/view/213

Angger, P., & Nurafni, R. (2015). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA JIGOKU RAMEN BANDUNG. e-Proceeding of Management.

Anisa. (2020). Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Minigood Pada Mahasiswa Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. http://repository.ubharajaya.ac.id/15880/

Dzulkharnain. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. IQTISHADequity, 1. http://dx.doi.org/10.51804/iej.v1i2.543

Fadilah, & Sujarwo. (2021). Analisis Hubungan Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Ulang Benih Padi Janger Inpari 32. Konsentrasi: Jurnal Manajemen dan Bisnis.

Fauzi. (2018). PROMOSI ONLINE, PERSEPSI HARGA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN WANITA BERBELANJA FASHION SYAR’I ONLINE DI INSTAGRAM LAILA GHANI MALANG. http://etheses.uin-malang.ac.id/12218/

Felita, P. (2021). ANALISIS PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PROMOTION TOOLS TERHADAP BUYING DECISION MELALUI BRAND IMAGE PADA SOCIOLLA DI SURABAYA. http://repository.ukwms.ac.id/id/eprint/25965/

Fitrianna. (2022). Pengaruh Price Perception, Store Atmosphere dan Product Diversity terhadap Purchase Decision Produk Starbucks Coffee. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 3, 747–753. DOI 10.47065/ekuitas.v3i4.1550

Ghozali. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=kbmkIQQAAAAJ&citation_for_view=kbmkIQQAAAAJ:4hFrxpcac9AC

Ghozali. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=kbmkIQQAAAAJ&citation_for_view=kbmkIQQAAAAJ:k6nH7jlkaTkC

Gustino, A. (2019). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA MARONES COFFEE BANDUNG. http://repository.unpas.ac.id/43225/

Hanum, & Hidayat. (2017). FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MEREK NIKE DI KOTA MEDAN. Jurnal Bisnis Administrasi, 6. https://core.ac.uk/download/pdf/235003954.pdf

Jaya, H., & Suparna, G. (2018). PENGARUH ATMOSFER TOKO, KESESUAIAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TEMDAY STORE DENPASAR. E-Jurnal Manajemen Unud. https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2018.v7.i06.p2

Kotler, & Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. (Maulana, Barnadi, & Hardani, Ed.). Erlangga. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=169619

Mansur. (2018). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (STUDI KASUS PADA PAMELLA TUJUH SWALAYAN YOGYAKARTA).

Mendur, Tawas, & Arie. (2021). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN ATMOSFER TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO IMMANUEL SONDER. Jurnal EMBA, 9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296

Mujid, & Andrian. (2021). STRATEGI CITRA MEREK, KUALITAS PELAYANAN, DAN HARGA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN SEKOLAH. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara.

Nugrahaeni, M., Guspul, A., & Hermawan. (2021). PENGARUH SUASANA TOKO, KUALITAS PELAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP MINAT BELI ULANG. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2), 230–243. http://journal2.uad.ac.id/index.php/fokus

Panjaitan. (2018). MANAJEMEN PEMASARAN. http://penerbit.stekom.ac.id/index.php/yayasanpat/article/view/233

Permatasari, & Erdkhadifa. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, Pelayanan, dan Store Atmosphere terhadap Keputusan Pembelian Pada Dendy Sky View Tulungagung. Journal of Sharia Management and Business, 2. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/jmsb/article/download/7070/3186

Putri. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK, STORE ATMOSPHERE, BRAND IMAGE DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK UNIQLO [STIE Malangkucecwara]. http://repository.stie-mce.ac.id/id/eprint/1538

Rahmawati, D., Rahadhini, M., & Sumaryanto. (2020). PENGARUH STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Survei Pada Konsumen Marakez Café di Surakarta).

Sangadji, & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. CV. Andi Offset.

Sari, & Lestari. (2019). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN ULANG KONSUMEN KERETAAPI KELAS EKSEKUTIF ARGO PARAHYANGAN. Jurnal Ilmu Manajemen.

Sihaloho. (2020). PENGARUH MEDIA PROMOSI DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MAYBELLINE DI CENTRO GRAND METROPOLITAN BEKASI.

Situmorang, & Lutfi. (2011). Analisis data untuk riset manajemen dan bisnis. USU Press . https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=237811

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 26–33. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=uUIIujUAAAAJ&citation_for_view=uUIIujUAAAAJ:IWHjjKOFINEC

Sugiyono. (2013). Metode penelitian manajemen. Bandung: Alfabeta, CV. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=uUIIujUAAAAJ&citation_for_view=uUIIujUAAAAJ:LkGwnXOMwfcC

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuatintatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=uUIIujUAAAAJ&citation_for_view=uUIIujUAAAAJ:hMod-77fHWUC

Sumaryanti, Supriyanto, A., & Purnama, B. (2011). Karakterisasi Optik dan Listrik Larutan Klorofil Spirulina sp sebagai Dye Sensitized Solar Cell. Jurnal Material dan Energi.

Tansala, D., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 21–23. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jab/article/view/23496

Widyasari, S. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MASCARA MAYBELLINE MELALUI CITRA MEREK SEBAGAI VARIABEL MEDIASI SERTA TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM.

Wijaya, S. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Fakultas Ekonomi angkatan 2019 Universitas Bhayangkara Jakarta Raya.

Winarsih, Mandey, & Wenas. (2022). PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS MAKANAN, DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA DABU-DABU LEMONG RESTO DAN COFFEE KAWASAN MEGAMAS DI MANADO. Jurnal EMBA, 10. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/41953

Yuana, & Wahyuati. (2018). PENGARUH HARGA, STORE ATMOSPHERE DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/237/240

Yuliani, Mitariani, & Atmaja. (2021). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FASHION DEWA AYU SHOP KLUNGKUNG. EMAS, 2. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/emas/article/view/1416

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Amelia, R., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). DAMPAK STORE ATMOSPHERE, CITRA MEREK, DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOCIOLLA DI SUMMARECON MALL BEKASI. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2482–2501. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.828