PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VARIABEL INTERVENING MINAT BELI VOUCHER GAME VALORANT (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya)

Authors

  • Muhamad Riski Pauzi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Hadita Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Dovina Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.827

Keywords:

Harga, Keputusan Pembelian, Minat Beli, Promosi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh strategi promosi dan harga yang ditawarkan game valorant dalam pembelian voucher game terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan untuk mendapatkan sampel penulis menggunakan metode Purposive Sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah sebanyak 110 responden yang dimana fokus responden ini ialah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terdapat variabel-variabel yang saling berpengaruh dan ada juga yang tidak berpengaruh, seperti penjelasan singkat berikut ini: Promosi dan Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli, Promosi dan harga tidak berpengaruh langsung dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian, Minat Beli mampu memediasi Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Kohar Septyadi, M., Salamah, M., & Nujiyatillah, S. (2022). Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 301–313. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.876

Adelia, A., Poespa, R., Cahyono, R., & Martah, V. (2020). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian lotion Marina. E-Journal.Umaha.Ac. Id, 3(1), 2622–6367. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/iqtisad/article/view/931

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Al-Khitabah, R. T.-J., & 2015, undefined. (n.d.). Strategi promosi periklanan yang efektif. Journal3.Uin-Alauddin.Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/Al-Khitabah/article/view/2623

Amelia, M. (2016). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Pada Cafe Coffee Time Kopo Bandung. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/15630

Azahra, F., & Hadita, H. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VARIABEL INTERVENING MINAT BELI KFC GOLDEN CITY BEKASI DI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. JURNAL ECONOMINA, 2(2), 678–691. https://doi.org/10.55681/ECONOMINA.V2I2.351

Bisnis, A. S.-J. M. D. S.-U., & 2017, undefined. (2017). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada perusahaan A-36. Journal.Uc.Ac. Id, 2(1). https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436

Budiman, A., & Sama, H. (2023). Pengaruh Motivasi Video Game terhadap Niat Pembelian dalam Aplikasi. REMIK: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 458–471. https://doi.org/10.33395/REMIK.V7I1.12067

Cahyono, Y., Suryani, P., & N. E.-J. of I. E., & 2020, undefined. (n.d.). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di PT. Vista Bangun Propertindo. Jiemar.Org. Retrieved May 3, 2023, from https://jiemar.org/index.php/jiemar/article/download/32/20

Choi, H. K., Mun, J. H., Kim, D. J., Zhu, H., Baek, J. M., Mudge, J., Roe, B., Ellis, N., Doyle, J., Kiss, G. B., Young, N. D., & Cook, D. R. (2004). Estimating genome conservation between crop and model legume species. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 101(43), 15289–15294. https://doi.org/10.1073/PNAS.0402251101

CS: GO vs. Valorant vs. CoD: popular shooters tournament’s comparison. (n.d.). Retrieved May 1, 2023, from https://escharts.com/news/most-popular-shooters-esports-based-majors-2022

Denisov, V., & Vladimir, D. (2020). DEVELOPMENT OF DIGITAL MARKETING IN ESPORTS Case Company: ForZe esports.

Dewanto, A., dan, S. N.-P. J. I. P., & 2015, undefined. (n.d.). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Dan Prestasi Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Perguruan Tinggi di Kota. Jurnal.Unikal.Ac.Id. Retrieved June 18, 2023, from http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/pena/article/viewFile/72/72

Dovina Navanti, Sujiyo Miranto, R. P. (2017). Identifikasi Variabel Kualitas Jasa dan Bauran Pemasaran yang Berpengaruh terhadap Kepuasan Mahasiswa di STBA Cipto Hadi Pranoto. In Jurnal Kajian Ilmiah (Vol. 17, Issue 02, pp. 45–50).

Esports ID | Xccurate Beri Pendapat Soal Perbedaan CS: GO dan Valorant. (n.d.). Retrieved April 3, 2023, from https://esports.id/valorant/news/2020/08/3eae62bba9ddf64f69d49dc48e2dd214/xccurate-beri-pendapat-soal-perbedaan-csgo-dan-valorant

Fauzi, N. (2016). PENGARUH PROMOSI MELALUI EVENT TERHADAP NIAT BELI KONSUMEN PADA PRODUK MOOZEE BAG. http://repository.widyatama.ac.id/handle/123456789/9426

Ferdiana Fasha, A., Rezqi Robi, M., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.840

Fristiana, D., … A. P.-J. ilmu administrasi, & 2012, undefined. (n.d.). Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ramai Swalayan Peterongan Semarang. Ejournal3.Undip. Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/839

Hadita, H., Widjanarko, W., & Hafizah, H. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Smartphone Terhadap Keputusan Pembelian di Masa Pandemic Covid19. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(3). https://doi.org/10.31599/jki.v20i3.294

Handida, R., Economia, M. S.-J., & 2018, undefined. (2018). Pengaruh tingkat pengetahuan, kualitas layanan, dan tingkat literasi keuangan syariah terhadap pengambilan keputusan masyarakat muslim menggunakan. Academia.Edu, 14(1). https://www.academia.edu/download/69824917/pdf.pdf

Hermiyenti, S., on, Y. W.-2nd P. I. C., & 2019, undefined. (2019). A literature review on the influence of promotion, price and brand image to purchase decision. Atlantis-Press.Com. https://www.atlantis-press.com/proceedings/piceeba2-18/125907916

Hikmah. (2020). Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif di Kota Batam. Journal of Business and Economics Reaserch (JBE), 1(2).

Hilmawan, H., Of, Y. Y.-T. A. P. J., & 2019, undefined. (n.d.). Pengaruh Komunikasi Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Rutan Klas IIB Rangkasbitung. Ejurnal.Latansamashiro.Ac.Id. Retrieved May 14, 2023, from https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/APJMS/article/view/269

Hilmawan, I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Sepeda Motor Vario Di Kota Serang). Jurnal Elektronik Rekaman (Riset Ekonomi Bidang Manajemen Dan Akuntansi) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Galileo, 3 (3).

Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2022 – Andi Dwi Riyanto, Dosen, Praktisi, Konsultan, Pembicara: E-bisnis/Digital Marketing/Promotion/Internet marketing, SEO, Technopreneur, Fasilitator Google Gapura Digital yogyakarta. (n.d.). Retrieved April 3, 2023, from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/

Hsu, C.-L., & Lu, H.-P. (2007). Consumer behavior in online game communities: A motivational factor perspective. Computers in Human Behavior, 23(3), 1642–1659. https://doi.org/10.1016/j.chb.2005.09.001

Indrianna Meutia, K., Widjarnarko, W., Ekonomi dan Bisnis, F., & Bhayangkara Jakarta Raya, U. (2021). Dampak Brand Image dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Miniso. Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 2(2), 75–87. https://doi.org/10.37195/JTEBR.V2I2.68

Ivantan, I., Khoiriah, N., & Karmiyati, S. (2020). PENGARUH STRATEGI PROMOSI TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1). https://doi.org/10.32493/JEE.v3i1.7318

Jadwal Lengkap VCT 2023 LOCK//IN Sao Paulo. (n.d.). Retrieved April 3, 2023, from https://skor.id/post/jadwal-lengkap-vct-2023-lock-in-sao-paulo

Jamaludin, A., Arifin, Z., Jurnal, K. H.-, & 2015, undefined. (n.d.). Pengaruh promosi online dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved May 12, 2023, from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=314239&val=6468&title= PENGARUH PROMOSI ONLINE DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Survei Pada Pelanggan Aryka Shop di Kota Malang

Keren, K., & Sulistiono, S. (2019). Pengaruh Motivasi, Budaya, dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Indomie. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 7(3), 319–324. https://doi.org/10.37641/JIMKES.V7I3.284

Kotler, P. (1999). Kotler on Marketing. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).

Kotler, P. (2001). Marketing management, millenium edition. http://lms.aambc.edu.et:8080/xmlui/bitstream/handle/123456789/62/Marketing Management Kotler-Millenium Edition- Text Book.pdf?sequence=1

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. https://www.academia.edu/download/43845065/pemasaran_kotler.pdf

Kotler, P., Keller, K., Ang, S., Tan, C., & Leong, S. (2018). Marketing management: an Asian perspective. https://www.academia.edu/download/58052402/marketing-management-an-asian-perspective-5th-edit.pdf

Lee, S., & Jung, K. (2008). Effects of Price Comparison Site on Price and Value Perceptions in Online Purchases. https://archives.kdischool.ac.kr/handle/11125/28982

Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi. https://osf.io/v7dfr/download

Munger, J. L., Brand, D. G.-J. of P. &, & 2001, undefined. (n.d.). The effects of alternative price promotional methods on consumers’ product evaluations and purchase intentions. Emerald.Com. Retrieved March 30, 2023, from https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/10610420110395377/full/html

Musthofa, A., & Rosyad, N. (2021). Efektivitas Event Premium Starlight Member Game Mobile Legend Untuk Menarik Minat Beli Voucher Game (Studi Deskriptif Event Premium Starlight Member Game Mobile Legend untuk Menarik Minat Beli Voucher Game di Kalangan Remaja. Prosiding Manajemen Komunikasi, Vol.7(No.2), 857–862.

Nursyamsi, M., Natarida Marpaung, N., Suprihanto, S., Studi Manajemen, P., Tinggi Ilmu Ekonomi Tribuana, S., & Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Triuana, P. (2022). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DI HARI-HARI PASAR SWALAYAN CABANG BEKASI TRADE CENTER (BTC). Jurnal.Umika.Ac. Id, 3(1). http://jurnal.umika.ac.id/index.php/almisbah/article/view/232

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 660–669.

Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, H., Ekonomi Dan Binis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Analisis Pengaruh Harga, F., dan Karakteristik Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada, K., di Kota Medan Asrizal Efendy Nasution, M., Pratami Putri, L., & Taufik Lesmana, M. (2019). Analisis pengaruh harga, promosi, kepercayaan dan karakteristik konsumen terhadap keputusan pembelian konsumen pada 212 mart di kota medan. Jurnal.Umsu.Ac. Id, 1(1), 194–199. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3594

Prayogi, S. (n.d.). The Influence of Product Quality, Price and Promotions on Interest in Buying Sri Sulastri’s Batik.

Renaningtyas, L., Suhardiyah, M., & Wibowo, T. S. (2022). Pengaruh Testimoni Dan Harga Terhadap Minat Beli Top Up Voucher Game Arena of Valor di Yuriko Shop. 3(3), 16–25. https://www.jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/download/6212/4209

Sarstedt, M., Ringle, C., modeling, J. H.-P. least squares path, & 2017, undefined. (2017). Treating unobserved heterogeneity in PLS-SEM: A multi-method approach. Springer, 197. https://doi.org/10.1007/978-3-319-64069-3_9

Setiawan, F., & Zakaria, H. (2022). Rancang bangun sistem pembelian voucher game online berbasis website menggunakan teknologi mern stack dengan model waterfall (studi kasus: good gaming store). OKTAL Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(05), 506–513. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/oktal/article/view/190

Siagian, A. O., Martiwi, R., & Indra, N. (2020). Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital. Jurnal Pemasaran Kompetitif. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497

Simanihuruk, L., Simarmata, J., & Sudirman, A. (2019). E-learning: Implementasi, strategi dan inovasinya. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=hhDGDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA6&dq=(Simanihuruk,+2019)&ots=eITDFHSod0&sig=0NTIXsbZycb10mX_nSn6fdA4Vtc

Singh, D., & Pillai, S. (2022). Implementation of digital marketing strategy in the Gaming industry. 2022 International Conference on Decision Aid Sciences and Applications (DASA), 387–394. https://doi.org/10.1109/DASA54658.2022.9765259

Stephani, K., Cilvanus, H., Faktor-Faktor, A., Mempengaruhi, Y., Pengguna, K., Ruangguru, A., Stefani, K., & Id, A. (n.d.). Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Persepsi Kemudahan, Iklan, Promosi, dan Harga Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Ruangguru. Journal.Likmi.Ac.Id. Retrieved March 28, 2023, from https://journal.likmi.ac.id/index.php/media-informatika/article/download/44/42

Suryono, R. R. (2016). Perilaku Pemain Game Online Terhadap the Behavior of Online Gamer Toward the Purchasing of Item Virtual. Skripsi.

Tondang & Sutrisna, 2019 - Google Scholar. (n.d.). Retrieved June 18, 2023, from https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Tondang+%26+Sutrisna%2C+2019&btnG=

Triyadi, M. (2017). Promosi Dan Kualitas Pelayanan Dalam Menentukan Minat Beli Konsumen Ngorea Bistro. https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8929

Ujianto, U., Manajemen, A. A.-J., & 2004, undefined. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli Konsumen Sarung (Studi Perilaku Konsumen Sarung di Jawa Timur). Jurnalmanajemen.Petra.Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/15648

Umar Bakti, M. S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi Universitas Borobudur, 22 Nomor 1(Cara memanage pemasaran), 111–118. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/1/article/view/633

Vania, I., Ekonomis, R. S.-J., & 2021, undefined. (n.d.). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Jurnal.Unai. Edu. Retrieved May 12, 2023, from https://jurnal.unai.edu/index.php/jeko/article/view/2593

Wicaksono, A., Bisnis, S. N.-J. I. A., & 2018, undefined. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur Produk dan Harga terhadap Niat Beli Ulang Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Konsumen. Ejournal3.Undip. Ac.Id. Retrieved May 3, 2023, from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/22706

Yayang, W. A. (2023). TUGAS AKHIR: Strategi Promosi pada Manna Kampus Godean. http://repository.stimykpn.ac.id/428/2/DIII-2015976-BAB I.pdf

Downloads

Published

2023-09-07

How to Cite

Pauzi, M. R., Hadita, H., & Dovina, D. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VARIABEL INTERVENING MINAT BELI VOUCHER GAME VALORANT (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bhayangkara Jakarta Raya). JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2453–2481. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.827