PENGARUH GENDER DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PAKEL, TULUNGAGUNG

Authors

  • Nabella Rizkita Agustrin Universitas Bhinneka PGRI
  • Sulastri Rini Rindrayani Universitas Bhinneka PGRI

DOI:

https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.82

Keywords:

Gender, Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kemampuan Berfikir Kreatif

Abstract

Pendidikan adalah salah satu usaha yang dilakukan untuk dapat membantu perkembangan kemampuan dan potensi yang dimiliki siswa agar memiliki tingkat kecerdasan baik secara intelektual, emosional, maupun spiritualnya, dan tentunya dapat memberikan impek yang positif dan bermanfaat bagi dirinya dan kehidupannya baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa dan Negara. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan tes. Jumlah populasi dalam penelitian ini 137 siswa, sampel yang di gunakan simple random sampling menggunakan lot. Dari hasi analisis data terbukti bahwa kemampuan berfikir kreatif siswa perempuan lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai test rata-rata siswa perempuan ialah 84,15 sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki ialah 83,57. Selain itu nilai sig. nilai dari variabel model pemb. Berbasis proyek sejumlah 0,031 dimana dalam penelitian ini ketentuan yang digunakan merupakan hasil hitung pada kolom Sig. Jika nilai signifikan <0.05,H0 ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminullah. (2017). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia , 43-51.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Carissi, A. (2013). ubungan antara Konsep Peran Gender terhadap Minat Belajar Bidang Tata Boga Siswa Laki- Laki Kelas X di SMK Sahid Surakarta. Talenta Psikologi Vol. II, No. 1, 32.

Chitty, W. (2018). Integrated Marketing Communication, 2nd Edition. Australia: Cengage Learning Australia Pty Limited.

Echols, J. M., & Shadily, H. (1983). John M. Echols dan Hassan Shadily, 1983: 265. Jakarta: Gramedia.

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Herman, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Irdayanti, L. S. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended. 19.

Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Palembang: Raden Fatah Press.

Marlinda, N. L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa. Tesis.

Maxwell, J. C. (2014). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam: Karisma Press.

Mulia, & Musdah, S. (2006). Islam dan Inspirasi Kesetaraan Gender. Yogyakarta: Kibar Press.

Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka.

Neufeldt, V. (1984). Webster's New World Dictionary. New York: Webster's New World Clevenland.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Purwati, E., & Asrohah, H. (2005). Bias Gender dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Alpha.

Putra, H. S. (2002). ”Gender dan Pemaknaannya: Sebuah Ulasan. Workshop Sensitivitas Gender dalam Kajian.

Rahmawati. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. 15.

Rendra, P. (2016). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Krian Tahun 2006. Semnas IPA Pascasarjana UM, 809-814.

Aminullah. (2017). Kajian Penggunaan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek . Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia , 43-51.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Carissi, A. (2013). ubungan antara Konsep Peran Gender terhadap Minat Belajar Bidang Tata Boga Siswa Laki- Laki Kelas X di SMK Sahid Surakarta. Talenta Psikologi Vol. II, No. 1, 32.

Chitty, W. (2018). Integrated Marketing Communication, 2nd Edition. Australia: Cengage Learning Australia Pty Limited.

Echols, J. M., & Shadily, H. (1983). John M. Echols dan Hassan Shadily, 1983: 265. Jakarta: Gramedia.

Fathurrohman, M. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013 Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia.

Herman, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.

Irdayanti, L. S. (2018). Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa di SMPN 1 Kedungwaru Melalui Pemberian Soal Open-Ended. 19.

Khodijah, N. (2016). Psikologi Pendidikan. Palembang: Raden Fatah Press.

Marlinda, N. L. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kinerja Ilmiah Siswa. Tesis.

Maxwell, J. C. (2014). Berpikir Lain Dari Yang Biasanya (Thinking For A Change). Batam: Karisma Press.

Mulia, & Musdah, S. (2006). Islam dan Inspirasi Kesetaraan Gender. Yogyakarta: Kibar Press.

Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka.

Neufeldt, V. (1984). Webster's New World Dictionary. New York: Webster's New World Clevenland.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Purwati, E., & Asrohah, H. (2005). Bias Gender dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Alpha.

Putra, H. S. (2002). ”Gender dan Pemaknaannya: Sebuah Ulasan. Workshop Sensitivitas Gender dalam Kajian.

Rahmawati. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning. 15.

Rendra, P. (2016). Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMAN 1 Krian Tahun 2006. Semnas IPA Pascasarjana UM, 809-814.

Sambas, R. R. (2022). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP Yang Telah Memperoleh Pendeatan RME . Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 307-316.

Samudera, W. (2020). Pengaruh Gender Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA di Kota Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, 87-92.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran: Cerdas, Kreatif dan Inovatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Siswono, T. Y. (2018). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan. Surabaya: Unesa University Press.

Slameto. (2014). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Smith, S. (2016). (Re)Counting Meaningful Learning Experiences: Using Student-(Re)Counting Meaningful Learning Experiences: Using Student-. Interdisciplinary Journal Of Problem-Based Learning.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sujanto, A. (2016). Psikologi Umum. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suprapto. (2018). Pengaruh Gender terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan, 325-329.

Usman, H. (2020). Pengantar Statistika: Cara Mudah Memahami Statistika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wahida, F. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 PARIGI. Jurnal Sains dan Teknologi Tadaluko, 36-43.

Walgito, B. (2014). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Widiarini, P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Lab Virtual Terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 212-218.

Arends, R. I. (2004). Learning toTeach (6th). New York: The McGraw-Hill

Downloads

Published

2022-10-21

How to Cite

Agustrin, N. R., & Rindrayani, S. R. (2022). PENGARUH GENDER DAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PAKEL, TULUNGAGUNG. JURNAL ECONOMINA, 1(2), 407–416. https://doi.org/10.55681/economina.v1i2.82