PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG

Authors

  • Ayu Sukoningtiyas Universitas Bhinneka PGRI
  • Hari Subiyantoro Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.826

Keywords:

Ekspektasi Pendapatan, Locus of Control, Media Sosial, Minat Berwirausaha

Abstract

Setiap tahun banyak lulusan dari perguruan tinggi, dan banyak pula tingkat pengangguran karena tidak diimbangi dengan jumlah ketersediaan lapangan pekerjaan. Meningkatkan minat dalam berwirausaha pada mahasiswa dapat mengurangi tingkat pengangguran. Mahasiswa yang nantinya lulus dari perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menurunkan angka pengangguran di Indonesia. Dalam penelitian ini Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuersioner. Metode analisis yang digunakan peneliti adalah Uji Instrumen Penelitian, berupa Uji validitas dan uji reabilitas, Uji Asumsi Klasik meliputi Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolonieritas, dan Uji Heteroskedastisitas, Uji Hipotesis yang meliputi Uji t, dan Uji F. Teknik analisis data yang digunakan Analisis Regresi Linier Berganda, Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 43,265 > 1,991.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, R. R., Diana, N., & Afifudin, A. (2020). PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN, MOTIVASI, PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, DAN NORMA SUBYEKTIF TERHADAP MINAT UNTUK BERWIRAUSAHA (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Akuntansi FEB Unisma dan UM). e_Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 9(04).

Alfaruk, M. H. (2019). Pengaruh pemanfaatan sosial media, motivasi dan pengetahuan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa ekonomi di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 4(2), 164-172.

Alma, B. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2022). Keadaan Ketenaga Kerjaan Indonesia Agustus 2022.

Cahayani, N. L. P., Westra, I. K., Ariyati, N. M., Netriani, N. K., & Sau, T. S. B. (2022). Pengaruh Pengunaan Media Sosial dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 14(1), 96-102.

Departemen Pendidikan Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program (IBM SPSS). Edisi 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Hartoyo, H., & Wahyuni, W. (2020). Pengaruh karakter wirausaha pada mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi di STKIP BIMA. Eklektik: Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan, 3(1), 54-67.

Islamiyah, A. (2020). PENGARUH INTERNAL LOCUS OF CONTROL DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA (Survey Pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Jannah, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan dan Praktik Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta BM Al-Fattah Medan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kardiana, T. C., & Melati, I. S. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri dan Ekspektasi Pendapatan Terhadap Minat Berwirausaha. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1182-1197.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2013). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Muhiba, F. N. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Siswa Menjadi Entrepreneur RPL SMKN 9 Malang. 173.

Muhiba, F. N. (2020). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan penggunaan media sosial terhadap minat siswa menjadi entrepreneur kelas XII Jurusan RPL SMKN 9 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Ningrum, N. S. (2020). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan.

Nugroho, I., & Susilo, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Motivasi Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sahroh, A. F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Tingkat Penggunaan Media Sosial Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 6(3).

Setiawan, R., & Malik, A. (2021). PENGARUH EKSPEKTASI PENDAPATAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA DESA TUMPATAN NIBUNG DUSUN VI KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA. JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik), 3(1), 32-37.

Widianingsih, A. T. (2021). Pengaruh kepribadian wirausaha, ekspektasi pendapatan dan motivasi terhadap minat berwirausaha. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 8(1), 67-78.

Yanti, A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Self Efficacy, Locus of Control dan Karakter Wirausaha Terhadap Minat Berwirausaha. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 268–283.

Downloads

Published

2023-09-06

How to Cite

Sukoningtiyas, A., & Subiyantoro, H. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, EKSPEKTASI PENDAPATAN DAN LOCUS OF CONTROL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA UNIVERSITAS BHINNEKA PGRI TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2339–2452. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.826